7 Hal Yang Menyebabkan Rumah Dihuni Hantu

1.243 views
via: Tribunnews.com

Lihat gambar hantu saja ngeri, apalagi menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri penampakan hantu seram! Hiey, jangan sampai deh! Namun, jangan mentang-mentang jauh dari tempat angker, kamu berarti aman dari ancaman penampakan hantu. Yup, bahkan mungkin di rumahmu telah bersarang hantu-hantu seram yang bisa bikin bulu kuduk berdiri.

Tak bisa dipungkiri sih, kita memang enggak hidup sendiri di dunia ini. Ada penduduk tak kasat mata yang mendampingi kehidupan manusia di dunia. Nah, mereka ini biasanya muncul di tempat-tempat tertentu. Enggak terbatas tempat yang memang disebut angker, tapi juga sudut-sudut rumah yang tampaknya nyaman dan hangat.

Kalau kamu mengikuti Instagram penulis sekaligus komedian Raditya Dika, beberapa waktu lalu dia sempat curhat kalau di rumahnya sering terjadi hal-hal mistis. Mulai dari kursi yang suka bergerak-gerak sendiri, suara orang melempar batu, bau melati yang begitu menyengat, hingga asisten rumah tangga yang menyaksikan langsung penampakan hantu seram.

Padahal, kalau lihat rumahanya Radit, enggak ada seram-seramnya sama sekali! Malah cenderung nyaman dan idaman anak muda zaman now banget lah. Lantas, kenapa ya bisa berhantu? Ternyata, ada beberapa alasan yang menyebabkan hantu demen nangkring di tempat tinggalmu.  Kira-kira apa saja? Mari kita simak!

1. Lama kosong atau tidak dihuni serta tidak ada aktivitas di dalam rumah tersebut.

Hantu suka bersarang di tempat yang tak berpenghuni atau terlalu sering ditinggal penghuninya | via: highlycaffeinated.co

Rumahmu mungkin enggak seperti rumah angker yang ada di film-film hantu, tapi kalau jarang ada orang di rumah dan banyak bagian rumah yang kosong dan enggak digunakan, siap-siap saja dihuni oleh mereka yang tak terlihat.

Yup, hantu seram akan langsung menjadikan sudut-sudut tak berpenghuni di rumahmu sebagai sarang mereka. Apalagi kalau tempat-tempat tersebut dipenuhi debu yang menumpuk dan ada lumutnya, makin semangat saja tuh gerombolan hantu untuk ngontrak di sana. Biar kamu enggak dihantui oleh mereka, terutama hantu pocong yang seram dan lincah, mending sering-sering di rumah dan jangan biarkan ada sudut rumah yang enggak tersentuh.

2. Rumah kotor dan berantakan

Rumah kotor dan berantakan juga jadi tempat favoritnya para hantu | via: pcjewishpulse.com

Coba cek deh kamar tidur kamu, berantakan enggak? Hati-hati saja sih kalau berantakan banget, karena makhluk-makhluk gaib suka banget bermain di tempat yang kotor dan berantakan. Menurut mereka, tempat yang berantakan atau kotor tuh seolah-olah enggak ada pemiliknya. Jadi mereka langsung meluncur dan beraktivitas di sana. Hiey, biar enggak digodain hantu seram pas lagi tidur, mending bersihkan kamar atau sudut rumah yang kotor sekarang juga deh.

3. Rumah sering digunakan untuk aktivitas maksiat

Tempat yang digunakan maksiat akan dipenuhi dengan energi negatif, ini menarik perhatian para mahkluk gaib | via: medscape.com

Waini, orang yang maksiat adalah temannya setan, ya, hehe. Kalau kamu melakukan aktivitas maksiat di rumah, siap-siap saja rumahmu jadi sarang hantu. Memang apa kaitannya?

Makhluk-mahkluk gaib tuh suka banget beraktivitas di tempat yang dipenuhi aura negatif. Nah, tempat yang sering digunakan maksiat akan dipenuhi dengan energi tubuh  yang negatif, ini menarik perhatian para mahkluk gaib karena mereka berasa nemuin tempat yang memiliki frekuensi sama. Hiey!

4. Tidak hanya jadi tempat maksiat, rumah juga tidak pernah terdapat aktivitas ibadah di dalamnya.

Sering-seringlah berdoa di rumah biar enggak dijadikan tempat nongkrong para hantu | via: via: vmmissions.com

Menurut penelitian, orang yang beribadah atau memanjatkan doa bisa mengeluarkan gelombang energi positif dari tubuh mereka. Karena komplotan hantu seram suka dengan tempat yang beraura negatif, mereka enggak akan betah berlama-lama nongkrong di rumahmu. So, sering-seringlah berdoa di rumah biar enggak dijadikan tempat nongkrong para hantu.

5. Rumah atau tempat tinggal tersebut pernah digunakan untuk ritual mistis

Rumah atau tempat tinggal tersebut pernah digunakan untuk ritual mistis menjadi tempat favorit para hantu | via: locked.gr

Hemm, kalau yang ini sih sudah enggak perlu dijelaskan lagi, karena benar-benar sudah jelas penyebabnya apa. Namanya juga pernah digunakan sebagai tempat ritual mistis, ya sama saja kan dengan mengajak para hantu untuk berkumpul di sana? Sama seperti tempat yang sering dibuat maksiat, tempat seperti ini juga dipenuhi aura negatif.

6. Dalam sejarah di rumah tersebut pernah terjadi kejadiaan naas yang merenggut sang pemilik rumah

Kejadian naas yang pernah terjadi di rumah tersebut bisa membuatnya angker | via: Tribunnews.com

Pernah dengar cerita kampus terseram atau penampakan di kampus? Pasti cerita horor yang beredar adalah tempat tersebut berhantu karena ada orang yang meninggal atau kecelakaan di sana. Cerita seperti ini sebenarnya bukanlah isapan jempol belaka, lho. Karena bisa jadi ada hantu lain yang mengambil sosok ‘korban’ yang meninggal di tempat tersebut dan akhirnya menghantui orang-orang yang lalu lalang di sekitarnya.

7. Terlalu sering beredar cerita tentang sesuatu yang sering menampakkan diri di dalam rumah tersebut

Terlalu sering beredar cerita tentang sesuatu yang sering menampakkan diri di dalam rumah tersebut malah mengundang mereka datang | via: hauntedhouses.com

Ada yang bilang kalau hantu akan muncul saat kita terlalu sering membicarakan mereka dan kita dalam kondisi takut juga.

Intinya, karena hantu tersebut sering digosipin di sebuah tempat, mereka akhirnya ‘ngerjain’ orang-orang dengan menampakkan diri sesuai dengan deskripsi orang tersebut. Nah lho, makannya jangan suka nge-gosipin hantu. Mereka bisa ngambek dan tiba-tiba menampakkan diri. Ngeri kan?

Itulah tadi alasan kenapa hantu suka berkeliaran di tempat yang mungkin tampaknya mustahil untuk jadi persembunyian mereka. Kalau enggak pengin ngelihat penampakan hantu pocong atau hantu mbak kunti di rumah, mending hindari tujuh hal di atas biar mereka enggak datang. Karena mustahil ada penampakan hantu lucu seperti di film Casper yang bahkan bisa berteman dengan manusia, kecuali kamu Mbah Dukun atau Risa Saraswati, hehe :”)