Aneh tapi nyata! 13 foto yang bikin heboh dunia maya ini ternyata hoax!

38.679 views
via: brightside.me

Dunia maya selalu mengejutkan kita dengan berita atau gambar “kontroversial” yang ternyata bodong alias hoax doang! Beberapa yang melihat sih kadang sudah tahu kalau itu isapan jempol belaka. Tapi enggak sedikit, lho, yang menelan berita hoax mentah-mentah dan membuat media sosial jadi ladang pertempuran antara yang pro atau kontra berita hoax tersebut.

Sulit memang meredam yang namanya hoax, karena kita sebenarnya enggak tahu mana yang benar-benar asli dan mana yang palsu, kan? Kita ambil contoh saja gambar atau foto hoax. Kalau yang memanipulasi foto tersebut master Photoshop, mana ada yang tahu kalau foto itu bohong? Ya, kecuali kalau yang lihat super jeli atau orang yang edit foto ngaku sendiri, hehe.

Seperti yang terjadi pada ke-13 foto ini. Dunia dibikin gempar dengan kemunculannya, padahal semua cuma editan! Enggak percaya? Yuk, kita lihat foto-fotonya, seperti yang dikutip dari  Brightside.me.

1. Foto ini sempat viral banget di internet, pernah tahu enggak? Ternyata, ini cuma editan, lho! Lucunya, Majalah National Geographic jadi “korban” karena menurut berita yang beredar di internet, National Geographic memilih foto ini sebagai Photo of the Year. Waduh, ada-ada saja, ya!

via: brightside.me

2. Foto yang beredar dengan caption, “The Castle Island, Ireland” ini sukses membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke Irlandia untuk melihatnya. Hemm, padahal foto ini hanyalah karya orang-orang iseng yang kreatif, hehe.

via: brightside.me

3. Semangka biru? Wow, jenis baru ya? Mau dicari sampai ke ujung dunia pun enggak bakal ketemu, guys! Ini cuma editan! Ya, kecuali kamu cemplungi semangka ke dalam cat warna biru sih…

via: brightside.me

4. Lho, ini ngapain Albert Einstein malah seru-seruan naik sepeda padahal orang-orang pada serius nyimak percobaan bom nuklir? Usut punya usut foto ini hoax! Jadi, percobaan bom nuklir tersebut dilakukan pada 14 Juli 1962, sekitar 7 tahun setelah Albert Einstein meninggal. Nah lho, masa ini arwah Einstein gentayangan sih!

via: brightside.me

5. Melihat orang dikejar-kejar hewan buas bikin merinding sendiri ya. Yah, risiko sih buat fotografer wildlife. Tapi kalau foto yang satu ini beda kasus sih. Coba perhatikan baik-baik deh, ada yang aneh dengan bentuk kepala beruang dan rumput yang berada di dekat kaki kanan depannya.

via: brightside.me

6. Studio Hollywood Metro Goldwyn Mayer, yang lambangnya singa mengaum, memang pakai model singa beneran. Hemm, tapi enggak begini cara ambil fotonya guys! Ini cuma editan dan sebenarnya si singa beneran lagi di MRI. Gara-gara foto ini, para pelindung satwa liar sempat “ngamuk”, lho, karena tindakan ini dianggap menyiksa hewan untuk kepentingan komersil. Untung saja sudah diklarifikasi kalau editan, ck…ck…

via: brightside.me

7. Lagi-lagi ada hubungannya dengan hiu dan (lagi-lagi) National Geographic dirugikan secara enggak langsung, kenapa? Karena foto ini beredar dengan caption “National Geographic Photo of the Year” dan kesannya National Geographic salah pilih foto palsu. Padahal, mereka enggak pernah menerbitkannya sama sekali, apalagi memilihnya sebagai foto terbaik! Dasar orang usil, ya….

via: brightside.me

8. Percaya atau enggak, foto singa hitam ini mendapatkan ratusan ribu likes, lho, di media sosial! Semua takjub dengan singa unik yang satu ini. Memang, singa hitam itu beneran ada. Sayangnya, foto ini sengaja dibuat dan warnanya yang asli ya foto yang di bawahnya, hehe.

via: brightside.me

9. Bayi gerak-gerak sampai kelihatan kalau lagi nendang-nendang memang nyata, kok. Semua ibu pasti pernah melihatnya. Masalahnya, di foto ini kok kakinya bisa terlihat sejelas itu? Berasa tipis banget perut sang ibu dan kaki calon jabang bayi juga terlalu besar!

via: brightside.me

10. Sempat beredar foto Presiden AS ke-43, George W. Bush, yang tengah membaca buku yang posisinya terbalik! Gara-gara foto ini nih, Bush kerap jadi bahan olok-olok beberapa media massa. Aslinya sih, Bush pegang bukunya benar, lho.

via: brightside.me

11. Foto ini beredar beberapa minggu setelah peristiwa 9/11 di WTC New York terjadi. Tampak seorang turis tengah asyik berfoto dan tepat dibelakangnya ada pesawat yang akan “menggempur” dua menara kembar tersebut. Foto ini langsung diklaim hoax karena kok bisa sih fotonya beredar, kok kameranya enggak hancur sih padahal gedungnya hancur, lho, akibat peristiwa tersebut…

via: brightside.me

12. Batman dan Joker lagi bete nih di lokasi syuting The Dark Night. Kelihatannya sih begitu….ekstrem, ya, hehe. Namun, foto ini ternyata editan, guys….

via: brightside.me

13. Kalau foto selfie di pesawat sepertinya jadi perbincangan hangat, ya, belakangan ini. Ada yang terkagum-kagum dan iri dengan pilotnya, ada pula yang sadar kalau ini editan—dan aslinya memang editan sih, hehe. 

via: brightside.me

Itulah kumpulan foto populer yang ternyata palsu alias foto hoax doang. Wah, ini bisa jadi pelajaran ya agar kita lebih cerdas menyaring mana informasi yang palsu dan mana yang fakta.

Kalau buat guyonan sih oke-oke saja, tapi kalau menimbulkan permusuhan, kan, enggak baik juga.

Kawan Muda sudah pernah melihat foto-foto di atas atau pernah tahu foto hoax yang lain? Share yuk di kolom komentar 🙂