Mengalami Kebutaan, Ternyata Monster Kecil Ini yang Berenang-renang di Mata Milik Remaja Asal Meksiko

5.872 views
infeksi paraasit di Meksiko
via: yukepo.com

Setelah menahan rasa sakit di mata kanannya selama tiga minggu dan mengalami gangguan pengelihatan, seorang remaja asal Meksiko akhirnya divonis mengalami kebutaan permanen. Dokter mata yang memeriksanya, Pablo Guzman-Salas dan Juan Serna-Ojeda, menemukan cacing parasit berukuran 3 milimeter di bola mata remaja tersebut.

Ya, cacing parasit yang tinggal dalam cairan intraokuler di matanya telah menyebabkan kornea mata miliknya meradang. Dokter juga menemukan pendarahan di bagian belakang mata dan berbagai kerusakan mata lainnya.

infeksi paraasit di Meksiko
via: yukepo.com

Menurut laporan yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, cacing parasit yang ada dalam mata remaja itu adalah jenis trematoda atau cacing pipih kecil. Seseorang bisa terinfeksi cacing ini melalui makanan seperti sayuran yang tidak dicuci bersih, berenang di danau, atau melalui hewan yang bisa membawa cacing parasit seperti anjing, rakun, sigung, ikan, atau kodok.

infeksi paraasit di Meksiko
via: liputan6.com

Dokter pun melakukan berbagai cara untuk mengobati remaja yang tinggal di perdesaan Meksiko tersebut. Mulai dari memberikan praziquantel atau obat infeksi parasit hingga operasi untuk menghapus cacing parasit. Sayang, pengobatan yang dilakukan tak menunjukkan perubahan yang berarti karena mata kanannya tak kunjung membaik.

Kejadian ini bisa dibilang langka terjadi, namun jika sudah terkena infeksi, kamu bisa mengalami kehilangan penglihatan mulai dari ringan hingga berat. Oleh karena itu, jika penglihatanmu terasa aneh setelah mengonsumsi makanan tertentu atau kontak dengan hewan-hewan yang telah disebutkan di atas, segera periksakan dirimu ke dokter mata.

Jangan mendiamkannya agar peristiwa yang dialami remaja Meksiko ini tidak menimpamu di kemudian hari.

Sumber: YuKepo