Kenapa Ya Susunan Huruf di Keyboard Itu “QWERTY” Bukannya “ABCDE”? Yuk, Cari Tahu di Sini!

2.261 views
via: thestar.com

Kalau Kawan Muda sedang menggunakan komputer, laptop, atau bahkan smartphone, dan kebetulan sedang mengetikkan sesuatu menggunakan keyboard atau keypad, pernah enggak terlintas di benak kamu kenapa sih tombol keyboard itu susunan hurufnya “QWERTY”?

Padahal kan urutan huruf alfabet itu “ABCDE”?! Kenapa sih si pembuat keyboard menggunakan susunan huruf yang enggak beraturan?!Beberapa mitos yang menjelaskan hal ini sempat beredar di masyarakat.

Mitos pertama mengungkapkan bahwa keyboard “QWERTY” lebih memudahkan kita untuk mengetik dengan cepat karena semua huruf merata di masing-masing jari (sehingga kita bisa memaksimalkan 10 jari untuk mengetik).

via: writingspro.com

Mitos selanjutnya adalah desain “QWERTY” merupakan peninggalan zaman mesin tik dan penggunaan desain ini bertujuan untuk memperlambat proses mengetik (sehingga mengurangi risiko nge-jam atau menyangkut).

via: inews.co.uk

BACA JUGA:


Pendapat tersebut tentunya bertentangan dengan sebelumnya. Lantas, mana yang benar? Dua mitos tersebut memang masuk akal, tapi perlu sedikit diluruskan nih, Kawan Muda.

via: shutterstock.com

Sistem “QWERTY” ternyata turunan dari desain penerjemah kode morse. Para pengguna dan beta tester, termasuk operator telegram yang harus menerjemahkan kode morse dengan cepat, merasa terganggu dengan desain alfabetis yang digunakan pada keyboard.

via: nrm.org.uk

Desain tersebut dinilai membingungkan dan enggak efisien untuk menerjemahkan kode morse. Inilah yang membuat desain keyboard terus mengalami perubahan menyesuaikan kebutuhan para operator telegram.

via: bt.com

Setelah mengalami perubahan demi perubahan, akhirnya muncullah desain QWERTY yang kita gunakan hingga saat ini.

via: daskeyboard.com

Meskipun sistem “QWERTY” diakui sebagai standar internasional, sebenarnya terdapat pula susunan keyboard lain di dunia.

via: mashable.com

Biasanya sih keyboard akan menyesuaikan penggunaan bahasa di suatu negara sehingga memudahkan si empunya bahasa untuk mengetik. Beberapa sistem keyboard lain yang ada di dunia misalnya “QWERTZ”, “AZERTY”, dan “QZERTY”.

via: xahlee.info

Oke, mungkin hal ini enggak penting-penting banget sih untuk diketahui. Namun, dengan mengetahui hal-hal kecil seperti ini, hidupmu akan jauh lebih berwarna. Setuju enggak?

Kawan Muda pernah tahu fakta-fakta mengejutkan lain yang belum diketahui banyak orang? Share dong di kolom komentar 😉

Sumber: Reader’s Digest