6 Scene yang Sering Ada dalam Film Ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Karena Nggak Bakal Ada di Dunia Nyata!

3.975 views

Kawan Muda tentu masih ingat kan dengan artikel yang membahas mengenai behind the scene dari film Hollywood? Film-film blockbuster biasanya menggunakan efek komputer khusus yang disebut CGI, untuk dapat menampilkan grafis dan penampilan yang spektakuler. Aneh banget kan, membayangkan film-filn kesukaan kamu tanpa efek CGI? Tapi karena alur cerita yang dibuat, seringkali efek-efek ini terkesan “khayal” dan nggak mungkin banget untuk terjadi di dunia nyata.

Nah ada beberapa efek film yang sebenarnya tidak mungkin terjadi di dunia nyata, tapi hampir selalu ada dalam setiap film. Apa saja sih, efek-efek tersebut? Dilansir dari brightside, ini dia:

1. Mobil terbang

via: brightside.me

Mobil terbang disini bukan efek mobil ala-ala pesawat yang bisa terbang sendirinya, bukan! Efek mobil terbang ini bisa kalian temukan ketika ada ledakan atau mobil bertabrakan, kemudian tiba-tiba terbang begitu saja. Aneh banget, kan? Tapi karena saking kerennya kita lupa untuk berpikir betapa absurdnya efek ini. Padahal di dunia nyata, mobil atau bis tidak bisa “terbang” begitu saja setelah terjadi tabrakan. Penjelasan ini terdapat dalam projectile motion kinematics, dimana secara singkatnya secepat apapun sebuah objek berjalan, kalau memang dari awal sudah berjalan horizontal, maka pasti akan selalu jatuh di tempat yang sama.

2. Suara petir dan dan cahayanya yang datang bersamaan

via: brightside.me

Kalau kalian suka nonton film, terutama film action seperti Thor, pasti sering menemukan efek ini. Kalau dalam film sih biasanya petir akan datang bersama suaranya, jadi langsung terasa tuh tegangnya. Tapi di dunia nyata ini tidak terjadi, lho! Pertama adalah cahaya petir dahulu yang muncul, baru kemudian suaranya. Jadi besok-besok kalau mau belajar fisika, sebaiknya jangan dari film Hollywood, ya!

3. Sinar laser bertebaran dimana-mana

via: brightside.me

Kalau kalian nonton film Sci-fi, pasti sinar laser selalu ada pada saat perang luar angkasa, ya kan? Padahal nih sebenarnya sinar laser tidak bisa untuk bercahaya warna-warni seperti di film. Sinar laser bisa terlihat tergantung dari objek yang mereka tembus, dan objek ini haruslah mengandung debu dan molekul udara. Tapi….kita semua tahu kan kalau di luar angkasa tidak ada udara, jadi tidak masuk akal, kan?

4. Ledakan mobil

via: brightside.me

Ini juga salah satu adegan dalam film yang populer banget, apalagi di film action. Misalnya dalam adegan mobil yang sedang balapan, lalu salah satunya jatuh ke jurang dan meledak. Booom!  Atau ada mobil yang bertabrakan kemudian meledak bersama. Booom lagi! Pokoknya selalu ada deh adegan ledak-meledak ini dalam film, apapun penyebab ledakannya. Tapi dalam dunia nyata nih, jarang sekali mobil yang bertabrakan akan meledak dan memicu api. Bensin berbentuk cairan, dan gas akan menjadi uap. Jadi kalau mau membuat mobil sampai meledak, kamu  perlu cairan gas yang berubah menjadi uap, kemudian bercampur dengan udara, dan harus dinyalakan agar dapat terbakar.

5. Peluru yang menembus air dengan cepat

via: brightside.me

Nah ini biasanya ditemukan ketika tokoh utamanya sedang berenang dengan cepat untuk menghindari kejaran musuh yang menembaki dia. Biasanya peluru ini akan menembus dengan cepat dalam air. Eitssss, padahal aslinya peluru tidak bisa untuk menembus kedalam air sedalam yang ada di film. Air menghambat gerakan dari objek yang bergerak secara cepat, nah hal ini disebut juga sebagai drag. Jadi ketika peluru masuk ke dalam air, bukannya semakin cepat seperti di luar, namun pergerakannya lambat dan akhirnya berhenti.

6. Tokoh utama yang berjalan keluar dari ledakan

via: brightside.me

Nah ini nih yang paling populer diantara lainnya. Ada suatu ledakan yang terjadi di gedung atau rumah, lalu tokoh utamanya berjalan keluar dari ledakan tersebut dengan tenang, dan tidak melihat kebelakang. Beuh, keren abis kalau di film. Padahal nih, panas yang dihasilkan dari ledakan itu bisa membunuh si tokoh utamanya, lho! Energi yang dikeluarkan dari ledakan menghasilkan gelombang supersonik yang bisa menghancurkan gedung, dan tentu saja….manusia.

Nah gimana Kawan Muda? Sudah melihat kan sekarang, perbandingan nyata dan tidaknya efek film dengan kehidupan sehari-hari? Memang sih namanya juga film, nggak semua adegan benar-benar nyata terjadi di kehidupan kita, tapi nggak ada salahnya kan untuk mengetahui kebenaran dibalik setiap adegan? Jadi jangan tertipu lagi, ya!