Bangga produk Indonesia! 7 brand fashion asli Indonesia ini sudah diakui dunia internasional, lho!

6.734 views
men republic
Foto : shop.aizzan.web.id

Masyarakat Indonesia sepertinya banyak yang masih pesimis dengan produk buatan negeri sendiri. Padahal, kualitas produk lokal enggak kalah dengan produk asing dan bahkan kualitasnya sudah diakui lho oleh dunia internasional.

Enggak hanya produk makanan dan minuman, sekarang ini banyak pengrajin dan desainer aksesoris maupun busana yang produknya bisa menembus pasar internasional. Bahkan produk mereka digunakan oleh selebriti Hollywood seperti Paris Hilton, Blake Lively hingga J Lo!


BACA JUGA :


Hemm….keren banget kan?! Wah, brand fashion lokal apa saja sih yang kualitasnya diakui dunia internasional? Penasaran?! Yuk, langsung saja disimak daftarnya.

1. Bagteria

via: life.viva.co.id

Brand dengan nama unik ini ternyata dikagumi selebriti dunia seperti Paris Hilton dan Blake Lively, lho! Mereka sering tertangkap kamera sedang menenteng koleksi tas Bagteria. Nah, orang yang berada di balik kesuksesan Bagteria adalah desainer Nancy Go. Berawal dari hobi menjahit dan merajut, Nancy dan sang suami akhirnya mendirikan rumah aksesori Bagteria.

2. Sissae Qipao

via: sissae.com

Sissae Qipao adalah brand fashion asli Indonesia yang mengkhususkan rancangannya pada qipao atau baju tradisional Tiongkok; di Indonesia kita mengenalnya dengan nama cheongsam. Inwi Willy adalah desainer yang berada di balik kesuksesan brand ini. Dia mengajak dua saudaranya mengembangkan brand khusus pakaian tradisional tersebut. Siapa sangka, desain yang unik dan modern membuat rancangannya tak hanya digemari selebriti lokal seperti Andien dan Atiqah Hasiholan, tetapi juga penyanyi papan atas sekelas J Lo!

3. Cotton Ink

via: fimela.com

Berawal dari jualan t-shirt bergambar Obama, Carline Darjanto dan Ria Sarwono melebarkan sayap dengan mengeluarkan pakaian ready to wear di bawah bendera Cotton Ink. Tak hanya digandrungi oleh konsumen lokal, Cotton Ink. telah memperoleh konsumen dari luar Indonesia seperti Singapura, Malaysia, Australia serta Eropa.

4. Men’s Republic 

via: shop.aizzan.web.id

Merk fashion khusus cowok yang didirikan Yasa Singgih ini telah berdiri sejak tahun 2014. Brand fashion ini menawarkan produk fashion cowok yang “Simple, Excellent, & Gentlemen” dengan harga yang terjangkau. Saat ini selain ke konsumen dalam negeri, produk Men’s Republic juga sudah menjangkau pasar di Taiwan, Hong Kong, Jeddah, dan Makau.

5. Matoa

via: matoa-indonesia.com

Brand fashion selanjutnya ini unik banget! Bagaimana enggak, dia menjual jam tangan dengan konsep eco watch yang terbuat dari bahan kayu! Meski awalnya Lucky Dana Aria sang pemilik enggak mengetahui apa pun soal kayu, ketekunannya membuat Matoa menjadi salah satu brand yang diperhitungkan enggak hanya di Indonesia, tapi juga dunia internasional. Ya, produk Matoa kini berhasil menembus pasar internasional seperti Jepang dan Amerika Serikat!

6. Amble Footwear

via: amblefootwear.com

Berawal dari hobi mengoleksi sepatu kulit, Agit Bambang memutuskan untuk berbisnis sepatu kulit di tahun 2009. Brand fashion miliknya yang bernama Amble Footwear ini menjual sepatu kulit dengan harga yang cukup terjangkau. Yang bikin bangga adalah di setiap sepatu Amble Footwear selalu dicantumkan tulisan “Made with Proud in Indonesia” dan produknya kini telah diekspor ke Malaysia, Singapura, dan beberapa negara di Eropa! Wuih, keren dan bangga kan kalau orang luar baca tulisan tersebut!

7. Major Minor

via: majorminorstore.com

Brand fashion lokal yang mendunia berikutnya adalah Major Minor. Brand fashion ini dibangun sepasang suami istri yaitu Ari dan Sari Saputra, serta dua desainer Inneke Margaretha dan Ambar Pratiwi. Brand fashion ini telah diakui kualitasnya secara internasional pada tahun 2013 (padahal baru resmi diluncurkan di tahun 2011!!). Psstt…koleksi busana Major Minor bahkan dipajang bersamaan dengan karya desainer ternama seperti  Lanvin, Kenzo, Armani, hingga Alexander McQueen! Whooa, bangga banget dengan produk lokal!

Nah, itulah 7 brand fashion asli Indonesia yang sudah diakui dunia internasional. Sekarang enggak ada alasan lagi deh buat enggak pakai produk dalam negeri, karena dari segi kualitas dan model pun enggak kalah sama yang merk luar. Malah ada yang lebih bagus, lho! Masa iya sih orang luar sana pakai produk kita tapi kita enggak bangga produk sendiri?!