Dari banyaknya kenangan indah waktu kita masih sekolah, kelulusan atau perpisahan sekolah mungkin menjadi salah satu momen yang paling berkesan dan tak terlupakan.

Meski kadang rasanya menyakitkan karena harus berpisah dengan teman-teman atau guru, ini adalah suatu awal yang baik bagi kita semua untuk menjalani fase kehidupan baru.


BACA JUGA : 12 kenangan zaman SD yang bikin geli sendiri kalau diingat lagi hari ini


Berbicara tentang perpisahan sekolah, pasti nggak terlepas dari lagu-lagu yang diputar atau dinyanyikan untuk membuat momen tersebut lebih berkesan. Nah, ada beberapa lagu milik musisi Indonesia yang sudah jadi langganan dan identik banget dengan momen perpisahan.

Dan di artikel kali ini, Kita Muda ingin membahas 7 diantaranya. Mungkin kebanyakan lagu-lagu jadul sih (kelihatan banget ya tuanya, hihi). Tapi dijamin deh, kamu bakal kangen sama teman-teman sekolah pas dengerin ulang lagu ini. Yuk!

1. Kemesraan – Iwan Fals

via: lagubaruku.com

Kemesraan ini janganlah cepat berlalu

Kemesraan ini ingin kukenang selalu

Lagu ini mungkin super jadul buat para Millenials. Tapi buat Kawan Muda yang besar atau lahir di tahun 90an, lagu ini mungkin enggak asing buat kamu. Biasanya, lagu ini akan dinyanyikan bersama-sama dengan guru-guru saat prosesi perpisahan sekolah berakhir.

Meskipun kadang guru-gurunya yang paling hafal dan bersemangat, murid-murid akhirnya ikutan bersenandung. Beberapa di antaranya pun mulai menitikkan air mata dan memeluk teman masing-masing.

2. Terlalu Manis – Slank

via: lagubaruku.com

Memang sih lagu ini bertema cinta, tapi ada liriknya yang pas banget gitu buat menggambarkan momen perpisahan. Apalagi dentingan suara gitar akustiknya, aduh, bikin kita hanyut dan rasanya pingin menitikkan air mata. Hmm, masa-masa sekolah memang terlalu manis untuk dilupakan ya, Kawan Muda!

3. Ingatlah Hari Ini – Project Pop

via: elshinta.com

Kalau lagu sebelumnya bernada agak mellow dan bikin kita nangis segera setelah mendengarkan intro-nya, lagu “Ingatlah Hari Ini” cenderung bersemangat dan lucu. Tapi jangan salah, meski dibawakan dengan lucu liriknya dalam banget, lho! Apalagi di bagian reff-nya:

Kamu sangat berarti istimewa di hati, selamanya rasa ini

Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini


BACA JUGA : 7 cita-cita masa kecil yang paling populer disebutin. Punyamu yang mana nih?


4. Semua tentang Kita – Peterpan

via: peterpanband.files.wordpress.com

Ada cerita tentang masa yang indah

Saat kita berduka saat kita tertawa

Siapa sih yang nggak menitikkan air mata, atau minimal sedih deh pas dengerin lagu ini. Melodi dan liriknya luar bisa mellow. Kalau nyanyiin lagu ini atau dengar lagu ini diputar pas momen perpisahan, rasanya pingin langsung memeluk sahabat dekat!

5. I Remember – Mocca

via: ffwdrecords.com

Lagu manis ini sebenarnya juga bercerita tentang cinta. Tapi, gara-gara pernah jadi soundtrack film “Catatan Akhir Sekolah” , banyak yang mengidentikkan lagu ini dengan momen perpisahan sekolah. Kalau anak-anak OSIS bikin video story kelulusan, lagu ini biasanya dijadikan backsound-nya. Ada yang mengalami, nggak?

6. Sebuah Kisah Klasik – Sheila on 7

via: ayobuka.com

Bersenang-senanglah, kar’na hari ini yang ‘kan kita rindukan

Di hari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan

Bersenang-senanglah, kar’na waktu ini yang ‘kan kita banggakan di hari tua

Salah satu lagu bertema persahabatan dari Sheila on 7 yang sukses bikin kita baper. Ketika mendengarnya, semua kenangan indah bersama teman-teman langsung muncul di layar ingatan. Meski lumayan jadul, lagu ini tak lekang oleh waktu deh pokoknya.


BACA JUGA : Yang cari jodoh, yuk merapat! Ini nih alasannya kenapa kamu harus memperistri seorang guru!


7. Kita Selamanya – Bondan Prakoso ft. Fade2Black

via: rezpectora34.blogspot.co.id

Menurut Kita Muda, “Kita Selamanya” adalah lagu terbaik buat momen perpisahan. Video klip-nya pun menggambarkan suka duka masa SMA. Dan coba Kawan Muda dengar baik-baik liriknya, pas banget lho menggambarkan perasaan anak SMA yang akan berpisah.

Bergegaslah, kawan…tuk sambut masa depan

Tetap berpegang tangan, saling berpelukan

Berikan senyuman tuk sebuah perpisahan

Kenanglah sahabat…kita untuk slamanya


Nah, itu dia 7 lagu yang identik dengan momen perpisahan atau kelulusan sekolah. Sebenarnya, masih banyak lagi sih lagu-lagu lain yang identik dengan perpisahan sekolah. Nah, kalau lagu Kawan Muda belum disebutin di atas, share di kolom komentar dong 🙂