Dari Jenglot hingga Pocong, Inilah Asal-Usul 9 Hantu Indonesia yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri. Punya Nyali?

3.896 views
via: islamidia.com

Senin (19/3/2018) lalu, masyarakat dihebohkan dengan penangkapan Tukiyono Ardianto, penipu yang memperdaya korbannya menggunakan ‘jenglot’. Mengaku-ngaku sebagai dukun, Tukiyono meyakinkan bahwa uang korban bisa dilipatgandakan dengan bantuan kekuatan gaib dari jenglot.

Entah benar atau tidak bahwa jenglot bisa melipatgandakan uang, jenglot bukanlah sesuatu yang asing bagi orang Indonesia. Meskipun sering ditemukan, keberadaan jenglot yang kerap muncul tiba-tiba masih sering dipertanyakan. Kenapa sih bisa ada jenglot?

Hal ini juga berlaku pada hantu-hantu lain yang memang diklaim asli Indonesia seperti wewe gombel, kuntilanak, suster ngesot, dan lain sebagainya. Pernah enggak bertanya-tanya, kenapa mereka bisa jadi hantu. Maksudnya begini, bagaimana asal-usul hantu yang kerap menampakkan wujud seramnya tersebut?

Buat Kawan Muda yang penasaran, Kita Muda bakal membahas satu per satu asal-usul hantu khas Indonesia. Jangan scroll ke bawah kalau enggak ada nyali!

1. Kita awali dengan Jenglot. Makhluk berbentuk seperti boneka, dengan kuku dan rambut panjang serta gigi bertaring ini konon dulunya adalah para petapa yang mengharapkan kehidupan kekal. Ya, mereka menghisap darah hingga memiliki ilmu batara karang yang membuat tubuh mereka mengecil. Meski tampak seperti boneka, banyak yang percaya bahwa jenglot ini hidup, lho!

via: merdeka.com

2. Selanjutnya adalah wewe gombel. Hemm, ini adalah hantu yang paling ditakuti anak-anak. Sosoknya digambarkan sebagai nenek berambut panjang dengan payudara yang panjang pula. Wewe gombel ternyata berasal dari tradisi Jawa Kuno. Orangtua zaman dulu menakut-nakuti anak mereka dengan hantu ini agar mereka enggak keluar rumah menjelang malam.

via: core3.oomph.co.id

3. Kalau yang satu ini bikin siapa pun takut ke rumah sakit malam-malam. Yup, Suster Ngesot! Konon, Suster Ngesot dulunya adalah seorang suster yang bekerja di salah satu rumah sakit pemerintah di Kota Jakarta. Dia ditemukan meninggal enggak wajar, kakinya dimutilasi dan tubuhnya dikubur di ruang laboratorium. Banyak yang bilang dia diperkosa oleh seorang dokter sebelum dibunuh.

via: Tribunnews.com

4. Masih tentang hantu perempuan, kamu pasti enggak asing lagi dengan kuntilanak. Hampir mirip dengan wewe gombel, kuntilanak juga suka sama anak-anak. Dia suka mengambil anak-anak dan menggoda ibu-ibu yang baru melahirkan. Ternyata ini ada kaitannya dengan masa lalu Mba Kunti. Yup, dia meninggal saat melahirkan dan arwahnya gentayangan karena dia kangen sama anaknya. Sebenarnya kasihan ya, tapi penampakannya seram :”(

via: radarcirebon.com

5. Pocong gentayangan minta dibukakan talinya adalah salah satu hantu populer dan sering ‘menampakkan’ wujudnya. Sebenarnya banyak versi sih tentang asal-usul hantu yang suka nongkrong di pohon pisang ini. Namun yang paling terkenal ya mereka gentayangan karena lupa dibuka tali pocongnya saat hendak dikubur.

via: Hantupedia.com

6. Tuyul adalah hantu yang paling merepotkan karena dia tak hanya bikin kita takut, tapi bikin rugi juga. Dalam kepercayaan orang Jawa, tuyul dipelihara manusia untuk melancarkan pesugian. Konon, tuyul ini adalah bangsa jin yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Ada juga yang percaya kalau tuyul adalah arwah bayi keguguran.

via: pesugihan.net

7. Kemudian ada sundel bolong. Hantu perempuan berpakaian putih, berambut panjang, dan punggungnya bolong penuh belatung. Tahu enggak sih, hantu ini ternyata bukan asli Indonesia, lho! Yup, kisah tentang hantu sundel bolong ternyata didapat masyarakat Indonesia dari orang Malaysia yang jadi imigran di Indonesia.

via: Apasih.com

8. Genderuwo yang memiliki tubuh tinggi besar dan kerap datang sore menjelang petang ini berasal dari legenda kuno Persia. Genderuwo atau ‘Gandharwa’ adalah siluman air yang suka menyedot hal-hal baik. Banyak yang percaya bahwa hantu genderuwo berjenis kelamin laki-laki karena mereka suka pada perempuan.

via: yukepo.com

9. Pernah dengar hantu bernama kuyang? Hantu ini sebenarnya adalah manusia yang menjelma menjadi mahkluk penghisap darah, ya semacam vampir khas Indonesia. Bedanya sama vampir ala Barat, kuyang hanya menghisap darah perempuan yang baru melahirkan atau meminum darah bayi yang ada di kandungan. Konon, kuyang diwariskan dari nenek moyang atau bawaan sejak lahir.

via: pepo.id

Nah, itulah asal-usul hantu Indonesia yang bikin banyak orang merinding disko. Sebenarnya sih banyak banget versinya, tapi kisah di atas adalah yang paling banyak dibicarakan. Kalau Kawan Muda punya pendapat lain tentang asal-usul mereka, jangan ragu buat share di kolom komentar, ya 😉

Sumber: IDN Times