Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi tak harap kembali…

Kapan terakhir kali Kawan Muda makan bareng sama ibu? Atau nonton TV bareng,  sekedar duduk bersama membicarakan banyak hal, dan tertawa bersama ibu? Kapan terakhir kali kamu bilang sayang ke ibu?

Memang, sih, rasa sayang tak melulu diucapkan, tapi pernahkah kamu mengucapkannya sebagai tanda terima kasih atas jasa-jasa ibu selama ini? Tanpa disadari, saat beranjak dewasa dan mulai menyelami kehidupan luar, hubungan kita menjadi jauh dengan ibu.

Padahal, sedetik pun ibu tak pernah berhenti memikirkan anak-anaknya. Apakah di sela-sela canda dan tawa kamu sempat memikirkan ibu? Seringnya, sih, kita merasa begitu kangen pada ibu saat sedang banyak masalah atau sedang sedih.

Beberapa ilustrasi manis  kedekatan ibu dan anak karya Brooke Smart ini akan mengajak Kawan Muda bernostalgia, mengingat pengorbanan yang dilakukan ibu saat kamu kecil dulu. Semoga setelah melihatnya, kamu semakin sayang dan enggak ‘melupakan’ ibu lagi, ya 😉

1. Masih ingat enggak saat kamu pengin punya gaya rambut yang lagi nge-tren di sekolah? Ibu berusaha mati-matian buat nguncir rambut kamu. Bahkan kalau enggak bisa, dia tanya ke sana-sini caranya gimana :”)

Ibu menguncir rambut anak | via: Instagram @brookesmartillustration

2. Ibu juga selalu memperhatikan tumbuh kembang dan gerak-gerik kita. Paling sigap, deh, kalau ngelihat anaknya sudah menunjukkan hal-hal yang berbeda…

Tumbuh kembang anak selalu diperhatikan | via: Instagram @brookesmartillustration

3. Bangun paling pagi, menyiapkan sarapan, dan memastikan peralatan sekolahmu enggak ada yang ketinggalan. Benar-benar serba bisa, kan, seorang ibu itu?

Selalu bangun pagi memastikan semuanya terurus | via: Instagram @brookesmartillustration

4. Saat kita merengek minta ibu nemenin main, padahal dia juga lagi capek, dia nurut-nurut saja. Bahkan mau dandan konyol demi melihat kita tersenyum :”)

Sosok ibu yang tak pernah lelah menemani bermain | via: Instagram @brookesmartillustration

5. Mungkin dalam benaknya, ibu pengin punya me time. Namun dia enggak pernah egois, me time-nya ya dilakukan sambil mengurus anak-anaknya…

Ibu mencari-cari waktu me time di sela-sela mengurus anak | via: Instagram @brookesmartillustration

6. Ibu itu punya kekuatan super, kenapa? Dalam situasi genting, dia pasti punya solusi terbaik. Meski kadang konyol juga kalau dipikir-pikir :”)

Ibu selalu punya solusi terbaik untuk semua permasalahan | via: Instagram @brookesmartillustration

7. Tanpa disadari, sifat kuat dan tangguh itu kita warisi dari perjuangan ibu. Apa sih yang enggak bisa dilakukan ibu? Hal mustahil pun bakan dilakukan kalau itu demi anak-anaknya!

Sifat kuat dan tangguh itu kita warisi dari perjuangan ibu| via: Instagram @brookesmartillustration

8. Habis pulang kerja, kamu minta digendong atau main kuda-kudaan. Meski sempat bilang ibu capek, ujung-ujungnya dituruti juga permintaan anaknya :”)

Minta bermain dan digendong ibu| via: Instagram @brookesmartillustration

9. Kadang kita mikir ibu, tuh, cerewet banget soal makanan. Kita dilarang makan inilah, itulah. Padahal, itu semata-mata demi kebaikan kita.

Selalu mengingatkan kita untuk makan sehat | via: Instagram @brookesmartillustration

10. Intinya sih, selama itu demi kebaikan dan kebahagiaan anaknya, ibu rela berkorban mati-matian.

Ibu rela berkorban mati-matian demi anaknya | via: Instagram @brookesmartillustration

Apakah Kawan Muda masih tinggal dengan ibu? Jika iya, yuk ajak ngobrol ibu. Buat kamu yang lagi merantau, jangan sampai lupa menelepon ibu sesekali. Atau setidaknya rajin bertukar pesan untuk mengabarkan keadaanmu. Kasihan, kan, kalau ibu kepikiran gara-gara anak-anaknya pada jauh :”)