Manusia membutuhkan waktu setidaknya 6—8 jam per hari untuk tidur berkualitas. Semakin berkurang waktu tidur, akan berdampak buruk pada fisik dan mental seseorang. Bagaimana dengan hewan, apakah mereka memerlukan tidur? Tentu saja ya, semua makhluk hidup di dunia perlu tidur—bahkan kupu-kupu saja tidur lho!

Yup, tidur adalah cara yang digunakan hewan agar lebih efisien. Bedanya, hewan-hewan tidur dengan durasi yang bervariasi dan cara tidur yang berbeda. Yup, ada hewan-hewan tertentu yang tidur, tapi dalam keadaan enggak tidur.

Jika kita menganggap tidur itu selalu memejamkan mata, merebahkan diri, atau enggak bergerak, beberapa hewan bisa tidur sambil berdiri atau sambil berjalan. Unik bukan?

Nah, kali ini Kita Muda telah merangkum nih beberapa hewan dengan cara tidur unik dan waktu tidur yang singkat. Siapa sajakah mereka?

1. Lumba-lumba

via: reference.com

Menurut National Sleep Foundation, lumba-lumba (serta mamalia air lainnya, ikan, dan beberapa spesies burung) tidur dengan metode yang dinamakan “unihemispheric slow-wave sleep”. Maksudnya, mereka tertidur dengan kondisi setengah sadar dan tetap aktif bergerak.

Lumba-lumba hanya menggunakan setengah otaknya untuk tidur (secara bergantian antara otak kanan dan otak kiri selama empat jam). Dengan cara ini, lumba-lumba tetap bisa bernapas dan bergerak dengan lancar serta bisa menghindar dengan cepat jika mereka merasa terancam.

2. Jerapah

via: sciencing.com

Dengan lehernya yang panjang, pernah kepikiran enggak jerapah tidurnya bagaimana ya? Rebahan kayak kucing atau bagaimana ya? Ini memang menjadi sebuah misteri dulu dan bahkan hingga tahun 1950-an, banyak yang percaya kalau jerapah itu enggak tidur!

Namun kenyataannya, mereka tidur kok. Jerapah memang enggak merebahkan badannya saat tidur (atau menyandarkan lehernya yang panjang).  Mereka tidur dalam keadaan berdiri. Itulah yang membuat banyak orang mengira kalau jerapah enggak pernah tidur. Padahal, selama 30 menit setiap harinya, mereka akan menutup mata.


BACA JUGA:


3. Gajah

via: wareable.com

Ah, gajah sih badannya besar, pasti suka molor. Eits…eits, jangan salah. Menurut BBC, waktu tidur gajah terbilang lebih sedikit lho dari mamalia darat lainnya. Menurut penelitian nih, gajah hanya tidur selama dua jam saja per hari dan gajah juga enggak setiap hari tidurnya.

Pada beberapa kasus, gajah yang tinggal di alam liar misalnya, mereka hanya butuh waktu sedikit untuk tidur dan bahkan mereka baru bisa tidur setelah 3 atau 4 hari. Nah, tanda-tanda si gajah tidur adalah belalainya enggak bergerak sama sekali.

4. Domba

via: ifa.le

Kita semua tahu bahwa menghitung domba katanya bisa mengatasi insomnia. Namun tahukah kamu kalau domba enggak benar-benar memiliki waktu tidur?

Menurut National Skeep Foundation, domba memiliki waktu tidur kurang dari empat jam per hari dan mereka juga tidur dengan kawanannya. Hemm, sadar enggak sih meski waktu tidurnya sedikit tapi domba-domba ini selalu bersemangat? Benar-benar hewan super :”)

5. Rusa

via: foxnews.com

Sama halnya dengan jerapah dan domba, rusa juga tidur “ringan” dengan posisi berdiri. Cara tidur seperti ini memudahkan mereka untuk lari dari kawanan predator.

Nah, yang dimaksud tidur ringan adalah para rusa ini enggak tidur dalam jangka waktu yang lama. Mereka tidur dalam waktu yang singkat (5—10 menit) tapi bisa dilakukan kapan pun.

6. Kuda

via: cnn.com

Kuda ternyata juga tidur dalam posisi berdiri. Mereka memiliki waktu tidur selama 8 jam per harinya. Jika kamu bertanya-tanya kenapa mereka enggak terjatuh saat tidur, tulang kaki kuda memiliki kemampuan untuk mengunci. Itulah sebabnya, kuda bisa tidur dengan nyenyak tanpa kehilangan keseimbangan.

Itulah sederet hewan yang memiliki cara dan waktu tidur yang cukup unik. Pernah tahu hewan lain yang memiliki cara tidur unik atau bahkan enggak tidur sama sekali? Jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar ya  😉

Sumber: Elite Daily