Penampakan Menu Makanan Penjara Terenak di Dunia, Menu Awal Bulan Anak Kos Sih Kalah Jauh! Ada yang Boleh Pesan Mau Makan Apa Lho…

3.007 views
via: warosu.org

Apa yang ada di bayangan Kawan Muda ketika memikirkan menu makanan bagi para napi di penjara? Hemm, kalau gambaran yang ada di sinetron Indonesia: nasi seuprit, sayur seuprit juga, tempe sebiji, dan minumnya segelas air putih. Sederhana dan bahkan tampak kurang manusiawi, belum lagi kalau direbut sama teman selapas (oke, abaikan adegan sinetron yang ini).

Apakah benar di dunia nyata makanan yang diperuntukkan para narapidana sesederhana itu? Kalau di Indonesia, menu yang sederhana seperti itu memang benar adanya. Meskipun menunya terbatas, menu yang disajikan enggak mengurangi kadar gizi untuk para tahanan dan bentuknya juga masih layak.

Eits, tapi jangan langsung mikir semua penjara menu makanannya serba sederhana, ya. Karena ada beberapa penjara yang menyediakan menu makanan lezat bagi para penghuninya. Wah, kira-kira  negara mana saja dan kenapa ya pihak penjara memilih untuk menyajikan makanan yang enak-enak? Simak yuk ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Berawal dari habisnya kontrak dengan pemasok makanan, penjara Bergisch Gladbach di Cologne, Jerman, menyuguhkan menu McDonald’s pada para tahanan. Yup, kamu enggak salah baca, ini beneran pesan di McDonald’s untuk sarapan dan makan malam!

via: dw.com

Menu sementara ini berlaku sejak bulan Maret 2017 silam. McD dijadikan pilihan karena letaknya yang cukup dekat (bahkan bersebelahan) dengan penjara Bergisch Gladbach. Itulah sebabnya, biar mudah dan makanan para tahanan terjaga, mereka langsung dipesankan makanan dari McD.

Ada menu hamburger, cheeseburger, dan veggie burger untuk makan malam. Sementara untuk sarapan, tahanan mendapatkan bacon McToast, keju, dan ham. Hemm, enak juga yha…

2. Di penjara Reclusorio Preventivo Norte di Mexico City bahkan lebih enak lagi! Tahu enggak kenapa? Tahanan boleh minta makanan apa pun dari luar pada hari-hari tertentu.

via: strongertogether.coop

Untuk mengantisipasi penyelundupan makanan, pihak penjara akhirnya mengizinkan tahanan untuk memesan makanan dari luar pada keluarga/teman-teman mereka. Kalau enggak puas dengan menu di penjara, mereka bisa pesan makanan yang dinginkan pada hari-hari tertentu yaitu hari Sabtu, Minggu, Selasa, dan Kamis.

3. Makanan tahanan di Jepang juga enggak kalah enak, begizi, dan higienis pula! Saking enaknya nih, masyarakat Jepang sampai penasaran lho sama makanan yang disajikan di penjara.

via: hipwee.com

Masih ingat makanan rumah sakit Jepang yang disajikan untuk para ibu pasca melahirkan? Benar-benar bikin air liur menetes kan? Begitu juga dengan makanan untuk para tahanan. Tak hanya lezat dan bernutrisi, kebersihan makanan tersebut juga sangat dijaga.

Kelezatan makanan tahanan di Jepang bikin masyarakat penasaran untuk mencicipi. Bahkan ada sebuah restoran di Kota Abashiri, Hokkaido, yang hanya menjual menu para tahanan untuk menjawab rasa penasaran masyarakat.

4. Tak beda jauh dengan tiga negara sebelumnya, penjara terbesar Australia di Goulbourn juga menyediakan menu makan siang lezat dan sehat untuk penghuninya.

via: mashed.com

Di pagi hari, tahanan akan mendapatkan sarapan sereal, kopi dan gula, tujuh potong roti, dan susu (300 ml untuk tahanan laki-laki dan 600 ml untuk perempuan). Sarapan tersebut disajikan di sel mereka masing-masing. Di siang hari, mereka mendapatkan sandwich dengan tiga pilihan isi (ayam , selada, dan mayones; falafel dan salad; serta daging panggang), buah, dan yogurt.

5. Penjara di Skandinavia cukup unik nih karena para tahanan boleh memilih apa yang ingin dimakan dan mereka bisa belanja serta memasaknya sendiri.

via: myrecipes.com

Memperlakukan tahanan layaknya manusia, itulah yang diterapkan di penjara-penjara Skandinavia. Penjara di sana memang lebih memilih merehabilitasi tahanannya disbanding menghukum mereka. Itulah sebabnya, mereka diberi kebebasan untuk memilih dan memasak makanannya sendiri.

Para tahanan akan diberi uang sebesar  €85/bulan dan mereka bisa membelanjakan uang tersebut di supermarket penjara. Whoa, kalau begini para tahanan jadi belajar tanggung jawab dan punya skill masak juga.

Whoa, benar-benar nikmat ya menu makanannya. Kalau menurut Kawan Muda bagaimana nih? Kamu setuju enggak sih kalau tahanan dikasih makanan yang enak-enak? Sebenarnya ini bagus juga, kan tahanan juga manusia dan sudah seharusnya diperlakukan layaknya manusia.

Namun di sisi lain, pemberian makanan yang sederhana juga bisa dijadikan ‘hukuman’ buat tahanan agar mereka jera dan enggak berbuat kejahatan lagi. Kalau pendapat Kawan Muda bagaimana? Share dong di kolom komentar 😉

Sumber: Mashed, Hipwee