Benarkah Sinyal Ponsel Bikin Pesawat Jatuh dan Pom Bensin Meledak? Ini Dia Penjelasan Logisnya…

3.342 views
via: express.co.uk

Kenapa sih kita diimbau untuk mematikan smartphone di pesawat dan pom besin? Apakah benar penggunaan smartphone di pesawat bisa menganggu penerbangan? Dan benarkah smartphone bisa menyebabkan ledakan jika digunakan saat mengisi bensin?

Meskipun tak sedikit juga yang percaya dan mengikuti peraturan tersebut, lama-kelamaan mereka dibuat penasaran. Kawan Muda pastinya ikutan penasaran, kan?

via: curiousmindbox.com

Kamu mungkin sejak lama bertanya-tanya, apa sih alasan logis di balik peraturan tersebut dan apakah sudah ada bukti nyata jika melanggarnya nanti kita akan terkena “musibah” seperti itu?

Kita Muda telah mendapatkan jawaban atas pertanyaan dan kebingungan Kawan Muda di atas. Dilansir dari Kompas.comyuk langsung saja kita simak kebenaran di balik aturan larangan penggunaan smartphone di pesawat dan pom bensin.

Kamu tak harus mematikan smartphone, cukup pindahkan ke “flight mode” atau mode terbang. Kecuali jika pramugari memintamu untuk mematikan ponselmu (switch off your phone).

via: Indiatimes.com

Yang kita ketahui selama ini adalah penggunaan ponsel di pesawat bisa menyebabkan kecelakaan pesawat. Memang, sinyal smartphone bisa mengganggu sistem navigasi pesawat.

Pancaran gelombangnya menimbulkan bunyi yang mengganggu komunikasi pilot melalui headphone dengan ground control yang mengatur lalu lintas udara.

Pilot juga bisa mendengar bunyi buzzing “bzzzzt…bzzzt…bzzzzt” di dalam headphone-nya dan ini mengganggu komunikasi pilot dengan petugas air traffic control.

via: bbc.com

Untuk risiko kecelakaan akibat gadget sih relatif kecil. Namun, banyak industri penerbangan yang engak mau mengambil risiko sekecil apa pun, sehingga melarang penggunaan gadget di pesawat.

Larangan tersebut enggak berarti kamu harus mematikan total gadget-mu. Mengubahnya ke flight mode sudah cukup aman, kok, menurut Federal Aviation Authority (FAA).

Saat ini, beberapa maskapai penerbangan, misalnya Emirates dan Swiss, telah memasang stasiun pemancar sendiri dalam pesawat sehingga penumpang bisa mengunakan gadget dengan bebas, bahkan bisa telepon-teleponan, lho!

Lantas, bagaimana dengan penggunaan gadget di pom bensin, yang katanya bisa memicu ledakan?

via: Fox2detroit.com

Ternyata oh ternyata, larangan tersebut adalah mitos, Kawan Muda. Mitos tersebut telah beredar setidaknya selama 15 tahun gara-gara sebuah email palsu.

Asosiasi Industri Telekomunikasi Seluler (Cellular Telecommunication Industry Association, CTIA) menyatakan, enggak ada bukti apa pun bahwa ponsel menjadi penyebab percikan api atau ledakan di pom bensin mana pun di dunia.

via: cartoq.com

Penyebab kebakaran atau ledakan di pom bensin adalah pelepasan listrik statis. Karena itulah ada larangan untuk mematikan mesin, enggak boleh merokok, atau berada di dalam kendaraan saat mengisi bensin.

Namun, untuk alasan keamanan, beberapa pom bensin masih memasang tanda  “ponsel dilarang digunakan ketika mengisi bensin”.