“Enak ya jadi pejabat, gajinya gede! Besok daftar CPNS atau ikut tes BUMN saja deh biar masa depan terjamin.”

Tidak munafik, gaji yang lumayan menjadi pertimbangan seseorang ketika melamar pekerjaan. Nah, menjadi pejabat Negara atau bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan kerap kali menjadi impian banyak orang. Jadi jangan heran kalau tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lowongan BUMN tak pernah sepi peminat.

Berbicara tentang gaji seorang pejabat negara yang menggiurkan, Kawan Muda sudah tahu belum nominal gaji per bulannya pejabat negara, seperti presiden atau wakil presiden? Percaya enggak kalau gaji presiden ternyata enggak apa-apanya dengan gaji direksi empat bank besar di Indonesia? Bahkan mungkin gaji presiden per bulannya enggak lebih besar dari gaji kamu per bulan. Hah, kok bisa?!?

Daripada bertanya-tanya, simak yuk ulasan gaji 8 pejabat tersohor negeri berikut ini.

1. Gaji Pak Ridwan Kamil sebagai walikota Bandung per bulannya adalah Rp 6 jutaan. Wah, enggak sebesar yang dibayangkan ya. Eiiiits, tunggu dulu, tunjangannya kan belum dihitung!

via: kompas.com

Yup, besaran gaji pokok walikota memang kecil, sekitar Rp 3.542.000. Pasti Kawan Muda ada yang gajinya lebih gede kan?

Namun, sesuai dengan PP Nomor 59 Tahun 2000 yang mengatur gaji pokok, Keppres Nomor 68 Tahun 2001 yang mengatur tunjangan jabatan, dan PP No. 109 Tahun yang mengatur tunjangan operasional; gaji yang 3 juta tadi bisa naik hingga Rp 7—125  jutaan per bulannya karena adanya tunjangan jabatan, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), tunjangan operasional (yang dihitung berdasarkan Pendapatan Asli Daerah), serta tunjangan transportasi.

2. Bergeser ke gaji Gubernur DKI Jakarta. Ternyata Cuma nambah sedikit dari gaji Pak Ridwan Kamil yaitu Rp 8 jutaan. Ehm, kalau ditambah tunjangan kira-kira jadi berapa ya gaji Pak Anies Baswedan?

via: merdeka.com

Setiap bulannya, gubernur akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 3 juta dan tunjangan Rp 5,4 juta. Jumlah tersebut akan ditambah lagi dengan uang operasional yang ditentukan berdasarkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penasaran berapa jumlah uang operasional gubernur?

Kalau berkaca dari gaji mantan gubernur sebelumnya, Pak Djarot Syaiful Hidayat menerima Rp 1 miliar per bulannya untuk uang operasional. Whoa, gaji memang kecil ya tapi tunjangannya wow abis!

3. Kalau Pak Sandiaga Uno, berapa ya kira-kira gajinya sebagai wakil gubernur? Ternyata beda tipis dari gaji Pak Anies…

via: tempo.co

Selisihnya Rp 1,6 juta saja karena Pak Sandi mendapatkan gaji per bulan sebesar Rp 6.720.000 yang terdiri atas gaji pokok sebesar Rp 2,4 juta dan tunjangan Rp 4,32 juta. Jangan lupa, jumlah tersebut belum ditambah dengan dana operasional seperti yang diterima oleh Pak Anies. Hemm, paling enggak beda jauh ya dapatnya dari Pak Anies.


BACA JUGA:


4. Sebagai Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo memperoleh pendapatan sebesar Rp 194 juta per bulannya.

via: cnbcindonesia.com

Kamu mungkin berpikir jumlah ini gede banget kan? Hemm, tapi katanya jumlah ini enggak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan gaji Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). OMG, enggak ada apa-apanya ya, padahal sudah buanyak banget itu :”)

5. Kalau menteri seperti Bu Susi atau Bu Sri Mulyani, dapat gaji berapa sih? Ya, kalau gaji dan tunjangan digabungin sekitar Rp 18 jutaan lah.

via: tribunnews.com

Menteri per bulannya mendapat gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 dengan tunjangan sebesar Rp 13.608.000. Di luar itu, meneri juga mendapatkan anggaran operasional yang bisa mencapai Rp 150 juta.

6. Ketua DPR Bambang Soesatyo juga memiliki gaji yang sama dengan para menteri per bulannya.

via: kumparan.com

Sesuai dengan PP NO. 75/2000 Tentang Gaji Pokok Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara Serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara, DPR menerima gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 dan jika ditambah tunjangan bisa mencapai Rp 18 jutaan. Sama seperti yang lain, jumlah tersebut masih belum ditambah dengan tunjangan lain-lain.

7. Sekarang kita berbicara tentang gaji wakil presiden. Pak Jusuf Kalla ternyata berhak mendapatkan 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat Negara, lho!

via: metronews.com

Kita ambil saja gaji pokok tertinggi pejabat Negara adalah gaji Ketua DPR, maka Pak JK akan mendapatkan Rp 20.160.000 (Rp 5.040.000 x 4) ditambah besar tunjangannya Rp 22.000.000. Jumlah 42.160.000 tersebut belum ditambah dengan biaya perjalanan dinas dan masih banyak lainnya.

8. Nah, kalau yang ini pasti bikin penasaran sedari tadi. Berapakah gaji Pak Jokowi?!? Kalau Pak JK dapat 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat Negara, Pak Jokowi berhak mendapatkan 6 kali gaji pokok tertinggi.

via: hassagi.gg

Diatur dalam UU No. 7/1978 Tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, presiden mendapat total gaji+tunjangan sebesar Rp 62.740.000.

Gede banget kan? Namun kabarnya, gaji direksi Bank Mandiri, Bank BTN, BRI, dan BNI lebih gede lho dari gaji Pak Jokowi. Dan bahkan Megawati Soekarno Putri saja mendapatkan gaji Rp 112 juta per bulannya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila. Mengejutkan bukan?

Setelah tahu gaji 8 pejabat Negara di atas, Kawan Muda jadi tertarik enggak nih jadi pejabat? Atau pengin berkarir di bank saja biar bisa jadi direksi yang gajinya jauh lebih gede dari pejabat Negara?

 Ya, apa pun itu, jadilah orang yang berdedikasi buat pekerjaan ya. Jangan cuma gede di gaji doang tapi hasilnya nol. Terutama kalau kamu jadi pejabat negara ya memikul amanah rakyat.

Sumber: Hipwee, Money Smart