Stephan Schmitz adalah seorang ilustrator yang karya-karyanya sudah banyak menghiasi cover dan editorial majalah-majalah kenamaan dunia. Ciri khas dari karya Schmitz adalah ilustrasinya menggambarkan dengan jujur bagaimana ‘wajah’ kehidupan modern.

Hal-hal yang dituangkan Schmitz tak hanya fokus di satu area saja, tetapi juga menyinggung banyak sisi kehidupan modern, mulai dari keluarga hingga teknologi. Meski pesan yang disampaikan begitu sederhana, kita mungkin membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk memahami karyanya.

Semakin lama memandang karya Schmitz, semakin banyak pula permasalahan yang akan terungkap dalam karya tersebut. Dan ini membuat kita menyadari betapa banyaknya permasalahan dalam hidup yang harus dihadapi oleh masyarakat modern setiap harinya.

Uniknya, karya Scmitz bukannya membuat kita pesimis malah membuat kita ‘terbangun’ dan berusaha membangun hidup agar lebih baik lagi. Nah, daripada makin penasaran, yuk langsung kita intip ilustrasinya di bawah ini.

1. Apakah harta bisa mendefinisikan siapa diri kita? Apakah harta menjadi definisi sukses yang mutlak bagi semua orang? Berapa banyak lagi yang harus dikumpulkan? Apakah kita rela meninggalkan banyak hal hanya demi mengejarnya?

via: brightside.me

2. Obat-obatan terlarang dan alkohol menjadi pelarian masyarakat modern saat stres. Rasanya hidup tak lengkap tanpa adanya mereka. Yakin? Padahal kamu punya kekuatan untuk menemukan dirimu sendiri tanpa bergantung pada mereka (yang diam-diam merusak jiwa dan pikiranmu).

via: brightside.me

BACA JUGA:


3. Ketika orang terdekat menjadi pihak ketiga dalam sebuah hubungan. Cobalah hitung berapa orang yang tersakiti di sini?

via: brightside.me

4. Seperti apa kebebasan yang sesungguhnya? Ketika kita merasa kehilangan kebebasan, apakah kita benar-benar kehilangan hal tersebut? Atau, makna kebebasan semakin abu-abu dewasa ini?

via: brightside.me

5. Menjalin hubungan diam-diam dengan atasan atau rekan kerja dan meninggalkan kekasih yang telah lama menemani. Kamu begini?

via: brightside.me

6. Hati-hati, marak sekali cuci otak. Bahkan masyarakat modern gampang sekali dicuci otaknya dengan foto atau berita hoax. So, bersikaplah bijak saat menerima informasi dari siapa pun itu.

via: brightside.me

7. Keberadaan ayah sangat penting untuk pembentukan karakter anak. Kebahagiaan seorang anak terletak pada waktu berkualitas yang ia habiskan bersama ayahnya.

via: brightside.me

8. Jangan asal memutuskan karena iri melihat teman-teman yang sudah berkeluarga. Kamu akan menyesalinya saat memilih orang yang salah. Ingat, menikah bukanlah sebuah perlombaan.

via: brightside.me

9. Terkadang, kita harus mau menerima sesuatu yang tak bisa diubah. Berusaha mengubahnya boleh, tapi jika terlalu mustahil, mungkin ini peringatan bahwa kita harus ‘istirahat’ dan berlapang dada menerimanya.  

via: brightside.me

10. Jika kamu takut atau ragu, sembunyi bukanlah solusi. Carilah jalan keluar untuk mengatasi ketakutanmu. Berlarilah ke arah cahaya, jangan bersembunyi di baliknya.

via: brightside.me

Bagaimana? Apakah ada ilustrasi Stephan Schmitz yang begitu ngena di hatimu? Share, dong, ilustrasi nomor berapa yang menggambarkan situasi kamu saat ini. Kalau pengin lihat karya epic Schmitz lainnya, kamu bisa langsung meluncur ke akun Instagram pribadinya di sini.