Laju perkembangan teknologi yang kian melesat sekarang ini, tak bisa dipungkiri sangat membantu kehidupan kita sehari hari. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur, kita pastinya enggak akan pernah lepas dengan yang namanya teknologi.

Kata teknologi yang memang sangat melekat dengan kehidupan kita ini, ternyata juga menyimpan beberapa fakta unik yang jarang kita ketahui. Seperti beberapa fakta yang Kita Muda rangkum di bawah ini.

1. Jenis font yang berbeda ternyata mampu menghemat tinta printer

via: faisalarts.com

Buat Kawan Muda yang sering mengeluh tinta printernya cepat habis, baiknya kamu perhatikan beberapa detail kecil yang membantumu menghemat tinta printermu. Seperti mengganti jenis font yang kamu pakai. Ternyata, penggunaan font yang lebih terang dan ringan mampu menghemat tinta printermu sekitar 10 persenan loh.

2. E-mail sudah tersedia jauh sebelum internet muncul ke permukaan

via: phrasee.co

Penggunaan e-mail pada jaman dulu ternyata tak membutuhkan internet loh Kawan Muda. Walaupun dengan cara pengiriman yang ribet, email sudah berajaya sebelum internet muncul. Media pengiriman yang ada pada zaman itu ternyata menggunakan sebuah penyimpanan data yang bernama Micronet.


BACA JUGA: 


3. Susunan papan ketik QWERTY ditujukan untuk membuat penggunanya mengetik dengan lambat

via: hiig.de

Papan keyboard dengan susunan QWERTY yang dipopulerkan Christoper Latham Sholes dulunya memiliki cerita yang unik. Susunan papan ketik yang pertama ia gunakan ternyata merusak mesin ketiknya sendiri.  Setelah itu, ia menerapkan susunan QWERTY untuk membantunya mengetik lebih lambat dengan susunan huruf yang saling berjauhan satu sama lainnya.

4.  Pada awalnya, untuk mendaftarkan sebuah domain tidak dikenakan biaya

via: digitaltrends.com

Jika kita kembali pada tahun 1995, maka kita enggak harus pusing untuk menambah masa langganan domain halaman web yang kita miliki. Pada tahun itu, untuk mendaftarkan sebuah domain ternyata tak membutuhkan biaya apapun.

5.  Generasi pertama media penyimpanan seberat 1 Ton dan hanya memiliki size sebesar 5 MB

via: dpatlarge.com

Media penyimpanan yang pertama kali dibuat oleh IBM memiliki berat 1000Kg loh. Komputer yang memiliki nama RAMAC ini ternyata memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya seebesar 5MB. Jangan salah, nilai sebesar itu sudah lumayan loh dizamannya.

6. Wikipedia menggunakan sebuah BOT dalam proses penyuntingan konten yang ia miliki

ellak.gr

Ensiklopedia digital yang pernah ada ini berperan penting sebagai salah satu sumber pengetahuan kita. Meskipun hampir semua konten yang ada di dalamnya bisa disunting oleh semua penggunanya,

Untuk menghindari tulisan yang dinilai tak pantas, Wikipedia menggunakan sebuah BOT yang bernama ClueBot-NG untuk memfilter semua konten yang ada di  halaman web-nya. Dengan lebih dari 40 juta artikel yang ada di dalamnya, Wikipedia menggunakan sekitar 2000 BOT yang membantu menyediakan kontennya.

Itu tadi beberapa fakta yang jarang kita ketahui tentang perkembangan teknologi.

SumberJalanTikus