Setiap bulan Ramadhan, umat Islam pasti melakukan “ritual” wajib yang kita kenal dengan nama puasa. Di artikel sebelumnya, Kita Muda sudah membahas kalau durasi puasa di tiap-tiap negara bervariasi, mengingat waktu sahur dan berbuka yang sangat bergantung dengan terbit atau terbenamnya matahari.

Nah, Kawan Muda kan sudah melihat negara-negara dengan durasi puasa tercepat. Kali ini, Kita Muda akan membahas negara-negara dengan durasi puasa terlama. Negara-negara ini rata-rata terletak di belahan bumi bagian utara yang memiliki musim dingin pada bulan-bulan tertentu.


BACA JUGA : Lebih asyik dan berkesan, 5 ide liburan seru ini wajib kamu coba minimal sekali seumur hidup!


Percaya atau enggak, ada lho yang berpuasa sekitar 22 jam sehari. Ya ampun, itu sih ngebut banget buka puasa sama sahurnya! Belum lagi salat tarawih dan sebagainya. Hemm, Kita Muda enggak bisa ngebayangin deh bagaimana rasanya menahan makan hampir seharian penuh begitu!

Kalau Kawan Muda penasaran di negara mana itu, yuk simak deretan negara dengan waktu puasa terlama berikut ini, seperti yang dilansir dari Shopback.

1. Finlandia

via: euroclear.com

Negara  yang menduduki urutan pertama sebagai negara dengan durasi puasa terlama adalah Finlandia! Umat Islam di Finlandia harus menahan lapar dan dahaga selama sekitar 23 jam 5 menit! Waduh, di Indonesia yang setengah hari saja Kawan Muda pasti sudah lemas-lemas, apalagi ini ya…

2. Islandia

via: nordicvisitor.com

Penduduk beragama Islam di Islandia juga harus sabar menunggu waktu berbuka karena durasi puasa di sana sekitar 22 jam. Masih enggak kebayang saja waktu buka, tarawih, dan sahur harus dilakukan dalam waktu yang cukup singkat 2 jam saja!

3. Swedia

via: paragona.com

Tantangan untuk berpuasa hampir satu hari penuh juga dialama umat Islam yang berada di negara Swedia. Mereka harus tahan berpuasa selama hampir 20 jam setiap harinya.

4. Alaska

via: juniorachievement.org

Waktu puasa di Alaska cukup unik, Kawan Muda. Negara ini merasakan durasi puasa yang lama saat musim panas yaitu sekitar 20 jam. Namun saat memasuki musim dingin, mereka hanya berpuasa selama 5 jam sehari!

5. Jerman

via: getyourguide.com

Hemm, berpuasa di negara-negara Eropa memang jadi tantangan tersendiri ya. Seperti berpuasa di Jerman. Imsaknya sih sama kayak di Indonesia yaitu sekitar pukul 4 pagi, tapi waktu berbukanya beda jauuuuh. Umat Islam di Jerman harus nunggu waktu berbuka sekitar pukul 10 malam.

6. Inggris

via: Gde-Fon.com

Enggak jauh beda dengan Jerman, waktu berpuasa di Inggris pun hampir 19 jam, lho, seharinya. Wajib sahur bergizi ini kayaknya biar lemasnya hilang!

7. Kanada

via: azgovernor.gov

Meskipun teman-teman di Kanada mulai makan sahur sekitar pukul 3 pagi nih, mereka harus bersabar selama 18 jam untuk menunggu waktu berbuka puasa. Wah, semangat ya buat Kawan Muda yang ada rencana pindah ke Kanada untuk kuliah atau urusan pekerjaan. Pokoknya pantang batalin puasa sebelum waktunya! Hehe…

8. Turki

via: nobarriersforeuropeans.com

Sebenarnya, waktu berpuasa di Kanada dan Turki enggak jauh berbeda. Namun, di Turki Islam masih menjadi agama mayoritas sehingga puasa enggak akan terlalu berat karena sebagian besar masyarakat Turki juga berpuasa.

Nah, itulah sederet negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Mungkin Kawan Muda bertanya-tanya, bagaimana ya mereka bisa kuat puasa full seharian? Padahal, kamu saja yang hanya berpuasa sekitar 13—14 jam mungkin sudah lemas duluan!

Ya, semuanya berawal dari niat sih. Kalau diawali dengan niat yang sungguh-sungguh, dijamin deh Kawan Muda bakalan lancar menghadapi godaan-godaan yang muncul. Selain itu, sahurlah dengan makanan yang bergizi yang kenyangnya awet biar kamu enggak mudah lemas 🙂