8 makanan Indonesia yang dijual dengan harga menakjubkan di luar negeri

Indonesia merupakan negara yang punya kekayaan kuliner beragam dengan cita rasa luar biasa. Selain disenangi oleh masyarakat Indonesia sendiri, banyak juga kuliner khas Indonesia yang menjadi primadona di negara lain.

Hal ini membuat beberapa kuliner Indonesia kini bisa ditemukan di luar negeri. Sayang, perbedaan biaya hidup dan bahan makanan yang langka membuat makanan Indonesia dibandrol dengan harga yang cukup mahal di sana.


BACA JUGA: Manjakan lidah dan perutmu dengan 9 kuliner khas Surabaya ini


Kawan Muda penasaran makanan apa saja yang memiliki harga mahal di luar negeri? Berikut Kita Muda merangkumkannya untuk kamu.

1. Nasi Goreng

via: resepdapurumami.blogspot.co.id

Nasi goreng menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang dinobatkan sebagai menu favorit terlezat ke-2 di dunia menurut CNN Amerika ini bisa kamu temukan di hampir setiap kota di Indonesia. Entah itu dijual oleh pedagang keliling, warung kaki lima pinggir jalan hingga restoran mewah.  

Biasanya nih, seporsi nasi goreng bisa kamu dapatkan dengan harga 8—20 ribu rupiah. Tapi siapa sangka, di Amerika Serikat kamu harus merogoh kocek cukup dalam karena satu porsinya dijual dengan harga mulai 130 ribu rupiah! Aduh, kalau main ke Amerika jangan sampai ngidam nasi goreng deh atau bikin sendiri saja kalau bisa, hehe.

2. Soto Ayam

via: duabelibis.co.id

Di Indonesia, makanan berkuah ini punya banyak cara penyajian; dan setiap daerah punya soto khas-nya masing-masing. Ada yang pakai santan, adapula yang tanpa santan. Ada yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, adapula yang menggunakan daging sapi atau jeroan.


BACA JUGA: Suka wisata kuliner? Yuk, cobain jajanan kaki lima terbaik dunia di 9 kota ini!


Bagaimana pun variasinya, soto menjadi menu populer yang biasa dijadikan santapan di siang hari atau malam hari. Nah, makanan dengan harga 8—15 ribu rupiah per porsi ini ternyata juga diminati dan dijual di negara seperti Belanda dan Jerman, lho. Tapi kamu jangan kaget ya dengan harganya yang bisa mencapai 170 ribu rupiah per porsinya!

3. Pecel Lele

via: merahputih.com

Kalau makanan yang satu ini biasanya jadi menu andalan anak kost. Selain enak dan porsinya lumayan banyak, harga satu porsi pecel lele pun terbilang murah. Biasanya dengan harga 6—10 ribu rupiah kamu bisa mendapatkan pecel lele lengkap dengan lalapan dan sepiring nasi putih.

Makanan yang mudah ditemukan di warung lalapan pinggir jalan ini ternyata juga dijual di Swiss dan Jepang, lho. Bahkan, di Swiss makanan ini menjadi salah satu primadona karena kelezatannya. Seporsi pecel lele di Jepang bisa kamu dapatkan dengan harga 150 ribu rupiah dan di Swiss harganya sekitar 215 ribu rupiah. Ehm, bisa buat traktir satu geng ya dengan harga segitu, haha.

4. Pisang Goreng

via: indonesiakaya.com

Masyarakat Indonesia memang enggak bisa lepas dari gorengan. Salah satu gorengan yang menjadi favorit adalah pisang goreng. Makanan ini cocok dinikmati dengan teh atau kopi, ada juga yang menikmatinya dengan sambal atau topping aneka rasa. Satu biji pisang goreng biasanya dijajakan dengan harga 500-1.500 rupiah. Murah banget, kan?


BACA JUGA: Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini


Nah, meski pisang goreng terbilang makanan murah meriah di Indonesia, hal tersebut enggak akan terjadi bila kamu pergi ke Belanda. Untuk menikmati pisang goreng di Belanda, kamu harus merogoh kocek sebesar 71 ribu rupiah.

5. Sate ayam

via: tuankoki.com

Makanan yang terbuat dari potongan-potongan daging ayam yang ditusuk dan disiram dengan saus kacang ini memang sangat populer. Kita bisa menemukannya dengan mudah di pinggir jalan dengan harga sekitar 10—20 ribu rupiah saja.

Ternyata nih, kelezatan sate ayam enggak hanya diakui oleh orang Indonesia saja, orang luar negeri pun banyak yang setuju akan kelezatannya. Nah, sate ayam kini bisa kamu temukan di Jerman dan Amerika. Kalau soal harga sih jangan ditanya. Di Jerman, seporsi sate dibandrol dengan harga 143 ribu rupiah, sedangkan di Amerika seporsi sate bisa kamu dapatkan dengan harga 147 ribu rupiah.

6. Gado-gado

via: tips-cara.info

Sebenarnya, gado-gado ini kalau di luar negeri sebelas dua belas lah sama yang namanya salad. Tapi mungkin, rasa gado-gado Indonesia dengan racikan bumbu kacang yang kaya rempah jauh lebih enak daripada salad yang ada di luar negeri.


BACA JUGA: Es krim itu nggak bikin gemuk! Justru beragam manfaat ini akan kamu rasakan setelah memakannnya


Gado-gado pun akhirnya go international karena kelezatannya. Harganya pun jadi naik kelas kalau dijual di luar negeri. Misalnya nih di New York, AS, harga seporsi gado-gado bisa mencapai 130 ribu rupiah! Hemm, padahal di Indonesia dengan harga segitu kamu bisa dapat 13 bungkus gado-gado, hehe.

7. Bika Ambon

via: resepdanmasakan.com

Kue oleh-oleh khas Medan ini, yang sering disalahartikan berasal dari Ambon, ternyata menjadi kudapan favorit beberapa negara di Eropa. Kalau di Indonesia kue ini biasanya dijual dengan harga sekitar 45—55 ribu rupiah untuk ukuran kecil, di Eropa harganya bisa mencapai 113 ribu rupiah/ 600 gram.

8. Tempe

via: vemale.com

Terakhir ada tempe, makanan yang merupakan hasil olahan fermentasi kedelai. Makanan ini sangat mudah ditemui dan biasa disantap sehari-hari di rumah. Tempe yang sangat merakyat ini biasanya dijual dengan harga mulai dari 2 ribu rupiah.


BACA JUGA: Bukannya lapar, 10 makanan ini malah bikin kamu gak nafsu makan dan mual!


Harga semurah itu enggak akan kamu dapatkan kalau tiba-tiba ngidam tempe di Eropa. Karena harga tempe di sana bisa mencapai 25 ribu rupiah! Itu pun hanya potongan kecil. Di Inggris, satu porsi menu tempe bisa mencapai 267 ribu rupiah. Wah, tempe enggak bisa diremehin lagi nih guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *