Hari ini (1/9) masyarakat Muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban. Momen yang penuh makna ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Muslim yang merayakan.

Umumnya, perayaan Idul Adha akan diawali dengan salat Idul Adha dan puncaknya adalah penyembelihan hewan kurban. Namun, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tradisi khas yang juga dilakukan saat Idul Adha. Misalnya, di Yogyakarta ada tradisi Grebeg Besar Idul Kurban yang dilakukan oleh keraton atau masyarakat Madura yang beramai-ramai mudik.

Kemeriahan Idul Adha tak hanya dirasakan oleh masyarakat Muslim di Indonesia saja. Ya, Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. Tentunya, masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia akan melakukan tradisi khusus untuk menyambut hari besar ini.

Bagaimana ya kemeriahan perayaan Idul Adha di berbagai negara lainnya? Apakah ada kegiatan unik selain salat Ied dan menyembelih hewan kurban? Mari kita simak bersama ulasannya.

1. Masyarakat muslim Tiongkok merayakan Idul Adha selama 4 hari penuh.

idul adha
via: nihao-salam.com

Meskipun Islam bukan agama mayoritas, perayaan  Idul Adha di sana tetap meriah, lho. Kalau di Indonesia meriahnya Idul Adha akan terasa saat malam takbiran, di Tiongkok 4 hari sebelum Idul Adha euforianya sudah terasa. Ya, selama 4 hari berturut-turut masyarakat muslim Tiongkok melakukan tadarus (membaca) Al-Quran, bertukar bingkisan, memasak bersama untuk buka puasa arafah, hingga menggelar pasar dadakan.

2. Di Pakistan, ada tradisi memandikan dan “menghias” hewan kurban sebelum disembelih.

idul adha
via: dw.com

Perayaan Idul Adha di Pakistan lebih khidmat dibanding perayaan Idul Fitri. Libur Idul Adha di sana berlangsung selama 4 hari! Toko-toko banyak yang tutup karena masyarakatnya fokus merayakan Idul Adha. Nah, salah satu yang khas dari perayaan Idul Adha di Pakistan adalah kegiatan memandikan hewan kurban sebelum disembelih. Setelah memandikan, hewan kurban akan dihias dengan kalung karangan bunga.

3. Berbeda dengan yang lain, Arab Saudi mengurbankan banyak unta dibanding sapi atau kambing.

idul adha
via: rferl.org

Di Indonesia Idul Adha identik dengan kurban sapi dan kambing. Kalau di Arab nih, masyarakatnya terbiasa untuk mengurbankan unta. Bahkan jumlah unta yang dikurbankan lebih banyak daripada hewan-hewan lainnya. Biasanya, Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi akan membagikan daging kurban ke negara-negara Islam miskin di wilayah Afrika, Asia Tengah, dan Asia Selatan.

4. Ada Festival Sapi untuk merayakan Idul Adha di Turki.

idul adha
via: middleeasteye.net

Masyarakat Turki mendapatkan jatah libur Idul Adha selama empat hari penuh. Perayaan Idul Adha di Turki dikenal dengan sebutan Baqri-Eid atau Festival Sapi, meskipun Turki juga mengurbankan hewan lainnya seperti domba atau kambing. Jika di Indonesia daging kurban dibagikan dalam bentuk mentah, masyarakat Turki membagikan daging dalam bentuk mentah dan yang sudah dimasak.

5. Kalau di Amerika nih, penyembelihan hewan kurban dilakukan di tempat pemotongan hewan.

idul adha
via: youtube.com

Masyarakat Muslim Amerika Serikat tidak menyembelih hewan ramai-ramai di lapangan atau depan masjid. Mereka akan menyembelih hewan di tempat pemotongan hewan baru kemudian membagikannya pada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini karena, banyak aktivis AS yang kontra terhadap animal slaughter atau penyiksaan terhadap hewan.

Wah, ternyata perayaan Idul Adha di negara lainnya enggak kalah meriah, ya, dengan di Indonesia. Bagaimana dengan perayaan Idul Adha di tempat Kawan Muda? Share dong ke Kita Muda di kolom komentar.

Selamat Hari Raya Idul Adha buat Kawan Muda yang merayakan 🙂

Sumber: Bintang.com