Duh, miris! Kalau manusia tetap egois, 10 tempat di bumi ini bakal musnah beberapa tahun lagi…

7.291 views
via: brightside.me

Bumi yang kita tinggali ini memiliki bentangan alam luas dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, Kawan Muda. Sayang, keindahannya tidaklah abadi. Apalagi saat manusia yang notabene bertanggung jawab melindungi bumi malah keblinger dan egois. Hasilnya, kerusakan dan bencana alam terjadi dimana-mana, mengancam keselamatan penghuninya sendiri.

Meskipun beberapa orang sudah turun tangan menjadi relawan untuk menyelamatkan bumi, jumlah orang yang tidak peduli lebih banyak. Jika ini terus berlanjut, beberapa tahun lagi beberapa tempat di bumi ini bakalan hilang atau “cacat”.

Baca Juga: 16 Foto bumi dulu dan sekarang: kamu bisa melihat, bagaimana manusia “berhasil mengubah” wajah planet ini

Enggak percaya? Foto ilustrasi ini menjadi bukti bahwa bumi kita dalam kondisi sekarat. Kalau manusia tetap acuh tak acuh, bersiaplah mengucapkan selamat tinggal pada keindahan tempat-tempat ini untuk selama-lamanya…

1. Pulau Paskah, Cile. Situs Warisan Dunia UNESCO ini mengalami masa-masa kritis, apalagi jika wisatawan yang datang tidak peduli dengan keasrian dan kebersihan. Ya, wisatawan meninggalkan begitu banyak sampah yang berpotensi merusak ekologi dan patung yang sudah rapuh.

via: brightside.me

2. Gunung Kilimanjaro, Tanzania. Sudah pernah menikmati keindahan gunung ini dari dekat? Puncaknya begitu indah diselimuti salju. Namun, keindahan ini bakal hilang dalam beberapa tahun ke depan karena salju di atasnya perlahan mencair dan ini sudah terjadi sejak 100 tahun terakhir.

via: brightside.me

3. Pulau Culebra, Puerto Rico. Dulu, pulau cantik ini digunakan untuk tempat latihan US Navy. Uji coba bom sering dilakukan di sini hingga tahun 1975. Kini, banyak wisatawan yang berkunjung dan keegoisan mereka membuat ekologi di pulau ini makin tak stabil. Ya, seluruh ekosistem pulau ini akan punah kalau wisatawan tidak bijak.

via: brightside.me

4. Madagascar, Afrika. Di tahun 2015, semua hutan di Madagascar akan habis ditebangi. Kalau tidak ada tindakan pencegahan dini, coba bayangkan nasib spesies hewan  yang tinggal di sana. Mereka bisa terancam punah kan kalau habitatnya hilang?!

via: brightside.me

5. Tembok Besar Tiongkok, Tiongkok. Ribuan bahkan jutaan turis datang tiap tahunnya untuk menikmati salah satu warisan peradaban termahsyur ini. Tak sedikit tangan-tangan jahil mencuri satu atau dua batu material pembangunannya untuk dijadikan suvenir atau dijual kembali. Jika aksi ini tidak dihentikan, tembok ini bisa lenyap!

via: brightside.me

6. Bagan, Myanmar. Kota tua Bagan adalah pusat konsentrasi kuil, pagoda, dan stupa Budha terbesar di dunia yang semuanya berasal dari abad ke-11 dan 12. Untuk menjaga peninggalan bersejarah, restorasi pun aktif dilakukan sejak tahun 1995 hingga 2008. Sayang, turis-turis nakal seenaknya memanjat pagoda yang ada demi mendapatkan spot foto terbaik dan ini perlahan merusak konstruksinya.

via: brightside.me

7. Kota Nuuk, Greenland. Kamu bisa melihat banyak salju dan beruang kutub di ibu kota Greenland ini. Namun, semua akan berubah dalam beberapa tahun ke depan karena es di pesisir ibu kota ini perlahan mencair. Pemerintah juga berencana membangun tambang batu permata di wilayah ini.

via: brightside.me

8. Danau Nikaragua, Nikaragua. Tahu enggak, danau ini adalah satu-satunya tempat dimana kamu bisa menemukan hiu air tawar. Sayangnya, pemerintah setempat merencanakan pembangunan kanal Nikaragua yang akan menghubungkan Pasifik dan Atlantik. Ini berarti, sekitar 0,5 juta hektar hutan hujan dan rawa-rawa akan hilang.

via: brightside.me

9. Pulau Seychelles, Republik Seychelles. Pulau indah yang terletak di Samudera Hindia dan jadi tempat bulan madu Pangeran William ini perlahan akan tenggelam. Ya, perubahan iklim menyebabkan naiknya permukaan air laut yang menyebabkan rusaknya karang, erosi pasir, dan dalam hitungan waktu pulau ini akan lenyap.

via: brightside.me

10. Great Barrier Reef, Australia. Pemanasan global menjadi ancaman serius bagi sistem terumbu karang terbesar di dunia. Yup, jika suhu naik bahkan 1 ° C di atas normal, rumput laut perlahan akan sekarat dan karang rusak setelah terpapar sinar matahari yang kuat. Kalau mereka musnah, spesies lain yang tinggal di sekitarnya pun juga akan hilang 🙁

via: brightside.me

Aduh miris dan menyeramkan sekali jika itu benar-benar terjadi. Itu hanya ilustrasi di 10 tempat dunia saja, tidakkah Kawan Muda takut kalau negara tempatmu tinggal sekarang bakal hilang di kemudian hari?

Yuk, mulai sekarang tingkatkan kepedulian pada lingkungan. Dimulai dari hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan di mana pun kamu berada dan jaga keasrian situs wisata atau situs bersejarah, ya 🙂

Sumber: Brightside.me