Niatnya Nagih Utang, Orang Ini Malah Dikatai Monyet. Si Pengutang Malah Bilang Enggak Mau Bayar Lagi!

Kita memang dianjurkan berbuat baik kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. Namun terkadang, Kawan Muda harus tahu nih batasan-batasan berbuat baik. Jangan sampai orang itu mengambil celah dari sikap baikmu dan memanfaatkannya untuk kepentingan mereka sendiri. Karena hal ini bakal jadi bumerang untukmu di kemudian hari.

Seperti yang tampak pada unggahan pengguna Facebook Muhammad Dio Novanda. Dalam akun Facebook miliknya, Vanda Zanada, dia menceritakan kisah temannya yang ‘dikerjai’ oleh tukang utang. Semua berawal saat teman Vanda Zanada, sebut saja Mawar, dihubungi oleh temannya yang kebetulan sedang membutuhkan uang.

via: keepo.me

Singkat cerita, teman si Mawar ini mau pinjam duit. Berhubung dia sering ngutang dan belum mengembalikan utang yang sebelumnya (sejumlah Rp 1,2 juta), Mawar jadi ragu untuk meminjamkan uang lagi. Apalagi temannya itu menjanjikan akan membayarnya akhir Maret, padahal ini sudah April. Mawar mau-mau saja kasih pinjaman, asal temannya membayar utangnya dulu.


BACA JUGA:


Si pengutang mencoba berdalih dan meyakinkan Mawar kalau dia bakal bayar utangnya (sekalian dengan utang yang baru). Sayangnya Mawar sudah terlalu lelah dengan janji manis temannya tersebut. Dia pun mengingatkan si pengutang yang notabene adalah temannya sendiri agar lebih bijak dalam menggunakan uang dan memperbaiki gaya hidupnya.

via: keepo.me

Tidak terima dengan ucapan Mawar, si pengutang pun tersulut amarahnya. Dia bahkan sempat-sempatnya sesumbar bahwa nominal Rp 1,2 juta yang dia pinjam bukanlah jumlah yang terlalu besar. Si pengutang menganggap Mawar ‘pelit’ dan ‘perhitungan’. Padahal, selama ini Mawar enggak pernah lho menagih utang dan berniat merelakan kalau temannya enggak bisa bayar.

via: keepo.me

Namun si pengutang yang tak tahu diri ini sepertinya terbutakan, merasa dirinya yang paling benar dan menjadi korban. Dia malah sempat memanggil Mawar dengan panggilan ‘nyet’ atau ‘monyet’. Dia juga bilang enggak bakal balikin uang si Mawar. Lho, yang utang siapa yang enggak mau bayar siapa, ya? Kok jadi kebalik begini, yang utang malah yang galak?

via: keepo.me

Hadeuh, kesal juga sih kalau ada di posisinya si Mawar. Begini nih kalau minjemin duit ke orang yang hobinya ngutang. Bukannya balik, nominal utang malah naik dan berujung enggak balik. Pada akhirnya, yang kasih utang harus berbesar hati merelakan utangnya. Apalagi kalau si pengutang tipe kabur-kaburan saat ditagih.

Kawan Muda jangan begini ya, yang namanya utang itu wajib dibayar. Iya kalau yang ngutangin ikhlas saat kamu enggak bayar utangnya, kalau enggak? Ingat, karma itu ada lho, jangan sampai kamu dibalas dengan hal yang lebih nyesek dari ini…

Sumber: Keepo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *