7 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bergaji Tinggi

45.395 views
via: LVIV.COM

Sukses tentu menjadi impian sebagian besar orang. Definisi sukses pun berbeda-beda, tapi umumnya, memiliki pekerjaan yang baik dan mapan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan. Itulah yang membuat para lulusan SMA berbondong-bondong mencari jurusan yang banyak dicari dan bergaji tinggi.

Memang, kesuksesan enggak melulu ditentukan oleh pemilihan jurusan. Kenyataannya ada juga, kan, orang yang memiliki karir yang jauh berbeda dengan jurusannya saat kuliah. Namun pemilihan jurusan saat kuliah tak bisa dipungkiri cukup memberikan pengaruh bagi masa depan seseorang nantinya. Apalagi jika kamu memang memiliki cita-cita atau ingin mendalami bidang tertentu untuk pilihan karir.

Kita Muda telah merangkum, nih, beberapa jurusan kuliah dengan prospek gaji besar di Indonesia dan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Jurusan apa sajakah itu?

1. Matematika

Matematika menjadi salah satu prospek jurusan kuliah yang menjanjikan | via: imarticus.org

Lulusan jurusan Matematika hanya bisa jadi guru? Hohoho, jangan salah! Menurut Ina Liem, penulis buku Tujuh Jurusan Bergaji Besar, Matematika adalah prospek jurusan kuliah yang menjanjikan. Mahasiswa jurusan Matematika memiliki peluang ebsar untuk bergabung dengan perusahaan besar dan internasional sebagai pakar analisis.

2. Teknik Informatika

Keberadaan ahli IT sangat dibutuhkan | via: careerinit.co.uk

Di era yang serba teknologi seperti sekarang ini, keberadaan ahli IT sangat dibutuhkan. Saking dibutuhkannya, lowongan yang mencari ahli IT begitu banyak dan ini enggak akan ada habisnya selama teknologi terus berkembang.

Bisa dibilang Teknologi Informatika adalah jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Namun ingat, masuk jurusan ini juga enggak bisa sembarangan, karena kuliahnya juga enggak semudah yang dibayangkan.

3. Teknik kimia

Lulusan Teknik Kimia banyak dilirik perusahaan dan menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi | via: globetoday.net

Meski enggak sepopuler jurusan Kedokteran. Para lulusan Teknik Kimia ternyata banyak dilirik perusahaan dan menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi. Perusahaan pasta gigi, sabun, atau cat tembok; menjadi contoh perusahaan yang membutuhkan campur tangan lulusan Teknik Kimia.

4. Ekonomi (Akuntansi &  Manajemen)

Jurusan Ekonomi, seperti Akuntansi dan Manajemen, juga masih jadi primadona jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi | via: indiafilings.com

Jurusan ekonomi juga masih jadi primadona jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi. Sebagai lulusan Akuntansi misalnya, kamu bisa menjadi auditor yang tugasnya mengendalikan laporan keuangan atau konsultan keuangan. Meski dibikin pusing dengan angka, gaji konsultan audit enggak main-main, lho. Untuk lulusan baru atau fresh graduate saja bisa mendapatkan gaji minimal Rp 5 juta!

5. Geologi

Meski gajinya tinggi, risiko kerja lulusan Geologi juga enggak kalah tinggi | via: youtube.com

Lulusan Geologi juga mendapatkan gaji yang cukup tinggi, mulai dari Rp 10—30 juta per bulannya. Untuk tenaga ahli di perusahaan asing di sektor pertambangan, gajinya bisa mencapai Rp 125 juta per bulannya!

Yang lebih menggiurkan lagi, sebagai mahasiswa magang  di perusahaan pertambangan saja, kamu bisa mendapatkan gaji Rp 400 ribu per harinya. Per hari, lho, Gengs, bukan per bulan! Ehm, meski gajinya tinggi, risiko kerjanya juga enggak kalah tinggi pula, sih :”)

6. Teknik pertambangan

Teknik Pertambangan adalah jurusan kuliah dengan prospek gaji besar di Indonesia | via: macleans.ca

Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini mempelajari seputar proses pertambangan mineral berharga yang bersifat padat, seperti batubara, besi, alumunium, emas, perak, platina, dan berbagai jenis bahan tambang  padat lainnya. Yup, kalau minyak, jurusan kuliahnya beda lagi, yaitu di Teknik Perminyakan.

Lulusan pertambangan memiliki kesempatan berkarir di sejumlah perusahaan tambang di Indonesia, baik perusahaan swasta nasional, swasta internasional, dan BUMN.

7. Teknik perminyakan

Sama halnya dengan Teknik Pertambangan, prospek lulusan Teknik Perminyakan juga bagus | via: sarvgyan.com

Teknik perminyakan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bum; meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Teknik perminyakan ini hampir mirip dengan  teknik pertambangan, yang mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya.

Sebanarnya, mau kuliah di jurusan apa pun itu, kalau Kawan Muda benar-benar 100% menjalaninya, kesempatan mendapatkan gaji yang besar itu pasti ada. Namun kalau pengin yang pasti-pasti saja, jurusan yang ada di atas bisa jadi pertimbangan 😉