Perbedaan antara generasi X, Y, Z dan lainnya? Kamu termasuk yang mana?

4.313 views
via: TheOdysseyOnline.com

Kalau kamu lihat di TV, sering banget tuh muncul acara TV yang genrenya kegiatan anak muda banget, kayak Gen Why, Generasi Zeru dan lainnya. Tapi dari judul program dan isi acaranya kadang bikin otak kita nggak sinkron.

Apa sih yang mereka lakuin?

Oh sekarang yang lagi hits kayak gini ya?

Kok beda ya sama generasiku dulu?

Udah nggak jaman ya sekarang generasi 90-an?

Ini kok isinya anak  baru lulus SMP semua sih ?

Nah, jika kamu udah nggak bisa bedain kegiatan anak muda jaman sekarang dan generasimu dulu, kemungkinan kamu belum paham kalau acara itu emang ditargetkan untuk generasi setelahmu, yakni Generasi Z.


BACA JUGA: Inilah 7 alasan kenapa jangan terlalu serius pacaran di usiamu yang masih muda!


Emang ada berapa banyak generasi sih?

Wah kayaknya kamu emang belum tau nih, jenis-jenis generasi ada berapa dan maksudnya apa? Ya udah deh nggak apa-apa. Mendingan sekarang kamu pahami dulu nih, karakteristik generasi biar nggak bingung dan bisa mengkategorikan kamu sebenarnya masuk generasi mana sih ? Tradisional, baby boomer, X, Y atau Z. Cus deh!

#1. Traditionalists Generation kelahiran tahun 1900 – 1945

via : malesbanget.com

Nah, kalau dilihat dari gambarnya udah jelas banget generasi tradisionalis identik sama siapa. Mungkin ada yang jawab para pahlawan kita, para pejuang, kakek atau nenek buyutmu juga termasuk loh. Atau ada nggak, buyutmu yang masih hidup sampai sekarang? Wah, bisa ditanya-tanya tuh, detail dari generasi tradisionalis kayak gimana.

#2. Baby Boomer kelahiran tahun 1946 – 1964

via : malesbanget.com

Kalau baby boomer, nggak lain nggak bukan ya kakek nenekmu sekarang. Tapi kalau dilihat dari umurnya mungkin sebagian dari orang tuamu juga bisa termasuk loh, soalnya minimal umur 50an.


BACA JUGA: Gaya hidup yang sering membuat anak muda tekor


Biasanya tipe baby boomer ini kolot banget kalau dikasih tau soal perkembangan dunia, sifatnya cenderung tertutup dan nggak suka terlibat dalam urusan politik atau menerima perubahan terlalu signifikan. Mungkin Lonceng cinta adalah acara favoritnya.

#3. Generation X kelahiran tahun 1965 – 1976

via : malesbanget.com

Generasi X adalah generasi orang tuamu, hidupnya cenderung kaku, mementingkan pendidikan setelah itu bekerja sesuai pakem-pakemnya. Udah jauh dari peperangan jadi pemikirannya lebih ke masa depan yang dihadapi saat ini. Tapi beberapa orang tua juga bisa bersifat terbuka, sebagian lainnya masih kena sifat-sifat kolot dari sesepuhnya terdahulu. Masih percaya adat istiadat dan beberapa mitos.

#4. Generation Y kelahiran tahun 1977 – 1995

via : malesbanget.com

Nah, ini nih mungkin mayoritas dari kamu ada di posisi ini. Generasi Y atau biasa disebut milenial ini sekitar umur 22-40 tahunan. Sifatnya udah terbuka, udah sedikit melupakan tradisi, maunya praktis nggak ribet karena ada kaitannya sama pengaruh teknologi yang baru berkembang terutama internet, smartphone dan teknologi lain. Orang di generasi ini melihat masa depan itu sebagai peluang untuk membangun kesempatan agar lebih sukses melalui inovasi dan kreativitas.

#5. Generation Z kelahiran tahun 1996 – sekarang

via : malesbanget.com

Mungkin di antara kalian ada yang masuk diposisi ini dan ada juga yang baru mengenal generasi ini. Ibaratnya generasi ini tuh, baru bau kencur tapi dia harus terlahir di jaman teknologi yang lebih maju. Orang di generasi ini jauh dari sejarah, susahnya hidup tanpa internet, pokoknya apa-apa udah canggih.


BACA JUGA: Kalau kamu menyukai prinsip “Lebih Baik Kehilangan Masa Muda Daripada Kehilangan Masa Depan”, apa dayaku yang cuma tak ingin kehilangan dua-duanya.


Sehingga dunia mereka itu antara dunia nyata dan maya, semua bisa dikuasai. Tipenya kreatif banget, orang tua kalau nggak pandai-pandai mengontrol bisa nggak nyambung, bahkan internet bisa dibisniskan. Intinya nggak bisa lepas dari teknologi tapi sangat menerima perbedaan dan terbuka terhadap hal-hal baru.

****

Nah, sekarang kamu udah tau kan macam-macam generasi? Kira-kira kamu termasuk generasi yang mana ? tuliskan di kolom komentar ya…