Mengerikan! Ternyata Ini yang Sebenarnya Menyerang Psikologis Para Pecandu Media Sosial

Medsos memang bukanlah sesuatu yang buruk. Namun perlu Kawan Muda ketahui, rasa kecanduan akan medsos bisa berakibat buruk loh bagi psikologis seseorang. Seperti halnya yang dibahas di halaman makeuseof. Kenyataannya, Internet Addiction Disorder yang juga dikenal  dengan sebutan Facebookalitis, menjadi salah satu kelainan psikologis terbesar di abad 21 ini loh.

Kecanduan bermain media sosial memang tak mengganggu orang di sekitar kita. Tapi bagaimana dengan psikologis dan kualitas Kawan Muda? Ini loh kenyataan yang tak terlihat dari medsos yang secara tak langsung mengganggu psikologismu.

1. Medsos hanyalah dunia maya yang fana

via: thinglink.me

Pengguna medsos biasanya hanya mem-posting apa yang orang – orang atau followers-nya suka. Ini dinilai mampu mencerminkan pengguna akun tersebut sebagai orang yang baik – baik. Selalu ingat, kamu tak harus berusaha menganggap hidupmu baik baik saja. Semua orang punya masalah kok.

2. Medsos memaksamu menjadi orang yang  sok narsis

via: cnnturk.com

Salah satu pencapaian fana yang bisa kamu terima di medsos adalah ketika orang – orang nge-like apa yang kamu posting. Semuanya semata mata tentang kepuasanmu. Kepuasanmu itu yang ternyata bisa menyiksamu loh, hati – hati yak. Jangan paksakan dirimu menjadi apa yang orang suka, tapi jadilah dirimu sendiri.

3.  Medsos bisa membuatmu closed-minded

via: centersq.com

Sejatinya, para pengguna medsos terjebak di dalam ruangan gema yang mereka buat sendiri. Kamu hanya mempedulikan orang – orang, atau akun – akun yang sependapat denganmu. Tapi kamu tidak akan terbuka dengan mereka yang tak sependapat denganmu.


BACA JUGA:


4. Medsos bisa membuat privasi mu tak terjaga

via: ngopie.com

Kawan Muda pasti terkejut dengan fakta gampangnya orang – orang tahu seperti apa dirimu sebenarnya. Hanya dengan stalking saja, semua yang kamu sukai akan gampang mereka ketahui. Ini bisa berujung sampai penculikan loh. Jaga privasimu yah Kawan Muda

5. Medsos membuang – buang waktu mu tanpa kamu sadari

via: gogirl.id

Mungkin Kawan Muda menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 5 menit untuk sekali ngecek Instagram. Terus 2 sampai 5 menit lagi ngecek Path, dilanjut 2 sampai 5 menit di Twitter, dilanjut lagi 2 sampai 5 menit di Line. Enggak kerasa 20 menit waktumu terbuang hanya untuk ngecek 4 aplikasi. Enggak kebayang kan Kawan Muda?

Nah, sekarang Kawan Muda pasti sudah lebih aware dengan kebiasaan selalu ngecek medsos kan.

Sebaiknya gunakan waktumu lebih maksimal dan selalu berusaha menjadi lebih produktif agar kualitas hidupmu pun semakin baik.

sumber: Makeuseof

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *