Daripada main ke mal, 10 museum di Jakarta ini bisa jadi tempat nongkrong baru buat kamu!

3.530 views
Museum Fatahillah
Foto : Wikipedia.org

Setiap kali kita ke suatu tempat baru, kita pasti ingin mengunjungi tempat wisatanya. Pantai, gunung, wisata kuliner, ah sudah biasa. Di Ibukota ternyata ada 10 museum yang tidak bisa kamu lewatkan, lho! Museum – museum ini selain menambah pengetahuan, juga membuatmu mendapatkan pengalaman dan refreshing yang tidak kalah asyiknya dengan mengunjungi pantai atau gunung. Piknik Yuk, masukkan 10 museum ini kedalam bucket list perjalanan kamu!

1. Galeri Nasional Indonesia

via: galeri-nasional.or.id

Kalau kamu tertarik dengan lukisan – lukisan, baik kontemporer maupun tradisional, kamu bisa ke Museum Galeri Nasional Indonesia. Uniknya di museum ini kamu bisa lihat lukisan berdasarkan periode waktunya, dan sekalian belajar sejarah lukisannya. Hebatnya lagi, disini sering diadakan pameran dan pertunjukan seni yang tidak kalah menariknya, and the best part: tidak dipungut biaya alias gratis.


BACA JUGA : 9 penginapan terapung di Indonesia yang indahnya kebangetan! Nginap di sini yuk!


2. Museum Bank Indonesia

via: wisatanesia.co

Museum ini memang salah satu yang terbaik di Indonesia. Hasil survey yang diadakan oleh CNN mengatakan bahwa museum ini termasuk dalam jajaran top 10 museum pilihan wisatawan di Indonesia. Yah, siapa yang tidak tersihir dengan keindahan bangunan indah bergaya kolonial dengan berbagai sejarah keuangan Indonesia? Buat kamu yang punya adik kecil, museum ini menyediakan alat peraga yang bisa dioperasikan sendiri. Adik kecilmu dan kamu bisa belajar bareng, deh!

3. Museum di Tengah Kebun

via: kompas.com

Museum teduh yang terkenal dengan julukan “lorong waktu” ini terletak di jantung Kota Jakarta, yaitu Kemang. Kalian bisa menemukan berbagai barang antik disini, mulai dari berbagai fossil pohon, topeng, peti kayu, lemari, dan lainnya. Barang – barang ini berasal dari Indonesia dan sudah ada sejak jaman 248 tahun juta tahun sebelum masehi, lho! Untuk bisa mengunjungi museum ini, jangan lupa kontak penjaga museumnya jauh – jauh hari sebelum kunjungan, dan jangan lupa bawa rombongan sebanyak 7 – 12 orang.

4. Museum Fatahillah

via: eventseeker.com

Yupsie, museum yang terletak di daerah kota tua Jakarta ini ternyata menyimpan banyak pelajaran sejarah mendalam, lho! Di museum ini kamu bisa lihat sisa – sisa bekas penjajahan Belanda di masa lampau, misalnya penjara bawah tanah, ruang kantor, atau istana yang dibentuk seperti di negara Belanda. Ssst, jangan lupa mencoba naik sepeda onthel dan berfoto dengan noni – noni Belanda yang ada didepan museum, ya!


BACA JUGA : Liburan ke Bandung? Menginap saja di 10 hotel murah meriah ini (cuma 300 ribuan per malam!)


5. Museum Gajah

via: cdc.sindonews.net

Disebut juga Museum Nasional, dan merupakan museum terbesar se Asia Tenggara. Musuem ini termasuk salah satu museum tertua di Jakarta lho, yang sudah berdiri sejak tahun 1778. Kalian bisa menemukan beragam pengetahuan disini, mulai dari sejarah Indonesia hingga buku – buku tua pemberian dari J.C.M Radermarcher. Untuk kalian penyuka barang antik, banyak sekali barang antik seperti prasasti, arca, dan barang – barang gabah kerajinan yang bisa kamu pelajari dan amati dengan seksama.

6. Museum Harry Dharsono

via: jakarta-tourism.go.id

Untuk kalian penyuka fashion, Museum Harry Dharsono adalah museum yang tepat untukmu! Museum ini menampilan hasil karya dari sang desainer, seperti tiara, tea set, gaun – gaun, topi, dan hasil karya unik lainnya. Ada peraturan unik yang harus dipatuhi oleh seiap pengunjung, yaitu mengganti sepatu dengan sandal, karena suara sepatu menganggu Harry yang terkena gangguan ADHD. Oh iya, jangan lupa ontime! Karena pintu museum akan ditutup tepat pukul 09.15.

7. Museum Art One Mondecor

via: mondecor.com

Museum yang pada tahun 2012 berhasil menyabet penghargaan Museum Terbaik Kategori Saran dan Fasilitas Pengunjung ini merupakan salah satu museum dengan interior terbaik di Jakarta. Museum ini memamerkan karya seni lukisan dari pelukis ternama Indonesia, seperti Affandi dan Sunaryo. Selain itu, museum ini selalu mengganti tema lukisannya setiap 3 bulan sekali. Buat kamu yang penggemar lukisan, sering – sering mengunjungi tempat ini, ya, siapatau pelukis favoritmu sedang dipamerkan lukisannya.


BACA JUGA : 5 akun instagram yang bikin kamu pingin traveling keliling Indonesia


8. Museum Wayang

via: travelerien.com

Di museum ini, kalian akan menjumpai berbagai boneka – boneka dan wayang serta topeng dari berbagai dunia. Misalnya boneka Punch dan Jody dari Inggris pada tahun 1971, koleksi boneka Guignol dari Prancis, serta koleksi boneka India. Total koleksi yang ada di museum ini berjumlah 4000 buah. Kalian juga bisa melihat makam Jan Pieterszoon Coen, penakluk Batavia pada tahun 1619 yang ditandai dengan prasasti besar. Selain itu juga ada makam – makan beberapa orang Belanda lain seperti Cornelis Ceser, dan Maria Lievens yang semuanya juga ditandai dengan prasasti besar.

9. Museum Kathedral

via: usemayjourney.files.wordpress.com

Siapa bilang Kathedral hanya nama gereja saja? Tahu tidak, kalau Gereja Kathedral juga memiliki museum? Disini selain kamu bisa mengamati interiornya yang unik dan sangat abad pertengahan, kamu juga bisa melihat koleksi lain seperti tongkat gembala Paus Paulus VI, buku baptis tahun 1811, dan lainnya yang total ada sekitar 400 koleksi.

10. Museum Seni Rupa dan Keramik

via: museumjakarta.com

Satu lagi museum di Jakarta yang memiliki keindahan interior yang luar biasa. Yupsie, Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan museum yang memamerkan keindahan hasil karya para seniman Indonesia. Tidak hanya lukisan saja, disini kamu bakal menemukan berbagai jenis koleksi keramik yang bisa kamu amati sendiri lho, Kawan Muda!

Mempelajari sejarah Indonesia merupakan suatu hal yang saat ini jarang dilakukan oleh anak muda Indonesia. Kalau kamu ke Jakarta, jangan hanya melihat dari segi metropolitannya saja, tetapi juga harus melihat dari sgei historisnya. Yuk, jadi anak muda yang kontemporer namun tetap berpegang teguh pada nasionalisme Indonesia! 🙂