Oke guys, bingung banget ya kamu sama judulnya? Sama sih. Tapi itu pas saya lagi gak tau hubungannya apa. But now, i’m already know. Percaya deh, bakalan bikin kamu-kamu semua mungkin berkata-kata “oh iya ya”, “idih nyambung ternyata” dan “k*mpret.. gokil abis!” atau mungkin malah bikin kamu jadi pusing sendiri …

Sebelum ngomongin ke ‘hubungannya’, disini kamu semua udah pada tau apa itu ‘ATOM’? belum? Oke, saya jelasin secara singkat. Jadi atom itu menurut teori yang dikemukakan Dalton merupakan bagian paling paling paling dan paling terkecil dari suatu benda yang tidak dapat dibagi lagi. Jadi semua benda di dunia itu terbuat dari atom.

Hubungannya???

“Atom selalu bergerak atau berpindah-pindah.” (teori relativitas) – Albert Einstein.

albert-einstein
Foto : www.maxmanroe.com

Menurut si Einstein dalam teori relativitasnya, do’i mengatakan bahwa nggak pernah ada benda yang tidak bergerak. Karena sifat atom sendiri itu selalu mengisi tempat yang kosong. Seperti saat kamu pindah dari dalam wc terus keluar wc. Nah saat kamu keluar wc, materi yang ada diluar pindah ke dalam wc buat mengisi tempat yang kosong di wc.

Nah teori itu sama dengan masa muda yang dialami para remaja. Selalu berpindah-pindah. Pindah hati, pindah jurusan, pindah tempat main, tapi yang nggak mungkin ya pindah raga. Intinya selalu mencoba masuk ke tempat yang baru atau kosong. Atau mungkin juga bisa diartikan selalu ‘MOVE ON’ kayak ABG zaman sekarang.

Atom memiliki energi yang dahsyat!” (teori energi atom) – Albert Einstein.

energi
Foto : teknergi.wordpress.com

“Merupakan bagaimana cara membuat energi baru atau energi atom. Dengan m = massa, dan c = kecepatan cahaya (344.997 km/s). Jadi energi atom dapat terbentuk jika 1 gram benda dikalikan dengan kuadrat kecepatan cahaya dan kemampuan ajaib dari energi atom itu adalah peledakan energi 1 gram zat dapat menghasilkan listrik buat satu wilayah selama setahun. Atau malah membuat wilayah itu hancur lebur berantakan! Gila dahsyat banget kan?

Nah sama dong kaya masa muda dimana merupakan masa yang berapi-api kata bang Rhoma Irama … Hehe.

Alm. Ir Soekarno pun yakin hanya dengan 10 pemuda dapat mengguncang dunia! Tapi itu juga tergantung. Pemudanya semangat gak? Kalau gak ya percuma. Masa muda harusnya dapat memberi effort atau usaha yang maksimal buat bangsa dan negara tentunya! So, meski dirimu bukan siapa-siapa tapi jangan sampai kalah sama atom yang kecil banget tapi kekuatannya besar banget.

“Ketidakpastian elektron dalam atom.” (teori prinsip ketidakpastian) – Werner Heisenberg.

bingung
Foto : www.clipartkid.com

Heisenberg mengungkapkan bahwa konsekuensi penjabaran elektron sebagai bentuk gelombang adalah bahwa tidak memungkinkan secara matematis untuk menurunkan secara simultan posisi dan momentum suatu elektron. Sehingga peredaran elektron di sekitar atom tidak dapat berposisi dengan pasti. Atau tidak dapat ditetapkan.

Jika dalam istilah anak muda zaman sekarang biasa dikenal dengan istilah ‘labil’. Jadi elektron dalam atom pun memiliki sifat yang labil layaknya seorang remaja yang selalu labil dengan pilihannya. Labil masalah cinta lah, kuliah lah, kerja lah, ini lah, itu lah. meski nggak semuanya. Tapi kebanyakan ya tetep, LABIL!

Ini merupakan sifat yang gak baik. Kenapa? Karena saat kamu labil itu akan membuat orang lain bingung mengambil keputusan terhadap dirimu. Karena kamunya sendiri juga bingung sama dirimu, gimana orang lain :v hahah.

Oke itulah beberapa teori atom yang memiliki hubungan atau dapat dianalogikan dalam kehidupan remaja di masa muda kita sekarang. Banyak banget kan teori atom yang dapat dijadikan acuan atau semangat bagi diri kita untuk menjadi lebih baik. Maka dari itu, kita harus terus semangat di masa muda kita ini.