Dari pada muka ditekuk dan cemberut seharian, mending kamu tersenyum aja. Ya, meski suasana hati mungkin lagi enggak bersahabat. Karena kalau makin cemberut, kamu malah tambah stres.

Yup, terapi senyum ternyata bisa membantu kita mengendalikan rasa cemas dan stres. Jadi kalau lagi ada di situasi yang bikin stres atau emosi, kejebak macet misalnya, mending senyumin saja biar enggak makin pusing, hehe.

Nah, selain fakta bahwa tersenyum telah terbukti meredakan stres, masih banyak fakta unik lain tentang senyuman yang mungkin belum Kawan Muda ketahui. Penasaran apa saja? Berikut Kita Muda dan Darlie telah merangkumnya untuk kamu.

1. Jumlah senyuman mencapai sembilan belas jenis.

tersenyum
Via : Pexels.com

Senyum adalah bahasa yang universal. Orang dari Negara atau benua mana pun, kalau lagi senyum ya sama posenya, pose senyum seperti pada umumnya.  

Namun tahukah kamu, senyuman itu sebenarnya beragam, lho. Kalau ditelaah satu per satu, jumlah senyum bisa mencapai sembilan belas jenis.

Kita memang tersenyum dengan cara yang sama, tetapi alasan orang untuk tersenyum bisa berbeda-beda. Itulah mengapa jumlah senyuman bisa mencapai sembilan belas jenis. Dari semua itu, tiga di antaranya adalah senyum asli, senyum mempermalukan, dan senyum malu.

2. Tersenyum memerlukan proses.

senyum indah
Via : Pexel.com

Ketika mendengar sesuatu yang lucu, kamu mungkin bisa langsung tertawa. Namun ada juga, nih, orang yang ketawanya belakangan setelah yang lain tertawa.

Ini enggak selamanya berarti orang tersebut enggak bisa menangkap guyonan. Tersenyum itu ternyata memerlukan proses, Kawan Muda. Ketika melihat sesuatu yang lucu atau membuat kita senang, tubuh akan mengirim sinyal ke otak, dan otak akan mengirim sinyal ke otot wajah sehingga kita bisa tersenyum.

Nah, mungkin saja teman yang belum tertawa tadi sedang memproses apa yang dilihatnya sehingga dia bisa menggerakkan otot wajahnya untuk tersenyum.

3. Senyum memiliki jumlah yang berbeda.

people smile
Via : Pexels.com

Jumlah senyum yang dilakukan cewek dan cowok per harinya ternyata berbeda-beda. Cewek usia dewasa ternyata tersenyum sebanyak 62 kali sehari, sedangkan cowok hanya 8 kali sehari. Hemm, kayaknya para cowok harus lebih banyak senyum, nih, biar enggak mudah stres, hehe.

Untuk anak-anak, mereka bisa tersenyum ratusan kali sehari dan bayi dalam kandungan pun juga melakukan hal yang sama. WOW!

4. Ada senyum palsu dan senyum tulus.

fake smile
Via : Pexels.com

Kalau menganggap semua senyuman di dunia menyiratkan kebaikan atau keikhlasan, sebaiknya kamu membuang jauh-jauh anggapan semu itu mulai dari sekarang. Dunia itu keras, Man! Enggak semua senyuman yang diberikan itu tulus.

Yup, di dunia ini ada senyum palsu dan senyum tulus. Kalau lawan bicaramu sedang tersenyum tulus, otot wajahnya akan melengkung dengan sempurna. Kalau dia setengah hati senyumnya, otot wajah di bawah mata enggak akan melengkung.

5. Senyum itu menular

darlie
Via : Darlie.co.id

Selain bisa membuat diri sendiri bahagia, kamu bisa menularkan kebahagiaan juga saat ternyum karena senyuman itu bisa menular. Daripada menularkan yang enggak-enggak, mending menularkan senyuman dan kebahagiaan, kan?

Tersenyum juga bisa mengubah penampilan kamu menjadi lebih baik di tempat umum. Nah lho, enggak perlu ragu lagi buat memamerkan senyumanmu.

Nah, biar senyuman makin maksimal pas dilihat orang lain, jangan lupa gosok gigi dulu pake Darlie Double Action Formula. Masa iya sih senyum udah cemerlang, tapi mulutnya enggak segar (dan parahnya bau!)? BIG NO!

Darlie Double Action Formula bakal bikin nafasmu dua kali lipat lebih segar sepanjang hari karena kandungan double mint formula di dalamnya.

Whoa, benar-benar #FreshStarter yang tepat buat aktivitas sehari-hari. Kalau begini kan mau senyum lebar udah enggak malu-malu lagi karena mulut terjaga kesegarannya 😉