Jangan Coba-Coba, 8 Kasus Kematian Ini Sepele dan Gak Masuk Akal Gara-Gara Sebuah Mainan!

1.533 views
via : hacker.com

Mainan dibuat dengan tujuan untuk menghibur, mendidik, dan mengasuh anak kecil untuk melatih motoriknya. Mainan sudah seharusnya diuji secara menyeluruh dan disetujui oleh Lembaga Pengawas Konsumen maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tapi apa yang terjadi saat konsumen melewatkan sesuatu?

Apa jadinya kalau mainan tersebut tanpa kita sadari membawa bahaya bagi kita? Kebayang gak sih mainan yang kita beli itu ternyata dibuat dengan bahan yang berbahaya dan mengandung zat kimia yang bisa memberikan efek buruk jika kita menggunakannya? Jika kamu pernah bertanya-tanya mengapa kamu tidak bisa menemukan mainan favoritmu saat masih kecil, mungkin bisa saja mainan itu berbahaya. Hmm mainan apa saja ya yang berhenti produksi karena menyebabkan kematian? Berikut ini kasus kematian yang gak masuk akal gara-gara mainan!

Atomic Energy Lab

via : hacker.com

Buat anak kecil yang cita-citanya kepengen jadi ilmuwan masa depan, wajib banget punya mainan peralatan eksperimen nuklear di masa ini. Mainan seharga 50 dollar ini selalu habis tiap tahunnya. Memang tidak ada kematian langsung saat memainkan alat ini, namun adanya isotop (u-238) yang terkandung dalam mainan diketahui menyebabkan kanker, leukemia, dan limfoma.

Flubber yang Tak Bisa Dimusnahkan

via : vignette.wikia.nocookie.net

Mainan ini dibuat untuk mempromosikan film Son of Flubber (sequel dari film The Absentminded Professor).  Perusaan Hasbro dan Disney bekerjasama memproduksi Flubber agar anak-anak dapat memiliki mainan kenyal tersebut. Namun dalam beberapa minggu setelah penjualan, banyak yang mengeluhkan kalau mereka merasa sakit kepala, demam, sampai sakit tenggorokan. Setelah diteliti, ternyata Flubber menyebabkan Folliculitis (infeksi yang menyakitkan di pori-pori) yang bisa menyerang siapapun saja.

Anehnya lagi, saat perusahaan mencoba membakar Flubber, dan ternyata mainan ini tak bisa terbakar. Lalu mereka mencoba menenggelamkannya, tapi Flubber malah melayang kembali ke permukaan. Akhirnya, mereka menggunakannya untuk membuat fasilitas Hasbro yang baru.

Alat Panah

via : sarcasm.co

Main panah-panahan memang paling seru apalagi kita bisa memainkannya diluar rumah, tapi siapa sangka mainan ini berhenti diproduksi karena menjadi penyebab seseorang bisa kehilangan penglihatannya. Berdasarkan penelitian di tahun 1980an, dilaporkan anak panah ini menyebabkan 6700 kasus orang luka-luka, bahkan banyak di antaranya merupakan luka kepala yang serius.

Rumah Lompat yang Terbang

via : pinterest.com

Pada bulan Mei 2014, sebuah rumah lompat di New York terangkat lebih dari dua meter ke udara saat ada hembusan angin yang kencang. Dua anak yang berusia lima dan enam tahun, terlempar keluar dari ketinggian 15 kaki. Satu anak mendarat di tempat parkir apartemen dan mengalami luka serius di kepala. Satu anak lainnya mendarat di jalan dengan lengan dan rahangnya yang patah. Meskipun mainan ini terlihat tidak berbahaya, namun ternyata para orangtua harus tetap memberikan perhatian lebih terhadap setiap mainan yang digunakan oleh anaknya ya…


BACA JUGA :


Aqua Dots

via : taringa.net

Ingat mainan lucu ini? Sayangnya kita tidak bisa menemukannya lagi dimanapun. Pada tahun 2007, ada penelitian mengapa Dots saat tertelan menyebabkan pusing, muntah, bahkan pingsan. Ternyata ditemukan bahwa pabrik Dots telah mengubah ramuan senyawa yang menempel menjadi GHB (gamma-hydroxy butyrate). GHB ini dikenal sebagai obat bagi para pelaku pemerkosa. Bagi yang meminum obat tersebut mereka akan bereaksi seperti dibius seolah-olah lemah dan tidak berdaya saat disentuh oleh orang lain. Hiyyy ngeri gak sih kalau mainan adekmu mengandung obat ini?

Boneka yang Selalu Lapar

Buat kamu yang gak suka sama boneka Chucky, jangan berani-berani deh lihat video ini! Boneka ini selalu lapar dan selalu mengunyah sehingga anak kecil harus selalu memberikan makanan kepadanya. Boneka ini akan berhenti mengunyah saat sensor di mulutnya mencatat bahwa mulut boneka itu kosong. Sayangnya, sensor dari boneka ini tidak tahu kapan harus berhenti. Banyak rambut, jari, bahkan darah yang hilang karena saking laparnya boneka Snack Time Kid ini.

Pokeball dari Burger King

via : youtube.com

Burger King pernah menggunakan Pokeball sebagai promosinya, buat kamu penggemar Pokemon pasti kepengen banget ngoleksi mainan ini. Sayangnya, anak kecil juga memainkan Pokeball ini dan iseng meletakkannya kedalam mulut dan hidung mereka. Ngerinya, Pokeballs ini bisa macet di tenggorokan dan mencekik bagi yang menelannya. Banyak anak terluka serta hampir terbunuh, bahkan satu bayi pun meninggal. Menanggapi kasus tersebut, Burger King menambahkan peringatan bahaya tersedak untuk anak di bawah usia 3 tahun ke dalam iklan mereka.

Tongkat Penyelam

via : aliexpress.com

Tongkat menyelam adalah mainan yang sangat umum bagi anak-anak. Tujuan anak-anak memainkan ini adalah untuk melemparkan tongkat kedalam kolam dan kemudian melihat siapa yang bisa menahan napas mereka paling lama untuk mengambil semuanya. Tidak ada yang meninggal, namun sekelompok anak berusia 6-9 tahun takut oleh mainan tersebut dan kemungkinan mereka memiliki trauma untuk berenang.

Mainan memang sudah seharusnya untuk edukasi sekaligus bersenang-senang. Namun jika pengunaannya tidak bijak bisa-bisa malah membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Sudah seharusnya sebelum membeli suatu barang, kita juga harus memperhatikan kandungan dan bahannya. Kalau menurut kawanmuda, mainan berbahaya apalagi ya selain diatas? Isi pendapatmu di kolom komentar ya!

Sumber: Ranker