5 Soal Matematika Anak SD yang Sempat Viral di Media Sosial dan Bikin Netizen Geram. Pernah Geregetan Juga Bacanya?

5.973 views
via: thisisinsider.com

Kawan Muda pasti pernah menemukan tebak-tebakan berupa soal matematika di laman media sosial, entah itu Instagram, Facebook, atau Twitter, kan? Biasanya, si pengunggah soal akan memberikan beberapa opsi jawaban untuk tebak-tebakan tersebut. Lucunya, pengguna media sosial selalu muncul dengan jawaban yang berbeda-beda dan biasanya berujung pada debat kusir.

Tak hanya dibuat bingung dengan jawaban soal-soal matematika tersebut, Netizen juga sukses dibikin ngamuk dengan instruksi pada soalnya (yang kelihatan mudah dan katanya level anak SD). Bagaimana tidak ngamuk, baru baca soalnya saja sudah bingung maksudnya apa, gimana mencari jawabannya?

Daripada Kawan Muda penasaran, Kita Muda telah mengumpulkan nih beberapa soal matematika anak SD yang sempat viral di media sosial. Mungkin kamu pernah ikut-ikutan mengerjakan soal ini. Yuklah langsung saja kita simak soal—soalnya berikut ini *Pssst…sekalian cari tahu jawabannya! ;)*

1. Kalau 11+8, hasilnya berapa ya? 96 atau 40?!

via: thisisinsider.com

Baik 96 atau 40 adalah jawaban yang benar, kenapa? Soal ini ternyata bisa diselesaikan menggunakan dua cara dan keduanya sama-sama  menghasilkan jawaban yang valid.

Nah, cara pertama adalah dengan menjumlahkan persamaan, lalu menggabungkannya dengan jumlah persamaan sebelumnya: 8+11+21 = 40.

Sedangkan cara kedua adalah mengalikan kedua angka dalam persamaan tersebut, kemudian menjumlahkannya dengan angka pertama: 8 x 11 + 8 = 96.

So, jangan bertengkar ya yang jawab 40 atau 96, karena kedua jawaban tersebut sama-sama benar 😉

2. Tahu enggak jawaban akhirnya berapa? Soal yang kelihatannya mudah ini berhasil mengecoh sekitar 5 juta orang di YouTube. Wew!

via: thisisinsider.com

Hayoloh, mana yang mau diselesaikan duluan? Pembagian, perkalian, atau penjumlahan? Hehe, soal yang gampang-gampang susah ini ternyata bisa diselesaikan dengan urutan PEMDAS atau BODMAS.

Jadi, kamu selesaikan dulu yang ada di dalam kurung, kemudian selesaikan pembagian. Terakhir, kalikan hasil keduanya: 6 : 2 (1+2) => 3 (3) = 9. Nah, 9 inilah hasil yang benar.

Namun, hasil ini menimbulkan banyak perdebatan karena masih banyak yang menggunakan sistem lama (yang bahkan masih diajarkan di sekolah-sekolah), dan hasil dari persamaan matematika di atas menurut sistem lama adalah 1.


BACA JUGA:


3. Sudah ketemu belum tanggal ulang tahunnya si Cheryl?

via: thisisinsider.com

Masih ingat dengan soal anak SD di Singapura di atas? Tahun lalu soal ini sempat viral dan bikin Netizen kebingungan karena soal anak kelas 5 SD kok sudah sepelik itu? Bahkan yang sudah lulus SD saja kelabakan pas disuruh menjawab, hehe.

Usut punya usut, soal matematika tersebut ternyata adalah soal untuk peserta olimpiade matematika. Kamu sudah tahu jawabannya belum? Kalau belum, Kita Muda kasih tahu nih jawabannya: Cheryl berulang tahun pada tanggal 16 juli. Nah, kalau pengin tahu penjelasan lengkapnya, kamu bisa intip di sini.

4. Selanjutnya adalah soal matematika anak kelas 1 SD yang sebenarnya enggak ada unsur matematikanya sama sekali :”)

via: thisisinsider.com

Pertama kali lihat soal ini, kamu pasti langsung mencoba menyelesaikannya dengan metode deret bilangan bilangan. Padahal, menyelesaikan soal anak kelas 1 SD ini gampang banget. Enggak percaya? Coba deh kamu balik soalnya dan bakal ketemu kok jawabannya berapa. Enggak perlu dihitung segala :”). Benar-benar bikin ngamuk ya soal ini :”)

5. Katanya sih hanya ada 10 orang yang bisa menyelesaikan soal ini tanpa menggunakan kalkulator! Hayoloh, kamu bisa enggak?

via: thisisinsider.com

Tenyata oh ternyata, cara menyelesaikan soal di atas benar-benar easy peasy! Pertama nih, bulatkan dulu angka-angkanya. Lalu jumlahkan angka yang ada dalam kurung, kemudian kalikan dengan angka 12 yang telah dibulatkan menjadi 10.  Nah, nanti akan ketemu tuh jawabannya 800.

Kan dipilihan enggak ada tuh jawaban 800 (ya karena ini memang bukan jawabannya, hehe), kamu pilih angka yang paling mendekati. Dijamin, itu adalah jawaban yang benar ;). Biar enggak bingung, begini gambaran penyelesaiannya:

via: thisisinsider.com

Itulah 5 soal matematika anak SD yang sempat bikin gempar jagat media sosial. Bagaimana, apakah kamu pernah ikut-ikutan menyelesaikannya? Benar atau enggak nih jawaban kamu? Share dong di kolom komentar 😉

Sumber: INSIDER