Menghibur, itulah yang membuat film animasi atau kartun selalu identik dengan anak-anak dan menjadi salah satu tontonan wajib bagi anak. Namun, ini tak berarti film kartun hanya diproduksi untuk memibidik pasar anak-anak saja. Ya, nyatanya banyak film kartun yang digemari orang dewasa dan bahkan ada yang dibuat khusus untuk pasar orang-orang dewasa.

Sayang, karena berwujud film kartun, banyak orangtua yang salah kaprah. Mereka membiarkan anaknya menontonnya begitu saja, selama itu film kartun. Padahal, belum tentu anak menonton film kartun yang sesuai dengan usianya. Ya, setiap film kartun pasti memiliki kode rating usia dan ini yang harus diperhatikan orangtua sebelum anak-anaknya menonton film kartun tersebut.

Berbicara tentang film kartun yang bisa memberikan dampak buruk pada anak, kali ini Kita Muda bakal membahas film-film kartun yang sempat dicekal penayangannya karena mengandung unsur dewasa dan dianggap kontroversial.  Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Winnie the Pooh

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Setelah Netizen membuat meme yang membandingkan kemiripan antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dan karakter Pooh, animasi ini kemudian dilarang tayang di Tiongkok.

2. Peppa  Pig

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Dalam salah satu episode Peppa Pig, Daddy Pig  menenangkan Peppa yang ketakutan dengan laba-laba. Dia kemudian berkata bahwa laba-laba itu sangat kecil dan enggak berbahaya. Padahal, di Australia terdapat lebih dari 10 ribu spesies laba-laba berbahaya! Itulah sebabnya episode Peppa Pig Mr Skinny Legs dilarang tayang atau diputar kembali.

3. Pokemon

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Kartun Pokemon memang produksi Jepang. Namun tahukah kamu kalau pemerintah Jepang pernah mencekal film ini? Yup, salah satu episode Pokemon, Electric Soldier Porygon, yang tayang pada 16 Desember 1997, telah menyababkan 700 anak dilarikan ke rumah sakit. Meskipun sudah diedit, episode tersebut tetap dilarang tayang dan Pokemon pun dilarang mengudara selama 4 bulan. Selain Jepang, Pokemon juga dicekal di Turki dan Uni Emirat Arab.

4. SpongeBob SquarePants

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Kita semua tahu bahwa tingkah SpongeBob dan kawan-kawannya memang menghibur. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa guyonan yang dilontarkan kadangan keterlaluan. Karena dianggap bisa mengajarkan kekerasan dan perilaku negatif pada anak, serial animasi ini dilarang di lebih dari 120 negara seperti Amerika Serikat, Rusia, negara-negara Eropa, Australia, dan masih banyak negara lainnya.

5. Tom and Jerry

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Wah, kalau yang satu ini sih enggak kaget kalau dilarang tayang di seluruh dunia. Serial animasi yang mengudara sejak tahun 1940-an tersebut kerap menampilkan rokok, minuman keras, dan adegan kekerasan (baik fisik maupun verbal). Beberapa episode Tom and Jerry akhirnya dilarang, scene yang membahayakan dihapus, dan karakter-karakternya diganti.

6. The Simpsons

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Mengandung jokes yang enggak sesuai untuk anak-anak dan enggak jarang juga tokoh-tokohnya menghina public figure atau negara tertentu, membuat The Simpsons dilarang tayang di beberapa negara. Setiap negara memiliki episode-episode tertentu yang dilarang tayang. Bisa dibilang hampir seluruh negara di dunia mem-banned atau menyensor episode tertentu The Simpsons.

7. Beavis and Butt Head

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Karena menampilkan adegan kekerasan yang bisa ditiru anak-anak, beberapa episode dari sitkom animasi Beavies and Butt Head di-banned di banyak negara di dunia.

8. Looney Tunes

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Salah satu episode Looney Tunes menunjukkan adegan minum alkohol sehingga sangat berbahaya jika ditonton anak-anak. Episode tersebut kemudian di layar tayang di seluruh dunia.

9. Donald Duck

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Di Finlandia, semua hal yang berkaitan dengan karakter Donald Duck ternyata dilarang lho, karena mengandung unsur pornografi dan kekerasan.

10. Shrek 2

film animasi berkonten dewasa
via: jalantikus.com

Animasi Shrek 2 ternyata dilarang tayang di Israel karena penggunaan jokes yang menyinggung salah satu tokoh masyarakat. Yup, ada sebuah lelucon tentang pengebirian yang menyinggung penyanyi asal Israel David Daor.

Nah, itulah sederet film kartun yang mendapat pelarangan tayang dan sensor di beberapa negara. Whoa, ini bisa dijadikan pelajaran nih agar Kawan Muda selalu mengawasi anak, adik, atau mungkin sepupu yang masih di bawah umur, saat mereka menonton acara kartun di TV.

Sumber: Jalan Tikus