7 Fakta Unik Dunia yang Terdengar Seperti Hoax, tapi Benar-Benar Nyata Keberadaannya!

2.960 views
via: mirrordaily.com

Ketika mendapatkan informasi dari internet, kita selalu diwanti-wanti untuk lebih berhati-hati karena dewasa ini kita tidak bisa membedakan mana informasi yang benar-benar fakta atau hoax semata.

Namun, ketakutan akan berita hoax membuat kita sulit percaya pada hal-hal atau informasi yang terlalu “wah” atau “kurang masuk diakal”. Pada akhirnya, kita akan menganggapnya hoax padahal informasi tersebut bisa divalidasi kebenarannya.

Kita ambil contoh kisah Mike, ayam yang bisa bertahan hidup tanpa kepala selama 18 bulan. Hal ini mungkin terdengar mustahil. Ya, mana bisa ayam hidup kalau kepalanya sudah dipenggal!?! Namun kenyataannya, si Mike yang kepalanya dipenggal oleh sang pemilik terbukti masih hidup hingga 18 bulan berikutnya.

Nah, selain fakta tentang ayam yang bisa hidup tanpa kepala, Kita Muda telah menghimpun beberapa fakta lain yang tampak seperti hoax, tapi kenyataannya beneran fakta. Apa saja?

1. Jumlah macan yang berada di alam bebas ternyata lebih sedikit dibanding jumlah macan yang dipelihara secara pribadi di Amerika Serikat.

via: thisisinsider.com

Menurut data World Wide Fund (WWF) dan Global Tiger Forum, jumlah macan yang hidup di alam liardi seluruh dunia adalah sekitar 3.890 ekor. Sedangkan jumlah macan yang dipelihara secara pribadi di wilayah Amerika Serikat saja berjumlah sekitar 5.000—10.000 ekor. Wow!

2. Awan kumulus, yang berbentuk gumpalan putih dan menyerupai bunga kol, ternyata memiliki berat sekitar 1,1 juta pound atau setara dengan 500 ribu kilogram! Kok bisa melayang, ya?

via: thisisinsider.com

Ilmuwan senior di National Center for Atmospheric Research, Peggy LeMone, mengungkapkan bahwa berat awan itu sama dengan berat air—karena komposisi awan itu adalah titik-titik air. Awan cumulus (saat hari cerah) memiliki kerapatan air ½ gram per meter kubik dan volume-nya sekitar satu miliar meter kubik, yang jika ditotal jumlah airnya adalah sekitar 1,1 juta pound atau 500 ribu kilogram.

3. Nanas membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk tumbuh.

via: thisisinsider.com

Waktu total yang dibutuhkan nanas, dari saat mereka ditanam hingga bisa dipanen adalah sekitar 18—36 bulan. Ternyata buat makan nanas yang segar penantiannya cukup lama juga ya, Kawan Muda :”)


BACA JUGA:


4. Selama tahun 2011—2013, Tiongkok menggunakan semen tiga kali lipat lebih banyak dari total semen yang digunakan Amerika Serikat selama abad ke-20!

via: thisisinsider.com

Fakta ini terdengar janggal bukan? Masa iya sih total semen yang dipakai Tiongkok selama 3 tahun ternyata lebih banyak (tiga kali lipat bahkan) dari total semen yang dipakai AS selama abad ke-20 (ini selama seabad lho!). Namun kenyataannya, fakta ini memang benar adanya. Sejarawan Vaclav Smill pernah menunjukkan data statistik terkait hal ini dan bahkan Bill Gates pun ikut-ikutan unjuk bicara.

Menurut survei geologi, AS ternyata hanya menggunakan sekitar 4,5 gigaton semen selama tahun 1901—2000. Tiongkok, selama tahun 2011—2013, menggunakan sekitar 6,6 juta ton semen. Wuidih, pembangunan ada di mana-mana ternyata!

5. Ilmuwan yang meneliti kecoak pada kopi biasanya jadi alergi dengan kopi bubuk.

via: thisisinsider.com

Kecoa biasanya menyerang tumpukan biji kopi dan sangat sulit untuk menghilangkan kecoa tersebut sepenuhnya karena bentuknya yang serupa dengan biji kopi. Menurut entomolog Douglas Emlen, kecoak yang tertinggal akan digiling bersamaan dengan biji kopi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di AS pun mengizinkan hal tersebut selama tidak melebihi presentase yang ditetapkan. Nah, peneliti yang mengetahui hal ini lama-lama menjadi alergi pada kopi dan cokelat.

6. Seorang perawat bernama Violet Jessop berhasil lolos dan selamat dari tenggelamnya dua kapal pesiar mewah, Titanic dan saudarinya Britannic.

via: thisisinsider.com

Miss Unsinkable atau nona yang tak dapat tenggelam, begitulah julukan yang diberikan pada perawat Violet Jessop yang ikut dalam pelayaran dua kapal fenomenal milik White Star Line, Titanic dan Britannic.

7. Percaya atau enggak, hiu ternyata ada lebih dulu sebelum pohon eksis di bumi!

via: thisisinsider.com

Sebuah artikel di Smithsonian Magazine menuliskan bahwa Archaeoptris, atau spesies pepohonan pertama di bumi, hidup sekitar 350 juta tahun yang lalu. Usianya ternyata kalah tua dengan hiu yang sudah ada sejak 400 juta tahun yang lalu dan hal ini bisa dibuktikan melalui temuan fosil hiu tertua.

Sumber: INSIDER