Keberadaan internet membuat masyarakat bisa mengetahui atau menyaksikan hal-hal yang bersifat di luar nalar. Misalnya saja penampakan hantu atau UFO.

Ya, tak sedikit foto atau video yang beredar di media sosial yang berhasil mengabadikan keberadaan makhluk-makhluk atau kejadian misterius yang bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Namun, kita harus berhati-hati dengan segala informasi yang didapat di internet. Karena kecanggihan teknologi juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk menyebar sensasi atau hoax demi kepentingan pribadi.

Nah, beberapa waktu lalu sempat beredar foto dan video misterius yang berhasil menggegerkan dunia maya. Mulai dari video CCTV penampakan hantu di dalam lift di Singapura hingga foto tengkorak yang disinyalir adalah putri duyung!

Usut punya usut, foto-foto tersebut ternyata enggak semengerikan yang kita kira dan kemungkinan besar adalah hoax semata karena ketika diselidiki foto-foto tersebut bisa dinalar dengan logika. Jadi penasaran, kan, foto-foto viral apa saja yang ternyata hoax semata? Yuk, intip!

1. Video berikut adalah hasil rekaman CCTV di sebuah kantor di Singapura. Rekaman CCTV ini sempat menggemparkan dunia maya karena berhasil merekam penempakan hantu. Netizen pun ramai memperdebatkan hasil rekaman CCTV tersebut. Setelah ditelusuri, hasil rekaman CCTV itu ternyata hanyalah sebuah campaign yang dirancang untuk mengingatkan bahaya keseringan bekerja lembur. Ada-ada saja, deh, ya…

2. Netizen sempat dibuat gempar dengan foto arkeolog yang tengah menggali tengkorak raksasa, yang disinyalir adalah tengkorak anunnaki atau leluhur manusia. Baru-baru ini, sebuah fakta menarik terungkap. Foto tersebut hanyalah editan Photoshop dan diikutkan dalam sebuah kontes edit foto. Hemm, siapa, ya, yang menyebarkan foto tersebut dan menyebarkan kisah yang tidak-tidak?!?!

via: brightside.me

3. Foto ini membuat banyak orang semakin percaya bahwa mesin waktu itu benar-benar ada. Namun kalau diperhatikan dengan saksama, lelaki tersebut bukanlah penjelajah waktu. Dilihat dari pakaian yang digunakan, dia mengenakan kaus salah satu tim hoki di Kanada. Kacamata yang digunakan juga kacamata yang umum digunakan anak muda di tahun itu. Dan dia membawa kamera yang disinyalir DLSR/SLR. Padahal kalau dilihat lebih dekat, kamera yang dibawa adalah kamera Kodak yang dirilis di tahun 1925. Dan foto tersebut diambil di tahun 1940. Masih percaya kalau lelaki tersebut adalah penjelajah waktu?

via: brightside.me

4. Bigfoot adalah makhluk misterius mirip kera yang hidup di tengah hutan di kawasan Barat Daya Pasifik. Keberadaannya memang menjadi pro dan kontra karena makhluk ini dianggap bagian dari legenda atau mitos. Anehnya, di tahun 1967 beredar foto penampakan bigfoot dan ini tentu saja membuat geger masyarakat. Setelah ditelusuri, orang yang tak sengaja memotretnya ternyata tengah memotret orang yang tengah mengenakan kostum bigfoot untuk keperluan syuting film.

via: brightside.me

5. Ini adalah foto yang selama ini dianggap sebagai penampakan The Brown Lady atau Dorothy Walpole. Semua sepakat menganggap foto tersebut benar-benar penampakan hantu hingga akhirnya Alan Murdie membuktikan bahwa ‘penampakan’ tersebut adalah cahaya yang bocor dari jendela bidik kamera sehingga menyebabkan munculnya ‘lapisan’ yang tampak seperti penampakan.

via: brightside.me

6. Ketika mengabadikan foto sang anak saat piknik, Jim Templeton dibuat kaget dengan hasil foto tersebut. Di belakang anaknya berdiri seseorang yang menggunakan pakaian luar angkasa. Apakah itu alien atau penampakan, karena tak ada siapa pun kecuali Jim, anak, dan istrinya. Setelah diselidiki, foto penampakan yang tampak seperti ‘alien’ tersebut adalah istri Jim. Saat itu dia mengenakan gaun berwarna biru, karena cahaya berlebih fotonya jadi overekpose dan gaunnya berubah warna jadi putih.

via: brightside.me

7. Masyarakat Zambia yang tengah asyik berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan tiba-tiba dikagetkan dengan penampakan makhluk asing yang melayang di udara. Beberapa di antaranya menganggap hal tersebut adalah perwujudan tuhan, tak sedikit pula yang lari sambil berteriak ketakutan. Penampakan ini pun ramai diperbincangkan di media. Setelah diselidiki, makhluk asing yang melayang tersebut ternyata hanyalah sebuah layang-layang :”)

via: brightside.me

8. Beberapa waktu lalu media sempat memberitakan foto yang disinyalir adalah tengkorak putri duyung. Tengkorak tersebut ditemukan tak jauh dari sebuah pantai di  Hawaii. Banyak yang tak percaya dengan foto tersebut dan menganggapnya hoax semata. Ternyata memang benar, foto tersebut telah diedit dari foto aslinya. Hemm, ulah siapa, ya, kira-kira?

via: brightside.me

Bagaimana Kawan Muda? Kaget enggak setelah mengetahui fakta-fakta di atas? Ini jadi pelajaran buat kita semua supaya enggak menelan mentah-mentah berita yang didapat di internet. Semoga setelah membaca artikel ini, Kawan Muda bisa menjadi pengguna internet yang lebih berhati-hati lagi sebelum menyebarkan informasi 😉