Legenda atau Realita? 6 Cerita Legenda Ini Ternyata Dapat Dijelaskan Secara Ilmiah dan Ada Buktinya!

7.647 views

Kalau membicarakan cerita legenda pasti membayangkan suatu objek cerita yang tidak nyata. Seolah memang cerita tersebut hanya untuk diceritakan turun temurun, dan bukan sesuatu yang benar adanya terjadi. Contohnya adalah kuda Unicorn. Beberapa berpendapat bahwa kuda tersebut benar adanya, padahal kenyataannya adalah tidak semua berpendapat seperti itu.

Tapi seiring berkembangnya jaman, hal-hal legenda seperti dibawah ini ternyata bisa lho untuk dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari brightside, ini dia:

1. Banjir besar

via: brightside.me

Kalian tentu masih ingat dengan mitos banjir besar yang melanda dunia, kan? Dalam legenda diceritakan bahwa banjir besar mampu untuk menenggelamkan banyak hal, dan untuk menjaga keseimbangan alam hewan-hewan dibawa berpasang-pasangan kedalam suatu perahu besar. Dalam bukti ilmiahnya sih, banjir besar terjadi di Laut Hitam sekitar 10.000-15.000 tahun lalu. Bukti ini dikonfirmasi ketika peneliti menemukan sea shells di wilayah Siberia Barat, yang mana laut terdekatnya adalah Laut Hitam. Banjir ini pastilah sangat kuat karena ditempat Bosphorus ada sekarang, dulunya merupakan tempat air terjun yang mampu mengalirkan air sebesar 40 kubik km sehari (200 kali lebih besar dari air terjun Niagara). Aliran air yang besar ini terus mengalir setidaknya selama 300 hari.

2. Werewolves

via: brightside.me

Ada beberapa cerita mengenai asal dari werewolves. Pertama, hidup seseorang dulunya selalu terhubung dengan hutan, ada sisa-sisa peninggalan arkeologis dan lukisan gua yang menggambarkan kombinasi antara hewan dan manusia dari jaman dahulu kala. Orang jaman dahulu ingin lebih kuat, sehingga mereka memilih hewan yang sesuai dengan keinginan mereka dan menggunakan kulitnya. Kedua, ada kepercayaan bahwa eksistensi dari werewolves itu disebabkan oleh kondisi genetis bernama Hypertichosis, yang merupakan tumbuhnya rambut secara pesat di wajah dan tubuh. Sebelum bernama Hypertichosis dulunya kondisi ini disebut juga werewolf syndrome. Ada juga kelainan psikis yang bernama Lycanthropy, yaitu suatu delusi pikiran yang menganggap bahwa dia (orang yang memiliki kelainan) dapat berubah menjadi hewan. Uniknya lagi, orang yang memiliki kelainan ini menganggap bahwa mereka akan lebih kuat pada saat bulan purnama datang.

3. Vampire

via: brightside.me

Seperti yang digambarkan dalam novel dan legenda selama ini, bahwa vampir adalah seseorang yang tersiksa jika terkena sinar matahari, dan tidak tahan untuk mencium bau bawang. Dalam kondisi ilmiah kelainan ini disebut juga Porphyria. Porphyria adalah suatu kelainan genetik langka, dimana hanya 1 diantara 200.000 orang yang memiliki kelainan ini. Jika orang tua dari seorang anak memiliki porphyria, maka ada kemungkinan bahwa 25% anaknya akan memiliki kelainan tersebut. Porphyria dapat menyebabkan ketidakseimbangan pigmen, dan sel darah merah menjadi berkurang karena sinar matahari. Seseorang yang terkena penyakit ini hanya dapat berpergian di malam hari, karena sinar matahari sangat menyiksa mereka. Ketika di abad pertengahan, seseorang yang terkena porphyria dibakar oleh The Inquisition. 

4. Sodom dan Gomorah

via: brightside.me

Cerita legenda antara Kaum Sodom dan Gomorah adalah cerita yang sampai sekarang masih terus dikenang hingga sekarang. Kebanyakan diantara kita tidak percaya bahwa cerita ini benar-benar nyata, padahal cerita Kaum Sodom dan Gomorah ini merupakan fakta sejarah, lho. Sudah sejak 1 dekade ketika ditemukannya kota tua yang bertempat di Tall el-Hammam, Jordan. Para arkeolog yakin bahwa mereka menemukan lokasi Kaum Sodom, karena lokasi mengenai Kota Sodom sudah diketahui karena dalam Al Kitab dijelaskan bahwa Kota Sodom berada di sekitar sungai Jordan. Tetapi lokasi pastinya masih belum diketahui. Ketika tahun 2006, para peneliti menemukan bekas peninggalan jaman dahulu yang dikelilingi oleh tembok besar. Menurut para peneliti, orang-orang yang hidup disini diantara tahun 3500 dan 1540 BC. Tidak ada nama lain yang sesuai untuk kota tersebut, karena kalau ada pasti sumber tertulisnya sudah ditemukan. Sehingga para peneliti percaya bahwa mereka sudah menemukan letak dari sejarah Kaum Sodom dan Gomorah

5. Kraken

via: brightside.me

Kraken merupakan salah satu legenda monster laut yang berukuran super besar, yang berbentuk cumi-cumi besar. Secara detilnya cerita ini ditulis oleh Erik Pontoppidan, yang mengatakan bahwa Kraken adalah sebuah hewan yang memiliki ukuran sebesar pulau. Menurut dia makhluk ini dapat mengambil kapal besar hanya dengan tentakelnya, dan membawanya ke dasar laut. Tetapi yang lebih berbahaya adalah pusaran air yang diakibatkan ketika Kraken tersebut pergi ke dasar laut. Namun satu hal yang kita tahu dari legenda ini, bahwa cumi-cumi besar memang benar adanya dan dapat berukuran hingga 52 m. Mereka memiliki gigi di tentakelnya, namun cumi-cumi besar ini hanya berbahaya jika mereka mendorong dari atas laut. Bayangkan ya, kalau orang jaman sekarang takut melihat cumi-cumi besar seperti ini, bayangkan bagaimana reaksi orang jaman dulu melihat hewan ini. Bisa dikira monster beneran kali, ya?

6. Unicorn

via: brightside.me

Membayangkan tentang unicorn, pasti yang kita pikirkan adalah hewan berkuda putih yang memiliki satu tanduk di dahinya Mitos ini sebenarnya berkembang sejak 4.000 tahun lalu, dimana ditemukan gambar unicorn di India, yang kemudian disebarkan dan mencapai Kekaisaran Roma. Disana, unicorn dianggap sebagai hewan asli. Tapi sebenarnya, unicorn dalam era modern merupakan repsentasi dari Elasmotherium, atau suatu badak bercula satu yang hidup pada masa Ice Age. Keunikan dari Elasmotheriums adalah bentuknya yang sedikit mirip kuda dengan cula panjang di dahinya. Meskipun badak ini akhirnya punah bersama hewan lain pada masa Ice Age, tapi beberapa peneliti seperti Willy Ley berargumen bahwa, beberapa jenis dari badak tersebut tetap hidup setelahnya, dan dari sinilah legenda unicorn ini dimulai.

Well, sekarang sudah tahu kan kebenaran dari legenda-legenda tersebut seperti apa? Jadi buat kalian yang masih meragukan kebenaran legenda tersebut, pikir lagi deh, karena bisa jadi legenda tersebut sudah ditemukan secara ilmiah bukti nyatanya. Ada nggak diantara kalian yang menemukan cerita legenda unik seperti diatas? Kalau ada, yuk share di kolom komentar, ya!