Aneh tapi Nyata! 5 Hal ini Memang Akrab dengan Keseharian, tapi Jarang Diketahui Apa Fungsi Aslinya

Pernah enggak terlintas di benak Kawan Muda, kenapa sih donat bentuknya bolong di tengah? Oke, mungkin terkesan kurang kerjaan atau enggak penting banget ya mencari tahu di Google “kenapa donat bolong di tengah”. Namun kalau dipikir-pikir, sesuatu enggak mungkin diciptakan tanpa alasan yang jelas bukan? Begitu juga dengan keberadaan lubang di bagian tengah donat!

Nah, kali ini Kita Muda telah menghimpun fungsi dari benda sehari-hari yang selama ini enggak pernah terpikirkan oleh kita. Sebagian dari kamu mungkin menganggapnya sebagai hiasan saja atau kamu mungkin beranggapan benda tersebut memang sudah didesain seperti itu. Padahal aslinya, hal-hal yang luput dari perhatian kita itu memiliki fungsi yang cukup penting.  Daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Stiker angka pada buah yang dijual di supermarket

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Pernah lihat atau pernah beli buah impor yang ada di supermarket, kan? Kamu pasti menjumpai stiker logo atau deret angka tertentu yang ditempel di badan buah. Hemm, sebenarnya ini nomor apaan sih? Ternyata oh ternyata, stiker ini berisi informasi penting tentang buah impor tersebut.

Yup, kalau ada empat angka yang tertera pada stiker dan diawali angka 3 atau 4, ini tandanya buah tersebut disemprot dengan pestisida. Kalau ada lima digit angka dan diawali angka 8, buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika (biasanya pada buah melon, pisang, dan pepaya). Kalau kamu melihat lima digit angka tapi diawali angka 9, buah tersebut merupakan produk organik.

2. Lubang di bagian tengah donat

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Kalau menyebut kata “donat”, yang kebayang ya bentuknya seperti cincin yang memiliki lubang di tengahnya (ehm, meskipun sekarang ada donat yang enggak berlubang juga sih). Iya enggak? Hemm, kenapa ya donat harus bolong di tengahnya? Apa memang sengaja dibuat begitu biar khas dan beda dari yang lain? Eits, jangan salah, lubang di tengah donat ini ternyata bukan hiasan semata, lho!

Yup, pembuatan lubang di bagian tengah donat bertujuan untuk memaksimalkan proses pemasakan. Ini agar bagian tengah dan pinggir kue punya tingkat kematangan yang sama. Ya, zaman dahulu kan teknologi masak-memasak belum semaju sekarang ini. Itulah sebabnya Hanson Gregory, si pencipta donat dengan lubang, membuat lubang di adonan kue gorengnya agar mereka tidak berminyak dan lembek tengahnya.


BACA JUGA:


3. Garis tepi di notebook

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Pada beberapa notebook, kamu mungkin menemukan garis tepi seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kenapa sih harus diberi garis? Apakah untuk penomoran? Atau lagi-lagi hanya untuk hiasan semata?

Ternyata nih, pemberian garis tepi pada notebook mulanya adalah untuk menghindari serangan tikus. Ya, karena tikus suka mengigiti bagian pinggir buku. Dengan adanya garis tepi, si empunya buku tidak akan menulis di luar garis tepi. Jadi, saat tikus menggigiti tepian buku, catatan mereka tak akan ikut hilang karena dilahap tikus, hehe.

4. Lubang kecil pada gembok

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Sebagian besar gembok memiliki satu atau dua lubang kecil di bawahnya. Pernah enggak kepikiran, apa sih fungsi lubang-lubang tersebut? Ngapain juga mereka harus eksis di situ kalau enggak ada gunanya? Jangan salah sangka dulu, lubang pada gembok ini ternyata punya fungsi yang penting.

Lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan air ketika gembok terkena air. Jadi, pas gembok kamu kehujanan, lubang tersebut akan mengeluarkan airnya sehingga gembok enggak cepat berkarat. Selain itu, lubang tersebut Sehingga apabila gembok terkena hujan maka air bisa leluasa keluar dari dalam gembok dan tidak cepat berkarat. Selain itu, ketika ingin melumasi bagian dalam gembok dengan oli juga bisa melalui lubang tersebut.

5. Fungsi celah pipih pada ujung cutter

fungsi tersembunyi benda
via: brightside.me

Kamu punya cutter di rumah? Coba ambil cutter-mu dan perhatikan ujungnya. Bukan ujung yang tajam, ya, hehe. Nah, di ujung cutter tersebut, kamu lihat ada celah pipih di sana kan? Celah tersebut berfungsi untuk mematahkan ujung pisau cutter yang tumpul. Hah??! Gimana caranya?

Pertama-tama, kamu copot dulu ujung cutter tersebut. Kalau sudah, selipkan ujung pisau cutter di celah pipih tadi lalu patahkan pelan-pelan agar patahan pisau cutter tidak melompat dan mengenai mata. Gampang banget kan?

Nah sekarang sudah tahu kan fungsi sebenarnya dari barang-barang di sekitar kita? Kawan Muda tahu enggak benda lain yang juga memiliki fungsi tersembunyi? Share dong di kolom komentar 🙂

Sumber: Brightside

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *