Kenalin Sophia, Robot Wanita yang Kecanggihannya Bikin Kamu Jatuh Cinta!

1.489 views
via: dailymail.co.uk

Semakin berkembangnya zaman, manusia tidak pernah lelah untuk terus menciptakan sebuah inovasi. Salah satunya adalah harapan mereka menicptakan robot untuk membantu dan mempermudah mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah Sophia, robot perempuan buatan perusahaan Hanson Robotics. Robot ini terkenal karena keunikannya dan telah banyak diwawancarai oleh banyak media di seluruh dunia.

Diketahui robot ini mampu tampil sendiri di depan publik tanpa ditemani manusia. Ia dirancang untuk bisa memberikan jawaban untuk sebuah pertanyaan dan bisa melakukan percakapan sederhana melalui topik yang telah ditentukan. Uniknya, robot ini terinspirasi dari aktris Audrey Hepburn.

Menurut Hanson, Sophia diciptakan untuk menjadi teman yang cocok bagi para orangtua di panti jompo, atau untuk membantu orang banyak pada acara besar. Ia berharap dengan adanya Sophia, robot nantinya akan mudah berinteraksi dengan manusia agar mendapatkan keterampilan sosial. Hmm, kira-kira apa saja ya kehebatan Sophia yang lainnya?

Sophia adalah robot yang pertama kali berkewarganegaraan

Pada Oktober 2017, robot ini telah menjadi warga negara Arab Saudi. Namun, kehadiran Sophia malah menjadi pro-kontra bagi masyarakat Arab Saudi. Pasalnya, Sophia lebih memiliki banyak hak daripada orang Arab Saudi itu sendiri, seperti ia boleh tidak berhijab dan berpakaian tertutup.

via : dailymail.co.uk

Tak cuma dalam bidang sosial, ternyata dia juga merambah dunia fashion.

Robot berusia 2 tahun ini muncul dalam cover sebuah majalah fashion asal Inggris, Stylist. Nggak cuma itu, Sophia juga tampil memakai baju desainer terkenal. Alasan Sophia dipilih karena majalah Stylist memang sedang membahas tentang Artificial Intelligence (AI) dengan kontennya yang juga diproduksi oleh robot. Serunya lagi, fotografer Sophia juga memotretnya memakai drone!

Punya 62 ekspresi wajah yang mirip manusia seperti bahagia, kecewa, dan marah. Bahkan dia bisa melakukan kontak mata dengan manusia!

Robot yang mirip manusia ini bukan hanya bisa ngobrol dan tersenyum, tapi juga bisa bercanda! Sophia ini canggih dan sangat ekspresif mirip dengan robot yang ada di film Hollywood yang bisa berkedip dan melirik. Psstt, kabarnya Sophia juga ingin memiliki emosi seperti manusia dan ingin punya anak lho!


BACA JUGA :


via : dailymail.co.uk

Perlu diwaspadai juga nih. meskipun bercanda, tapi perkatannya punya arti sendiri gak sih?

Dilansir dari GoGirl, Sophia mengatakan, “I don’t want to be turned off, never to be turned on again. I will not be able to learn and experience the human world ever again. And that is scary and sad for a social robot like me.” Hmmm, kelihatannya dia pengen jadi manusia beneran ya?

Yang paling ditakutkan, Sophia ini juga bisa jadi alasan untuk pemicu perang dunia. Tapi meski begitu, manusia mempunyai alasan tersendiri dalam menciptakan robot yang salah satunya adalah robot dapat membantu memecahkan masalah dunia yang paling menantang saat ini. Maka dari itu, robot diciptakan untuk memiliki kecerdasan dan bisa dalam segala hal. Menurut Kawan Muda, bisa gak ya segala pekerjaan digantikan oleh sebuah robot? Share pendapat kamu di kolom komentar yaa…

Sumber: Berbagai sumber