8 Fakta unik dan mengejutkan tentang pesawat terbang yang enggak banyak orang tahu!

29.117 views
via: brightside.me

Apakah Kawan Muda termasuk orang yang sering bepergian menggunakan pesawat? Kalau iya dan kamu menganggap pesawat terbang adalah salah satu transportasi yang “akrab” dengan keseharian, tahu enggak kalau pesawat terbang ternyata punya “rahasia” yang hanya diketahui oleh pilot dan awak kabin saja?

Pernah enggak sih Kawan Muda bertanya-tanya, kok di jendela pesawat ada lubang kecil sih, fungsinya apa? Atau, udara di kabin kan dingin, AC pesawat terbang tuh bentuknya seperti apa ya? Hemm….jangan-jangan Kawan Muda enggak pernah kepikiran hal-hal ini ya?

Nah biar Kawan Muda lebih up to date dari yang lain, Kita Muda bakal kasih bocoran hal-hal unik  tentang pesawat terbang yang enggak banyak orang tahu. Yuk, langsung kita lihat saja list-nya, seperti yang dilansir dari Brightside.me.

1. Hampir semua pesawat terbang memiliki kait di sayap pesawatnya. Kait ini dirancang untuk memudahkan penumpang saat harus menggunakan pintu keluar darurat. Karena sayap pesawat licin, tali pengaman akan dikaitkan sehingga penumpang bisa berpegangan pada tali tersebut. Dengan begitu, penumpang enggak akan tergelincir saat evakuasi.

via: brightside.me

2. Ternyata, ada kapak yang disimpan dalam kokpit. Lho, ngapain pilot kok bawa menyimpan kapak segala? Jadi, kapak ini adalah bagian dari peralatan darurat yang memang harus disimpan di kokpit. Nah fungsi kapak ini antara lain untuk membuka pintu yang terkunci saat keadaan darurat.

via: brightside.me

3. Sudah tahu belum fungsi lubang kecil di jendela pesawat? Hehe, penasaran ya? Lubang kecil tersebut berfungsi sebagai regulator tekanan pada kabin. Lubang ini juga berfungsi untuk mengatur aliran udara.

via: brightside.me

4. Ketika naik pesawat, Kawan Muda pasti mendengar suara bising dari pesawat padahal mesinnya belum berfungsi kan? Suara bising ini ternyata berasal dari unit daya tambahan atau yang biasa disebut APU. 

via: brightside.me

5. Di beberapa negara seperti AS, Perancis, Jerman dan Kanada, ada petugas keamanan khusus (Air Marshal Service) untuk penerbangan komersial. Nah, seorang Air Marshal biasanya melakukan penyamaran di dalam pesawat. Keberadaan mereka dinilai penting untuk menghindari kejadian buruk seperti pembajakan pesawat atau teroris yang menjadi penumpang.

via: brightside.me

6. Maskapai penerbangan tertentu memiliki ruang rahasia yang tersembunyi untuk tempat istirahat awak kabin. Ruangan ini dimanfaatkan awak kabin untuk beristirahat saat harus melalui penerbangan yang panjang.  

via: brightside.me

7. Percaya atau enggak, udara dalam kabin ternyata berasal dari kompresor yang berasal dari masing-masing turbinnya. Lho, udaranya kotor dong kalau begitu? Eits, enggak kok Kawan Muda. Karena udara yang masuk sudah difilter dan didinginkan terlebih dahulu.

via: brightside.me

8. Kawan Muda mungkin pernah melihat segitiga hitam kecil yang berada di dinding bagian samping atas pesawat. Ternyata, maskapai menandai tempat dari mana sayap pesawat dapat dilihat dengan baik. Ketika sedang terbang dan pilot ragu dengan posisi flap atau ada indikator yang rusak, mereka bisa mengintipnya dari tempat yang sudah diberi tanda segitiga.

via: brightside.me

Itulah 8 hal-hal unik dan mengejutkan tentang pesawat terbang yang enggak banyak orang tahu. Hayo, dari delapan hal di atas ada yang Kawan Muda ketahui enggak sebelumnya?

Kalau ada fakta-fakta unik lainnya tentang pesawat terbang yang Kawan Muda tahu dan belum dituliskan di atas, share yuk di kolom komentar 🙂