Hari gini enggak bisa bahasa Inggris?!? Aduh, malu-maluin deh lauuu…

Sudah bukan hal yang baru lagi ketika melihat orang Indonesia berbicara dalam bahasa Indonesia gado-gado, alias bahasa Indonesia yang bercampur aduk dengan bahasa daerah, bahasa gaul, hingga bahasa Inggris.

Yang terakhir disebut, semakin hari semakin banyak saja penganutnya. Entah itu sepatah dua patah kata, masyarakat kekinian tampaknya senang sekali menyelipkan kata atau istilah dalam bahasa Inggris ke dalam percakapan sehari-hari.

Tidak ada larangan memang menggunakan kata tersebut;  malah bagus karena akan menambah kosa kata dalam berbahasa Inggris (yang notabene adalah bahasa internasional). Namun sayangnya, level berbahasa Inggris masyarakat Indonesia belum sepenuhnya baik dan mumpuni.

Bahkan ada yang menyalagunakannya hanya karena ingin terlihat sangar dan gaul. Sah-sah saja sih selama arti dan maknanya tepat. Kalau enggak, haduh, bisa bikin orang salah paham dan ‘geli’ juga saat mendengarnya.

Kita Muda telah mengumpulkan bukti-bukti penggunaan bahasa Inggris yang bisa bikin Kawan Muda ngelus dada. Sebenarnya menghibur sih karena jatuhnya jadi lucu, tapi lama-kelamaan bikin keki juga ya kalau melihat tulisan yang sok keminggris tapi salah begini. Lebih baik ditulis dalam bahasa Indonesia saja lah biar enggak malu-maluin :”)

1. Nulisnya sesuai pelafalan ala orang Indonesia. Hasilnya malah jadi es kriminal begini!

via: idntimes.com

2. Biar apa gitu pakai huruf ‘X’, biar lebih mantap dan tebal ya pengucapannya?

via: idntimes.com

3. Dari F ke P kayaknya jauuuuh banget deh. Mengapa oh mengapa…

via: idntimes.com

4. Mail? Mail yang di e-mail itu? Ke kantor pos atau ke warnet saja dong kalau mau kirim surat atau email. Gym buat olahraga yes!

via: idntimes.com

BACA JUGA:


5. Aduh, ini lagi. Benar-benar ditulis sesuai dengan cara pelafalan orang Indonesia ya :”)

via: idntimes.com

6. PIV atau VIP? Anggap saja yang nulis lagi hilang arah…

via: idntimes.com

7. Kalau lagi naik bus atau lagi di terminal, sering banget ya dengar beginian. Mijon…mijooooon…

via: idntimes.com

8. Jangan, jangan gunakan jasa mereka. Nulis iklannya saja sudah salah begitu. Ampun DJ!

via: idntimes.com

9. Faisal??!? Ngapain faisal ada di salon? Perawatan macam apa itu?

via: idntimes.com

10. Nginep di sini bisa dapat istri. Yang jomblo, yuklah catat alamat hotelnya :”)

via: idntimes.com

11. Kakinya siapa nih yang dijual?

via: idntimes.com

12. Katanya ‘jauhi narkoba’, kok tiba-tiba bilang ‘hide drug’. Jadi dijauhi atau disembunyikan nih narkobanya? Bikin salah paham kan jadinya…

via: idntimes.com

13. SISI TV?!? Wow! RIP ENGLISH!

via: idntimes.com

14. Pantas ya orang Indonesia level antrenya parah. Ambigu begini peringatannya :”)

via: idntimes.com

15. INI NIH YANG BAHAYA KALAU KEMINGGRIS :”(

via: idntimes.com

Belajar bahasa Inggris memang enggak dilarang, tapi jangan setengah-setengah. Kalau memang lawan bicara masih banyak orang Indonesia, lebih baik gunakan bahasa Indonesia. Menyelipkan bahasa asing di dalamnya bisa membuat lawan  bicara bingung, belum tentu kan yang kamu ajak bicara juga mengerti?!?

Atau bahkan yang kamu ajak bicara lebih paham dan kamu salah menggunakan atau melafalkannya! Bisa tengsin dong! Kalau menurut Kawan Muda bagaimana nih menanggapi bahasa Indonesia gado-gado yang semakin meningkat dewasa ini? Share pendapat kamu di kolom komentar ya 😉

Sumber: IDN Times