Mulai Dari Lahan Jagung Hingga Memanjat Menara Tertinggi, Ini Dia 5 Film Hollywood yang Nggak Menggunakan Efek CGI

972 views

Setiap film Hollywood yang keren dan menakjubkan pasti menggunakan efek CGI untuk memunculkan efek yang nyata dan spektakuler. Penggunaan layar hijau dan efek komputer semakin membuat film-film menarik dan disukai oleh masyarakat. Tapi yha, dibalik setiap film blockbuster ada budget yang sama besarnya kan?

Tapi nggak semua film-film blockbuster Hollywood menggunakan efek CGI, lho! Sutradara, aktor, stuntmen dan juga segenap kru film berusaha membuat suatu keajaiban film yang kita duga hanya bisa dilakukan dengan CGI. Apa saja ya kira-kira film yang tidak menggunakan efek CGI? Yuk, kita lihat list filmnya:

1. Mission Impossible: Ghost Protocol

via: brightside.me

Percaya nggak percaya, tapi Tom Cruise benar-benar memanjat menara Burj Khalifa, lho! Adegan memanjat menara tertinggi di dunia ini pasti kalian anggap sebagai CGI, kan? Menurut Gregg Smrz, stunt coordinator film ini mengatakan bahwa ketika dilihat secara sekilas, film ini memang terlihat menggunakan CGI, padahal Tom Cruise benar-benar bergantungan di menara tersebut sesuai dengan adegan karakternya.

2. Spiderman 

via: brightside.me

Buat kalian penyuka film Spiderman yang disutradai oleh Sam Raimi, adegan Peter menangkap tray miliki Mary Jane sembari memeluknya terkesan efek komputer, kan? Padahal nih adegan tersebut nyata dan tidak menggunakan efek CGI satupun. Tim produksi menggunakan lem super untuk membantu Tobey Maguire memegang tray sekaligus memeluk Kirsten Dunst. Tebak berapa take yang dilakukan oleh Tobey hingga berhasil untuk adegan tersebut? 156 take!

3. The Dark Knight

via: brightside.me

Seri Batman: The Dark Knight merupakan salah satu film superhero action dengan ensemble cast yang disukai oleh masyarakat. Sulit memang untuk berpikir bahwa film dengan budget besar seperti ini tidak menggunakan CGI. Tetapi adegan ketika Batmobile menabrak truk sampah tersebut nyata, lho! Christopher Nolan menggunakan satu set miniatur yang dikendalikan dengan remote untuk memberikan efek nyata. Keren banget!

4. Star Wars: The Empire Strikes Back

via: brightside.me

Dalam film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back, ada suatu adegan yang memunculkan banyak asteroid jatuh. Sebenarnya nih, asteroid tersebut merupakan sepatu dan kentang yang dilemparkan oleh tim Special Effects Supervisor (SFX) karena diminta oleh sutradara, George Lukas. Adegan asteroid “kentang dan sepatu” ini muncul ketika Han Solo berusaha mendekat ke asteroid untuk menghindar dari pengejaran.

5. Interstellar

via: brightside.me

Kalian pasti ingat dong lahan jagung luas yang menjadi salah satu titik utama dalam adegan film ini? Percaya atau nggak, lahan jagung seluas 202 hektar ini benar-benar ditanam oleh Christopher Nolan! Yupsie, ide yang sama juga digunakan sebelumnya oleh Zack Synder untuk flm Man of Steel. Setelah film selesai dirampungkan, lahan jagung tersebut kemudian dijual untuk menambah keuntungan film. Namun memang film Interstellar masih menggunakan beberapa efek CGI, salah satunya adegan ketika berada di luar angkasa.

Nah itu tadi adalah beberapa film Hollywood yang tidak menggunakan efek CGI. Ternyata demi totalitas dan kualitas film, suatu adegan sulit pun bisa dibuat tanpa menggunakan efek CGI sama sekali. Wajar saja kalau film Hollywood seringkali mendapat penghargaan bergengsi, kualitas dan totalitasnya sudah nggak perlu dipertanyakan, sih! Oh iya, ada film favorit kamu nggak diatas?

sumber: brightside