Momen Gerhana Matahari, Google Rilis Android Versi Terbaru, Android O

Momen gerhana matahari total 2017 menjadi sejarah baru bagi Google. Diluncurkannya operation system (OS) versi terbaru dari Android, Android 8.0 yang berinisial O. Android O yang sudah dibocorkan beberapa fiturnya ini telah diluncurkan ke publik tepat saat momen eclipse 2017. Korelasi huruf O yang berbentuk bulat bagaikan gerhana matahari total, atau apapun alasannya, yang jelas Google cukup cerdik dalam memanfaatkan momen ini.

Pasti Kawan Muda bertanya-tanya, apa sih inisial O pada Android terbaru ini? Yipiii … O artinya Oreo.

Android Oreo kabarnya baru akan dikembangkan di smartphone milik raksasa Google sendiri yakni Pixel dan Nexus. Beberapa merek lainnya termasuk yang sudah ada di Indonesia pun mewacanakan akan mengembangkan pula Android O ini di ponselnya. Tapi sebelum kamu berniat untuk membelinya, sudah Kita Muda rangkumkan sedikitnya 5 fitur mutakhir yang ditawarkan Google di Android O. Kira-kira akan membuatmu tertarik buat upgrade smartphone nggak ya?

1. Picture-in-picture

Picture in picture fitur andalan android O
foto : android.gadgethacks.com

Android O benar-benar mendukungmu untuk multitasking. Dengan adanya fitur picture-in-picture, kamu bisa melakukan banyak hal lain seperti membalas e-mail penting, membalas chat gebetan, sembari tetap menonton video dengan layar yang lebih kecil tanpa harus exit browser atau close tabs. Fitur ini sudah lebih dulu diterapkan oleh Youtube dan mengaplikasikannya pada smartphone ain’t sounds bad idea. Justru jadi makin seru kan?

2. Notification dots

notification dots fitur andalan android O
foto : youtube.com

Memperbarui serta mempermudah pengguna untuk melihat notifikasi. Kalau sebelumnya kamu harus swipe down untuk melihat notifikasi, di Android O, kamu cukup memencet tombol notifikasi dengan lebih lama dan notifikasi yang belum terbaca pun akan muncul. Notifikasi ini berbentuk pop up, sehingga kamu bisa langsung bereaksi tanpa beralih ke aplikasi tersebut. Fitur ini mirip dengan fitur 3D Touch di iOS dan pop up di WhatsApp.

Selain itu, di Android O kamu juga akan menemui Notification Channel, jadi kamu bisa mengelompokkan notifikasi berdasarkan kategori tertentu semaumu. Misalnya kamu punya beberapa aplikasi media sosial, masing-masing menampilkan notifikasi, kamu bisa langsung mengelompokkan notifikasi tersebut sehingga kamu bisa kontrol kelompok notifikasi mana yang akan kamu dulukan atau kamu block sekalian kalau kamu nggak pengin notifikasinya muncul.

3. Autofill with Google

autofill with google fitur andalan android-O
foto : addictivetips.com

Buat kamu yang capek bolak-balik log in, kamu akan diuntungkan dengan Android O lewat fitur Autofill with Google. Fitur ini adalah bentuk dukungan untuk aplikasi password manager, jadi kamu nggak perlu mengetik ulang informasi log in kamu seperti username dan password. Google akan secara otomatis mengingat memproses data yang sebelumnya telah kamu simpan. Jadi, proses log in nggak butuh waktu lama lagi, cukup efisien buat kamu yang nggak pengin ribet.

4. Smart Text Selection

smart text selection fitur andalan android O
foto : twitter.com

Fitur ini membuat mekanisme copy paste jadi lebih gampang. Kalau kamu mau catat nomor telepon, alamat, atau nama lengkap calon mertua buat hafalan pas ijab kabul, kamu nggak perlu lagi mem-blok kata per kata. Dengan fitur ini, kamu bisa menyeleksi kalimat tertentu dan akan langsung dinavigasikan sama aplikasi terkait. Contohnya, kamu menyeleksi suatu alamat dengan Smart Text Selection, kemudian kamu akan disuguhkan Google Maps untuk mencari alamat tersebut. Simple, kan?

5. Performa yang jauh lebih baik

android o
foto : yourtechexplained.com

Setuju banget untuk urusan performa. Iya, buat apa meluncurkan versi terbaru kalau performa nggak ikut lebih baik, ya nggak?

Android O diklaim akan lebih hemat baterai karena optimasi sistem operasi yang diracik dengan baik oleh Google. Pembatasan penggunaan aplikasi dengan background mode menjadi salah satu mekanisme penghematan dari Android O. Kabarnya beberapa aktivitas seperti implicit broadcast, background service, dan location update akan dibatasi lewat background mode sehingga daya tahan baterai meningkat dan performa jauh lebih baik.

Nah, udah cukup tahu keunggulan Android O kan, Kawan Muda? Dengan fiturnya yang lebih canggih dan terbaru, bagian mana yang kurang memuaskanmu? Atau mungkin kamu punya unek-unek, apa sih yang kamu harepin banget dan seharusnya ada di Android O? Share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *