Berbicara tentang drama Korea memang enggak akan pernah ada habisnya. Setiap bulan, selalu saja ada drama Korea terbaru yang membuat kita tergoda untuk menontonnya.

Padahal nih ya, drama Korea yang sebelumnya mungkin masih ongoing atau belum kelar ditonton. Eh, malah bikin cicilan drama baru, hehe. Tapi ya gimana lagi, baca sinopsis drama Korea terbaru saja sudah bisa bikin tergiur. Belum lagi kalau dibintangi oleh aktor atau aktris favorit. Jadi enggak rela kalau dianggurin begitu saja.

Dari sekian banyaknya drama korea yang sudah Kawan Muda tonton—dari yang jadul sampai drama korea terbaru—kamu tentu punya dong daftar drama korea terbarik dan terfavorit? Nah, kali ini Kawan Muda bakal membahas satu per satu drama korea terbaik sepanjang masa.

Mungkin ada sekitar 50 drama korea terbaik sepanjang masa, atau bahkan lebih. Namun Kita Muda enggak akan membahas semuanya langsung. Yup, Kita Muda bakal mengulik beberapa drama korea terbaik sepanjang masa yang benar-benar populer, yang sampai hits banget. Apa saja?

1. Descendants Of The Sun

Song Joong-ki dan Song Hye-kyo alias Song-Song Couple dalam Descendants Of The Sun | via: kapanlagi.com

Salah satu drama Korea terbaik 2016 ini memang fenomenal banget sih. Selain mengangkat topik yang unik yaitu kisah asmara antara anggota militer dan seorang dokter, drama ini dibintangi oleh sederet aktor kawakan. Setting yang diambil untuk drama korea yang satu ini juga kece banget. Descendants Of The Sun benar-benar drama korea paling ikonik deh.

Dua aktor utamanya, Song Joong-ki dan Song Hye-kyo alias Song-Song Couple bahkan terlibat cinlok hingga akhirnya menikah. Tuh kan, drama ini enggak hanya membuat penggemar drakor bahagia, dua pemainnya juga mendapatkan jodoh, hehe.

2. Full House

Drama yang mengangkat tema menikah kontrak ini memang pernah hits banget di tahun 2004 silam | via: alphagirlreviews.com

Lagi-lagi drama yang dibintangi Song Hye-kyo nih yang masuk dalam deretan drama Korea terbaik. Drama yang mengangkat tema menikah kontrak ini memang pernah hits banget di tahun 2004 silam.  Full House yang juga dibintangi oleh aktor sekaligus penyanyi kenamaan, Rain, ini memang menghibur dan fresh banget sih kisahnya.

Enggak heran kalau kemudian banyak sinetron Indonesia yang mengambil ide serupa tentang pernikahan kontrak. Selain kisahnya yang lucu, soundtrack dramanya juga easy listening. Apalagi yang liriknya  yes pi sha la la la la ye pi i so mi cho. Siapa sih yang enggak bakal berdendang kalau dengar lagu ini?

3. Boys Before Flower

Meteor Garden atau F4-nya korea ini menjadi salah satu drama Korea terpopuler di tahun 2009 | via: kapanlagi.com

Meteor Garden atau F4-nya korea ini menjadi  salah satu drama Korea terpopuler di tahun 2009. Meskipun banyak yang sudah tahu bagaimana akhir kisah cinta dua tokoh utamanya yang beda kasta, kisahnya selalu bikin penggemar drama penasaran. Apalagi drama ini dibintangi oleh Lee Min Ho.

Selain kisahnya yang lucu dan sedikit berbeda dengan Meteor Garden Taiwan atau Hana Yori Dango-nya Jepang, Boys Before Flower juga diisi dnegan soundtrack yang enak-enak. Jadi bikin pengin nyanyi terus. Kalau tiba-tiba lagu Stand By Me punya SHINee diputar, langsung deh keingat sama Goo Jun-pyo dan Geum Jan-di :”)

4. The Legend Of The Blue Sea

The Legend of The Blue Sea dibintangi dua aktor kenamaan Korea, Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun | via: viki.com

Selanjutnya ada drama korea terbaik 2016 nih, The Legend of The Blue Sea. Film yang dibintangi dua aktor kenamaan Korea, Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun ini memang punya rating yang tinggi. Kisah yang diangkat juga unik dan berbau fantasi.

Berkisah tentang seorang putri duyung yang berusaha beradaptasi dengan kehidupan manusia. Chemistry dua aktor utama yang sangat baik di film ini telah sukses mengantarkannya ke deretan drama korea terbaik dan terpopuler sepanjang masa.

5. The Heirs

Drama Korea yang bertabur bintang, mulai dari Park Shin Hye, Lee Min Ho, Kim Woo Bin, sampai Krystal f(x) | via: viu.com

Seorang gadis dari kalangan biasa saja membuat seorang putra konglomerat tergila-gila. Skenario seperti ini memang sangat umum dalam drama korea. Yang membuat The Heirs enggak biasa adalah karena dibintangi oleh sederet artis papan atas Korea.

Benar-benar bertabur bintang deh filmnya. Mulai dari Park Shin Hye, Lee Min Ho, Kim Woo Bin, sampai Krystal f(x) mengambil peran dalam drama ini. Meski kisahnya memang biasa saja, The Heirs menjadi salah satu drama Korea yang banyak dinanti-nanti dan dibicarakan di tahun 2013.

6. My Love From The Star

Chemistry kedua aktor yang memukau dalam My Love From The Star membuatnya menjadidrama korea terpopuler antara tahun 2013—2014| via: soompi.com

Bagaimana kalau kamu jatuh cinta pada alien tampan? Apakah hubungan kalian bisa bertahan? Itulah yang dialami oleh Cheon Song-yi yang diperankan oleh Jun Ji-hyun. Di sini, dia beradu akting dengan Kim Soo-hyun. Kualitas akting keduanya memang enggak perlu diragukan lagi.

Dengan ide cerita yang unik, ditambah chemistry kedua aktor yang memukau, My Love From The Star menjadi salah satu drama korea terpopuler antara tahun 2013—2014.

7. City Hunter

City Hunter, drama populer yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Park Min Young | via: themoviedb.org

City Hunter adalah salah satu drama populer yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Park Min Young. Drama bergenre action yang tayang pada tahun 2011 ini benar-benar berhasil mencuri perhatian para pecinta drama.

Bagaimana tidak, tak hanya diisi dengan aktor yang kemampuan aktingnya enggak perlu diragukan lagi, kamu bisa melihat kemampuan akting bela diri Lee Min Ho. Dan drama ini berhasil menyatukan dua aktor utamanya sebagai pasangan. Ya, meski kemudian putus, keduanya tetap diingat sebagai salah satu pasangan drama yang ikonik.

8. Dream High

Dream High dibintangi oleh sederet aktor kenamaan | via: kaskus.co.id

Drama korea terbaik yang dirilis pada tahun 2010 ini berkisah tentang enam siswa SMA yang masing-masing memiliki impian untuk menjadi terkenal di industri musik Korea. Berbicara tentang persahabatan, impian, dan cinta ala anak SMA membuat kisahnya begitu dekat dengan pecinta drama Korea yang memang rata-rata anak muda.

Dibintangi oleh sederet aktor kenamaan (yang beberapa di antaranya juga bergabung dalam girl band dan boy band), menjadikan Dream High sebagai salah satu drama wajib tonton. Drama musikal ini juga punya soundtrack yang easy listening banget dan masih enak didengarkan hingga sekarang.

9. Goblin

Goblin dinobatkan sebagai drama Korea terbaik 2016 sekaligus drama Korea terbaik sepanjang masa | via: soompi.com

Drama korea romantis terbaik yang menyelipkan unsur-unsur fantasi ini berkisah tentang seorang pejuang di masa lalu yang dikhianati oleh raja yang berkuasa kala itu. Dia pun dikutuk dewa untuk hidup abadi dengan sebilah pedang menancap di dadanya.

Selama pedang itu tertancap, dia akan hidup abadi dan menyaksikan kematian orang-orang terdekatnya. Nah, si pejuang ini harus menemukan seseorang yang ‘ditunjuk’ untuk mencabut pedang di dadanya agar hidupnya berakhir.

Film mempertemukan sutradara dan penulis skenario jempolan ini dibintangi oleh sederet aktor kawakan korea. Enggak heran sih kalau Goblin dinobatkan sebagai drama Korea terbaik 2016 sekaligus drama Korea terbaik sepanjang masa.

10. Pinocchio

Drama Korea ‘Pinocchio’ yang dibintangi oleh Park Shin-hye dan Lee Jong-suk | via: soompi.com

Selanjutnya ada drama Korea ‘Pinocchio’ yang dibintangi oleh Park Shin-hye dan Lee Jong-suk. Drama kroea romantis terbaik tahun 2014 ini berkisah tentang seorang gadis yang punya karakter unik mirip Pinnochio.

Yup, dia akan cegukan setiap kali berbohong atau berpura-pura akan sesuatu. Pinocchio memiliki kisah yang unik, sehingga asyik buat ditonton. Selain itu, banyak momen lucu yang membuat penonton enggak bisa berhenti tersenyum.

11. Jewel in the Palace

Jewel in the Palace diadaptasi dari kisah nyata seorang tabib perempuan pertama masa Dinasti Joseon | via: soompi.com

Drama bertema sejarah ini diadaptasi dari kisah nyata seorang tabib perempuan pertama yang diakui oleh kerajaan pada masa Dinasti Joseon, Jang-geum. Jang-geum yang diperankan oleh aktris kawakan Lee Yong-ae adalah gadis yang lahir dari keluarga kelas bawah.

Dia kemudian mengabdikan diri di kerajaan sebagai koki istana. Karena berbagai intrik, Jang-geum sempat diasingkan dan kemudian mengawali karirnya sebagai tabib. Karena keahlian medisnya, Jang-geum menerima hak istimewa dari istana dan mendapat gemar ‘Dae’ yang berarti ‘hebat’. Whoa, ini salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa, sih. Sampai sekarang saja masih keingat-ingat lagunya :”)

12. Heartstrings

Drama Korea Heartsrings memiliki soundtrack yang easy listening banget| via: open.spotify.com

Drama Korea romantis terbaik yang dibintangi Park Shin-hye dan Jung Yong-hwa ini mengangkat kisah seputar kehidupan mahasiswa yang berkuliah di jurusan seni.

Meski kelihatannya banyak musik di dalamnya, drama ini bukanlah drama musikal. Namun soundtrack-nya memang easy listening banget, sih. Ceritanya juga lucu gitu, meski memang alur ceritanya agak kaku pada scene-scene tertentu.

13. Good Doctor

Drama Korea ber-genre medis ini mengangkat kisah dokter beda anak yang memiliki gangguan autisme | via: daebakdrama.com

Drama Korea ber-genre medis yang tayang pada tahun 2013 ini berkisah tentang dokter bedah anak Park Shi-on (Joo Woon) yang memiliki gangguan autisme sehingga membuatnya memiliki mentalitas layaknya anak 10 tahun.

Meski begitu, keahliannya sebagi dokter enggak bisa diremehkan. Dengan bimbingan dari Profesor Kim Do-han (Joo Sang Wook), Shi-on berusaha mengejar mimpinya dan menghapus stereotip masyarakat tentang penderita autisme.

14. Playful Kiss

Playfull Kiss adalah salah satu drama Korea terlaris dan terbaik 2010 | via: heart-n-seoul.com

Playfull Kiss adalah salah satu drama Korea terlaris dan terbaik yang dirilis pada 21 Oktober 2010. Drama ini diadaptasi dari komik Jepang berjudul Itazura Na Kiss.

Drama yang mempertemukan Kim Hyun-joong dan Jung So-min ini berkisah tentang gadis baik hati tapi berada di peringkat terakhir di sekolah bernama Oh Ha-ni (Jung So-min), yang jatuh cinta pada Baek Seung-jo (Kim Hyun-joong) yang notabene adalah siswa unggulan di sekolah. Sayang, Baek Seung-jo menolak Oh Ha-ni dengan alasan dia tidak suka cewek yang. Karena sebuah tragedi, Ha-ni dan Seung-jo akhirnya tinggal bersama dalam satu atap.

15. Secret Garden

Drama Korea komedi romantis Secret Garden dibintangi Ha Ji-won dan Hyun-bin | via: saintlyslair.blogspot.com

Drama Korea komedi romantis yang dibintangi Ha Ji-won dan Hyun-bin ini berkisah tentang CEO arogan yang jatuh cinta pada gadis yang dikira adalah orang lain. Setelah CEO itu tahu kebenarannya, ketegangan di antara keduanya pun terjadi.

Namun sayang, dia terlanjur jatuh cinta pada gadis itu dan tak bisa berhenti memikirkannya. Hingga akhirnya pada suatu hari rangkaian peristiwa aneh terjadi dan mereka bertukar tubuh! Secret Garden termasuk film lama, sih, tapi enggak bosan saja buat nonton ulang karena ceritanya lucu banget :”)

16. Coffee Prince

Yoon Eun-hye dan Gong-yoo beradu akting dalam drama Coffee Prince | via: soompi.com

Drama Korea komedi romantis yang mengambil tema tentang kedai kopi ini berkisah tentang gadis bernama Go Eun-chan (Yoon Eun-hye) yang bekerja banting tulang untuk melunasi utangnya. Bahkan dia rela ‘menyamar’ sebagai lelaki agar bisa bekerja di kedai kopi milik Choi Han-kyul (Gong-yoo).

Dengan cerita yang menarik dan chemistry para pemain yang enggak perlu diragukan lagi membuat drama ini layak dinobatkan sebagai salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa. Tingkah lucu para pemain di setiap episode juga membuat kita enggak berhenti tertawa. Galaunya, sih, tetap ada, tapi enggak mellow yellow banget, kok.

17. Rooftop Prince

Drama Korea Rooftop Prince mengangkat kisah cinta tragis yang diselipi humor | via: youtube.com

Drama Korea Rooftop Prince sebenarnya mengangkat kisah cinta yang tragis, tapi banyak banget adegan lucu di episode-episode awal yang dijamin bikin kamu ngakak sampai mengeluarkan air mata, hehe.

Rooftop Prince berkisah tentang seorang pangeran dari Dinasti Joseon, Yi-gak (Park Yoo-chun) yang secara misterius terdampar di abad-21. Di tengah kebingungannya melihat modernitas di Seoul, dia bertemu dengan perempuan yang mirip dengan istrinya. Buat yang penasaran gimana perjalanan Yi-gak dan ekspresi lucunya saat melihat kumpulan mobil di jalan raya, langsung deh ditonton dramanya.

18. The Moon that Embraces the Sun

The Moon that Embraces the Sun dinobatkan sebagai drama Korea terbaik 2012 | via: koreandrama.org

The Moon that Embraces the Sun dinobatkan sebagai drama Korea terbaik 2012 versi MBC Drama Awards dan Baeksang Arts Awards. Enggak heran, sih, karena drama ini memang bagus banget dan dibintangi sejumlah aktor kawakan, seperti Kim Soo-hyun, Han Ga-in, dan Jung Il-woo.

Drama bertema sejarah ini menceritakan tentang perebutan kekuasaan antara sang raja dan ibu suri. Di tengah ketegangan tersebut, diselipkan kisah cinta antara Putra Mahkota Hwon (Kim Soo-hyun) dan seorang shaman bernama Wol (Han Ga-in).

19. Cheese In the Trap

Cheese In the Trap diadaptasi dari webtoon terkenal | via: dramafever.com

Drama yang diadaptasi dari webtoon terkenal yang juga berjudul sama ini menceritakan tentang hubungan antara cewek kuliahan canggung dan senior cowok yang misterius tapi pintar.

Drama korea terbaik 2016 yang dibintangi  Park Hae-jin, Kim Go-eun, Seo Kang-jeon ini benar-benar menggambarkan susah-senang kehidupan perkuliahan. Ngena banget, deh, pokoknya!

20. Signal

Signal berkisah tentang detektif dari masa lalu dan masa depan yang bekerja sama memberantas kriminal | via: soompi.com

Meski drama ini enggak dibintangi oppa-oppa ganteng yang sering dibicarakan, jangan anggap remeh jalan ceritanya. Signal berkisah tentang   detektif dari masa lalu dan masa depan yang bekerja sama memberantas kriminal. Tegang dan alurnya enggak ketebak banget, dijamin ketagihan, deh, buat melahap semua episodenya.

Itulah sederet drama korea terbaik sepanjang masa versi Kita Muda. Hayoloh, sudah ditonton semua belum? Kalau belum, buruan deh masukin list kamu karena drama korea terbaik di atas sayang banget kalau dilewatkan. Apalagi dibintangi sama aktor kenamaan semua. Dijamin ketagihan deh nontonnya!