Apa mainan favorit Kawan Muda saat kecil dulu? Mobil-mobilan, mobile remote control, lego, monopoli, boneka Barbie, gimbot atau mungkin mainan tradisional sepeti kelereng dan congklak?

Hemm, kamu pasti punya lebih dari satu jenis mainan. Itu pun biasanya masih kurang dan minta dibelikan lagi sama orangtua atau rela mengorbankan uang jajan!

Ya, kita patutnya bersyukur karena masih bisa membeli aneka jenis permainan atau bahkan mengoleksinya. Karena ada lho anak-anak di luar sana yang harus puas dengan mainan yang seadanya, seperti ban bekas atau bola buatan sendiri dari kertas dan plastik bekas.

Seperti yang tampak pada foto di berikut ini, yang menunjukkan mainan favorit pilihan anak-anak dari berbagai kalangan ekonomi di beberapa negara dunia. Foto-foto tersebut berasal dari proyek Dollar Street yang digagas oleh Anna Rosling Rönnlund dari Gapminder, sebuah organisasi non-profit asal Swedia.

Melalui proyek Dollar Street yang digagas Anna ini, kita bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat di dunia berdasarkan pendapatan dan biaya hidup mereka per bulannya. Foto-foto ini akan membuat Kawan Muda merenung dan semakin bersyukur dengan apa yang kamu punya sekarang 😉

1. Di masyarakat Burkinabe Afrika Barat yang hanya hidup dengan biaya Rp 400 ribu rupiah per bulannya, ban bekas adalah mainan favorit anak-anak di sana.  

via: boredpanda.com

2. Tak berbeda jauh dengan anak-anak Burundi di Afrika Timur, yang suka bermain jagung kering setiap harinya.

via: boredpanda.com

3. Anak dari India ini menunjukkan mainan favoritnya dengan ceria.  Ini adalah mainan favorit dari keluarga yang memiliki biaya hidup Rp 430 ribu per bulan…

via: boredpanda.com

BACA JUGA:


4. Bola buatan sendiri adalah mainan favorit anak Zimbabwe yang berasal dari keluarga dengan biaya hidup Rp 480 ribu per bulan.

via: boredpanda.com

5. Satu keluarga di Haiti hanya hidup dengan uang Rp 553 ribu per bulannya, beginilah rupa mobil-mobilan yang bisa didapatkan anak-anak mereka.

via: boredpanda.com

6. Masih di Haiti, ada juga anak yang suka bermain hoop seperti ini. Hemm, kira-kira bagaimana ya cara memainkannya?

via: boredpanda.com

7. Bocah kecil di Pantai Gading, Afrika Barat menunjukkan mainan favoritnya, sebuah sepatu. Anak ini tinggal dalam keluarga dengan biaya hidup Rp 865 ribu per bulannya.

via: boredpanda.com

8. Anak asal Haiti ini lebih beruntung dari anak sebelumnya, karena dia masih bisa mendapatkan gimbot.

via: boredpanda.com

9. Begitu juga dengan anak asal India yang tinggal dalam keluarga dengan biaya hidup Rp 5 juta per bulan ini. Mainan favoritnya adalah smartphone. Hemm, seperti kebanyakan anak Indonesia ya?

via: boredpanda.com

10. Komputer tablet menjadi mainan favorit salah satu anak di Jordania. Anak ini tinggal dalam keluarga dengan biaya hidup Rp 8 juta per bulan.

via: boredpanda.com

11. Dengan biaya hidup Rp 12 juta per bulannya, keluarga di Amerika Serikat bisa memberikan paket mainan Lego untuk anaknya.

via: boredpanda.com

12. Mainan favorit anak Tiongkok yang tinggal dalam keluarga dengan biaya hidup per bulan Rp 31,7 juta: mainan kendaraan militer.

via: boredpanda.com

Sumber: Bored Panda