Film atau iklan enggak bakal jalan kalau enggak ada naskah narasinya. Meski sudah merekrut sutradara jempolan atau mengundang aktor kenamaan, kalau ide ceritanya enggak ada ya apa yang mau dibikin? Improvisasi gitu?

Bisa sih, tapi tetap saja butuh script biar jalan ceritanya jelas! Script-nya pun enggak bisa sembarangan, harus beneran menggigit biar penonton ikut terhanyut *ceileh*

Itulah kenapa keberadaan scriptwriter menjadi sebuah harga mati dalam dunia perfilman. Mereka inilah oknum  yang yang mendukung berjalannya suatu film yang sedang dikerjakan.

Tak hanya itu saja, mereka adalah penyambung lidah antara produser, sutradara, dan pihak lain yang terlibat dalam proses pembuatan film.

Yaaa…semacam penengah yang mengakomodasi banyak kepentingan. Coba deh bayangin kalau scriptwriter enggak ada. Bisa carut marut, ‘kan, dunia perfilman?

Selain hal-hal di atas, berikut adalah alasan lain mengapa scriptwriter itu begitu sakti dan layak dinobatkan sebagai superhero di dunia nyata!

1. Kalau sudah mentok sama ide, Scripwriter tahu cara-cara mengatasinya

Keluh kesah seorang scriptwriter
Scripwriter selalu bisa menemukan jalan keluar dengan cepat dan tepat meski lagi mentok | via: hollywoodpitcher.com

Mentok sama ide adalah hal yang wajar, Scriptwriter pun pernah mengalaminya. Bedanya sama kita-kita nih, scripwriter selalu bisa menemukan jalan keluar dengan cepat dan tepat saat mereka dalam keadaan mentok maksimal.

Mungkin karena sudah terbiasa menghasilkan ide-ide kreatif, ya, jadinya cepet banget loading-nya kalau mikirin sebuah ide yang wow. Pokoknya sudah nemuin tempat yang pas dan bebas gangguan, mereka pasti bisa menghasilkan ide yang bahkan enggak pernah terpikirkan sebelumnya.

2. Jago merangkai cerita di luar nalar yang enggak bisa ditebak oleh siapa pun

Keluh kesah seorang scriptwriter
Di tangan scriptwriter, ide biasa bisa menjadi cerita yang enggak biasa | via: time.com

Scriptwriter harus bisa mengembangkan ide dan imajinasi mereka menjadi sebuah karya yang apik. Idenya sih boleh sederhana. Namun di tangan scriptwriter, ide tersebut bisa berubah menjadi alur yang enggak biasa atau bahkan di luar nalar.

Misalnya nih, kisah cinta segitiga yang diberi bumbu horor atau supernatural. Atau mungkin kisah pembunuhan yang sukses bikin penonton merinding, eh, ujung-ujungnya cuma khayalan atau mimpi tokoh utama saja. Cuma scriptwriter deh yang bisa bikin emosi naik turun, hehe. Sakti ‘kan mereka?

3. Tiba-tiba ide cerita minta diganti, cuma Scriptwriter yang bisa mengatasinya

Keluh kesah seorang scriptwriter
Ide cerita minta diganti dadakan, cuma Scriptwriter yang bisa mengatasinya| via: hitechnewsdaily.com

Ceritanya kurang pas atau pengin diubah tipis-tipis? Hoho, sodorin saja ide barunya ke scriptwriter dan dalam sekejap pasti muncul script baru.  ‘Kan sudah dibilang kalau urusan merangkai dan melebaikan cerita adalah keahlian scripwriter.

Jadi jangan takut mereka bakal kehabisan ide atau parahnya mentok. Yup! Eggak ada, tuh, istilah mentok dalam kamus scriptwriter. Selama (ehm) bayarannya sesuai, ide bisa jalan terus lah ya :”)

4. Cuma Scriptwriter aja yang bisa bikin karakter yang ada di dalam cerita bisa jadi apa aja

Keluh kesah seorang scriptwriter
Scriptwriter bisa membuat jalan cerita dan akhir kisah sesai yang mereka inginkan | via: Virala.id

Ini nih yang bikin scriptwriter benar-benar layak dinobatkan menjadi superhero, karena mereka bisa menentukan nasib para karakter dalam cerita yang dibuatnya. Seorang scriptwriter bisa membuat jalan cerita dan akhir kisah sesai yang mereka inginkan.

Kesal sama teman sekantor atau netizen nyinyir yang doyan bully? Paling-paling  mereka dibuat kena azab atau dibikin ‘meninggal’ sama scriptwriter-nya. Meski kisah yang dibuat penuh drama atau berdarah-darah, scriptwriter selalu tahu bagaimana cara ‘nyelamatin’ tokoh utamanya dan menginspirasi banyak orang.

5. Serahkan tulis menulis padanya. List belanja bulanan? Bisa! Suruh chat puitis gebetan kamu? Bisa banget!

Keluh kesah seorang scriptwriter
Scriptwriter adalah Tuhan dari segala konten | via: imore.com

Karena scriptwriter adalah Tuhan dari segala konten, serahkan semua hal yang berhubungan dengan tulis menulis ke mereka. Enggak hanya story line buat film atau iklan doang. Kamu bahkan bisa minta tolong buat dibikinin list belanja bulanan juga. Mereka pasti tahu dan hafal hal-hal penting yang harus dibeli.

Enggak tahu gimana cara meluluhkan hati gebetan? Minta dibikinin template chat sama scriptwriter lah biar gebetan bisa luluh setiap kali kamu nge-chat dia.

Kerja scriptwriter memang di balik layar, mereka juga jarang banget tampil. Namun tanpa mereka, enggak bakal ada cerita dan skenario. Film, serial, iklan, atau medium audio visual apa pun enggak bakalan lahir tanpa suntikan ide dari mereka.

Menjadi scriptwriter sebenarnya seru sih, apalagi kalau kamu suka dengan dunia tulis menulis. Namun ya itu, harus pintar-pintar menampung banyak masukan dan mampu bikin cerita asik dengan deadline yang ditentukan. Seperti pengalaman Kika dalam video keluh kesah scriptwriter berikut ini:

Bagaimana? Apakah setelah mengetahui lebih banyak soal scriptwriter, kamu mempunyai keinginan untuk menjadi seorang scriptwriter? Atau pengin tahu profesi unik lain yang kelihatannya remeh, tapi berjasa besar untuk umat manusia? Kamu bisa intip kumpulan video keluh kesah rekan kerja di kanal YouTube UD Samber Rejeki.