Bentuk Unik Hewan Laut Ini Seperti Karakter Fantasi yang Dapat Menginspirasi Lahirnya Cerita Baru!

2.110 views

Dunia bawah laut merupakan bagian lain kehidupan yang menarik untuk diteliti. Berbagai macam makhluk yang tidak kita ketahui ada di sebelumnya, ternyata benar-benar hidup dibawah laut. Biasanya yang menarik untuk diteliti adalah dunia laut yang sudah mencapai kedalaman 1000 – 5000 m, atau setara dengan kedalaman palung. Kenapa begitu? Karena ternyata banyak hewan-hewan laut berbentuk unik yang tidak pernah kita temukan sebelumnya, ada di bagian ini!

Nah macam-macam bentuk hewan ini, saking uniknya kalian malah mengira kalau hewan ini seakan lahir dari buku fantasi kalian, lho. Malah karena keunikannya ini, beberapa bentuk hewan ini dijadikan inspirasi oleh pembuat film sebagai karakter baru. Penasaran kan bentuknya apa aja? Yuk, kita lihat:

1. Anglerfish

via: artstation.com

Habitat dari Anglerfish berada dalam kedalaman 1500 m dibawah laut. Setidaknya ada 12 jenis dari ikan ini, dan berukuran 27 hingga 101 cm. Namun sayangnya karena dia adalah seorang karnivora jadi kalau kalian tidak sengaja bertemu ikan ini pada saat asik menyelam, sebaiknya dihindari saja ya!

 

2. Elephant Shark

via: lynxgenomics.com

Elephant Shark merupakan salah satu hiu yang paling lambat proses evolusinya di dunia. Selama lebih dari 400 juta tahun, DNA dari hiu ini tidak berubah sedikit pun! Elephant Shark hidup di kedalaman 1800 m, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 152 cm.

3. Vampire Squid

via: sci-news.com

Cumi-cumi ini memiliki nama yang unik bukan tanpa alasan. Bukan karena bentuk tubuh atau kesenangannya meminum darah, tapi karena proses regenerasinya. Kalau lengannya digigit, maka cumi-cumi ini dapat dengan mudah untuk meregenerasi lengannya, lho! Mirip vampir, kan?

4. Frilled Shark

via: science-rumors.com

Salah satu jenis hiu lain yang memiliki bentuk tubuh unik. Frilled shark bisa kalian temukan di kedalaman 1500 m, dengan panjang tubuh mencapai 182 cm! Karena bentuk kepalanya yang unik, kalian bisa menemukan hiu ini dengan mudah tanpa perlu bersusah payah.

5. Gulper Eel

via: science-rumors.com

Sama seperti belut lainnya, jenis Gulper ini juga hampir tidak memiliki tulang serta ukuran tubuhnya pun kecil. Tapi jangan salah, belut ini kecil-kecil cabe rawit lho! Gulper eel dapat memakan sasaran yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar dari dia, jadi hati-hati kalau bertemu belut ini. Gulper eel hidup di kedalaman 3000 m, dan sulit ditemukan karena ukuran tubuhnya yang kecil.

6. Stargazer Fish

via: nydailynews.com

Namanya indah ya? Padahal aslinya nggak ada indah-indahnya, lho! Salah satu ikan predator di dalam laut, dia menggunakan kemampuan camouflage nya untuk menyerang sasarannya. Awas tertipu kalau kalian sedang menyelam di laut.

7. Giant Isopod

via: twistedshifters.wordpress.com

Isopod atau disebut juga sebagai kutu laut, merupakan hewan karnivora yang tinggal di kedalaman 2133 m dibawah laut. Tapi tenang saja Kawan Muda, kutu laut ini mengincar daging paus mati serta ikan-ikan lain.

8. Spothead Lanternfish

via: fineartamerica.com

Ikan ini hidup di kedalaman 792 m di Samudra Atlantik Timur. Tidak sulit untuk menemukan ikan ini, kalau kamu tiba-tiba pergi ke samudra atlantik dan sedang memancing atau menyelam, bisa jadi kalian akan menemukan ikan ini.

9. Big Red Jellyfish

via: toptenz.com

Ditemukan tahun 2003, ubur-ubur ini memiliki warna merah menyala dan hidup di dasar laut kedalaman 1493 m. Ubur-ubur ini memiliki diameter hingga 76 cm, jadi bisa kalian bayangkan kan besarnya seperti apa?

10. Giant Octopus

via: octopusworlds.com

Gurita raksasa ini tumbuh hingga mencapai 1310 cm dengan berat mencapai 74  kg! Besar banget, kan? Gurita raksasa ini berada di kedalaman laut 2011 dan pertama kali ditemukan pada tahun 2006.

Nah ternyata banyak juga ya hewan-hewan ajaib yang hidup dibawah laut. Keunikan bentuk ini pasti membawa inspirasi tersendiri dalam membuat suatu cerita atau karakter. Bentuk hewan mana nih yang paling keren bentuknya menurut kalian? Yuk, share di kolom komentar, ya!

sumber: brightside