Dunia Memang Sudah Maju, tapi 14 Hal Ini Masih Menjadi Misteri Tak Terpecahkan hingga Kini

1.309 views
via: FeedFond.com

Banyak hal-hal yang sulit diterima nalar yang terjadi di Bumi. Namun kita patut bersyukur karena adanya ilmu pengetahuan telah membantu penduduk Bumi menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait misteri tersebut. Bagaimana Bumi terbentuk hingga bagaimana kehidupan Bumi ratusan juta tahun silam serta pertanyaan-pertanyaan terkait alam semesta, semua bisa dijawab melalui sains.

Meskipun sains bisa membantu kita dalam menjawab fenomena-fenomena di luar nalar yang terjadi di Bumi, ternyata masih banyak, lho, misteri yang hingga kini belum bisa dipecahkan oleh keberadaan sains. Ya, semakin kompleks kita menggali, semakin banyak pula misteri yang muncul.

Kita Muda telah merangkum 15 hal yang hingga kini masih dipertanyakan dan diragukan oleh para ilmuwan. Apa saja?

1. Kucing akan mendengkur saat mereka bahagia, sakit, atau merasa tidak nyaman. Pertanyaannya adalah bagaimana ya prosesnya kok mereka bisa mendengkur? Apalagi saat kucing mendengkur, kita enggak akan bisa mendengar detak jantung mereka. Menurut penelitian, kucing menggunakan pita suara untuk menghasilkan suara dengkuran, tetapi hal ini masih bersifat dugaan.

via: FeedFond.com

2. Hingga saat ini, peneliti masih berupaya untuk mengungkapkan asal muasal beberapa spesies yang pernah hidup di Bumi. Ya, peneliti masih sibuk mencari asal muasal mammoth wol, kapan dan bagaimana amfibi berevolusi menjadi ikan, dan mereka juga belum tahu asal muasal mamalia dan kenapa mereka banyak bermunculan pasca punahnya dinosaurus.

via: FeedFond.com

3. Di tahun 1994, wilayah Oakville di Washington, AS, mengalami hujan yang enggak biasa. Alih-alih tetesan air, hujan yang turun tampak seperti jelly yang jatuh dari langit. Gara-gara hujan jelly ini, beberapa warga mengalami gejala mirip flu. Setelah diteliti, zat hujan tersebut ternyata mengandung dua jenis bakteri, salah satunya bakteri yang ada di saluran pencernaan manusia. Namun , penyebab munculnya fenomena tersebut masih menjadi misteri hingga saat ini.

via: FeedFond.com

BACA JUGA:


4. Pernah bertanya-tanya kenapa ruang angkasa tampak gelap atau hitam padahal ada banyak bintang? Dari manakah dan partikel apa yang membentuk materi gelap di alam semesta? Hingga kini, NASA masih terus melakukan penelitian terkait materi gelap yang ada di alam semesta tersebut.

via: FeedFond.com

5. Coba tebak, berapa jumlah planet yang ada di alam semesta? Setelah Pluto tereliminasi dari daftar planet, ilmuwan telah menemukan benda-benda angkasa lain yang berukuran lebih besar dari Pluto. Wow, jika para ilmuwan menemukan lebih dari satu planet baru, tentunya jumlah planet akan bertambah dong? Namun, hal ini masih terus menjadi misteri.

via: FeedFond.com

6. Sekitar 25—90% orang di dunia menggunakan tangan kanan saat beraktivitas. Lalu, kenapa ada orang yang kidal? Apa yang membuat mereka kidal? Dugaan sementara sih karena adanya pengaruh genetik. Namun peneliti masih belum mengidentifikasi atau mengenali gen yang menyebabkan seseorang menjadi kidal tersebut.

via: FeedFond.com

7. Apa yang terjadi pada hewan-hewan raksasa di masa lalu? Seperti yang kita ketahui selama ini, punahnya hewan berukuran raksasa di muka Bumi sekitar 10.000 tahun yang lalu adalah akibat dari perubahan iklim. Sayang, tak ada bukti nyata terkait hal ini sehingga para ilmuwan masih berusaha keras untuk mengungkap misteri tersebut.

via: FeedFond.com

8. Percaya atau enggak, hingga kini ilmuwan belum mampu menjelaskan alasan kenapa manusia bisa bermimpi. Menurut para ilmuwan, impian adalah ungkapan visual tentang apa yang ada di dalam jiwa. Masalahnya, apa yang ada dalam jiwa seseorang yang tengah bermimpi itulah yang hingga kini masih menjadi misteri.

via: FeedFond.com

9. Di tahun 2006, para ilmuwan yang tengah mempelajari bintang baru dikejutkan dengan suara yang berasal dari ruang angkasa. Suara tersebut terdengar enam kali lebih keras dari yang diperkirakan. Yang aneh adalah, gelombang suara enggak bisa berjalan melalui ruang hampa, kecuali gelombang radio dan suara dihasilkan pun layaknya suara desisan.  Anehnya, suara yang didengar para ilmuwan lebih mirip sebuah raungan. Wah, suara apakah itu gerangan?

via: FeedFond.com

10. Ternyata oh ternyata, para ilmuwan belum mengetahui kenapa setiap orang bisa memiliki golongan darah yang berbeda. Ilmuwan pun belum mengetahui kenapa golongan darah bisa bervariasi.

via: FeedFond.com

11. Hal selanjutnya yang masih menjadi misteri hingga saat ini adalah indra keenam. Bagaimana bisa dan mengapa seseorang memiliki intuisi atau perasaan tentang masa depan belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

via: FeedFond.com

12. Pernah enggak kepikiran kenapa kita menguap saat mengantuk atau bosan? Tahukah kamu, ternyata belum ada penjelasan ilmiah yang memuaskan, lho, terkait penyebab seseorang menguap saat mereka mulai mengantuk atau bosan. Aneh juga ya?

via: FeedFond.com

13. Kamu pernah mengalai déjà vu? Itu lho, saat kamu merasa pernah mengalami kejadian itu sebelumnya. Hingga saat ini, para peneliti ternyata belum bisa memberikan jawaban memuaskan terkait fenomena tersebut.

via: FeedFond.com

14. Kita semua tahu bahwa 70,8% komposisi permukaan bumi terdiri atas air. Nah, yang menjadi misteri adalah, mengapa air selalu ada di Bumi dalam bentuk cairnya. Jika matahari terlalu jauh dari Bumi untuk mencairkan es, bagaimana bisa air sudah eksis sejak empat miliar tahun yang lalu? Para ilmuwan dibuat bingung oleh kenyataan ini.

via: FeedFond.com

Whoa, tak disangka ya ternyata masih banyak sekali fenomena yang belum bisa dijelaskan bahkan oleh ilmu pengetahuan sekalipun. Kawan Muda pernah tahu fenomena lain yang hingga kini masih menjadi misteri tak terpecahkan? Jangan ragu buat menambahkannya di kolom komentar 😉

Sumber: FeedFond