Jangan Takut Dulu, Ini Lho Sebenarnya Sejarah Awal Makhluk Gaib Genderuwo di Indonesia!

Kalau membicarakan makhluk gaib di Indonesia, pasti deh nggak ada habisnya. Mulai dari pocong, kuntilanak, tuyul, hingga genderuwo, makhluk–makhluk gaib ini selalu menarik untuk ditelurusuri alasan keberadaannya. Kalian pasti penasaran dong, sebenarnya asal usul makhluk–makhluk gaib ini dari mana, sih?

Beberapa memang berasal dari mitos dan legenda yang telah diturunkan dari turun temurun. Seperti genderuwo misalnya. Makhluk bertubuh tinggi besar, hitam, dan berambut tebal ini dipercaya sudah ada di Indonesia sejak lama, lho, sebelum Islam masuk. Kebayang dong sudah berapa ratus tahun? Kata “genderuwa” merupakan serapan dari bahasa Kawi “gandharwa”, yang kemudian diadaptasi kedalam bahasa Jawa menjadi “genderuwo”.

foto : Yukepo.com

Tapi kalau kita telurusi lebih jauh, sebenarnya nih genderuwo itu berasal dari mitos kuno Persia, lho! Dalam mitos tersebut, genderuwo adalah siluman air yang terus menerus memakan hal baik, yang akhirnya dikalahkan oleh pahlawan bernama Keresaspa. Ketika mitos ini masuk ke budaya Hindu – Buddha, cerita genderuwo pun lebih dikenal sebagai makluk yang tinggal di khayangan. Menurut mitos juga, genderuwo bisa menyamar menjadi suami dari seorang wanita demi hubungan badaniah, lho! Selain manusia, genderuwo bisa juga berubahh menjadi sosok kecil berbulu yang dapat membesar dalam sekejap.

Dalam budaya Jawa sendiri dikatakan bahwa genderuwo merupakan arwah yang meninggal secara tidak sempurna, dan mengakibatkan arwah tersebut tidak mau menerima kematiannya. Dipercaya juga, genderuwo terbagi kedalam dua golongan, jahat dan baik. Baik jahatnya tergantung dari perilaku manusia terhadap mereka, apabila manusia menganggu, maka genderuwo tidak akan segan – segan berbuat jahat kepada mereka.

foto : Yukepo.com

Beberapa masyarakat yang mempercayai ajaran gaib, percaya bahwa genderuwo dapat membantu keberuntungan, misalnya nomor togel. Caranya adalah dengan membakar sate gagak, yang merupakan santapan kesukaan genderuwo.

foto : Yukepo.com

Nah dari sini kita jadi tahu kan, asal usul genderuwo sebenarnya bagaimana? Jadi besok–besok kita nggak hanya mengenal legenda yang terdengar, tapi juga sejarah dibaliknya. Lumayan buat nambah pengetahuan sejarah juga, ya nggak? Kira–kira ada lagi nggak sejarah mengena genderuwo yang nggak ditulis disini? Yuk, share di kolom komentar, ya!

Sumber: YuKepo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *