Jangan mudah terlena dengan gambar pemandangan indah di Instagram atau media sosial lain, karena sebagian besar sudah disentuh Photoshop dan enggak sedikit lho orang yang ‘tertipu’ karena hal tersebut. Belum lagi jika ada foto-foto tak masuk akal yang beredar di internet, yang sukses bikin orang gempar. Padahal setelah ditelusuri, foto-foto yang bikin heboh itu ternyata  hoax.

Ya, sulit memang membedakan mana yang asli dan mana yang editan. Terkadang, ada foto yang benar-benar mengabadikan momen dengan jujur, tapi dianggap editan semata hanya karena momen yang tertangkap terbilang ‘enggak masuk akal’. Seperti yang tampak pada 13 foto berikut ini. Jika dilihat sepintas, apa yang ada dalam foto mungkin terlalu mustahil terjadi di dunia nyata.

Namun kenyataannya, foto-foto berikut ini benar-benar menggambarkan keadaan yang sesungguhnya dan tentu saja belum disentuh Photoshop sama sekali!

1. Wadaw, tangannya kenapa tuh? Ternyata tangannya tertutup sisa-sisa kayu setelah dia mengamplas selama satu jam lamanya!

via: brightside.me

2. Akibat cipratan air terjun, warna-warni indah ini muncul. Keren banget ya :”)

via: brightside.me

BACA JUGA:


3. Wuhoo, susunan bebatuan ini tampak seperti sisik naga, ya :”)

via: brightside.me

4. Whoa, Jalanannya dipenuhi rontokan bunga sakura. Eits, itu bukan jalan lho, tapi sungai! Jangan salah jalan, nanti kecebur :”)

via: brightside.me

5. Kondisi langit sebelum badai menyerang. Indah tapi ngeri ya!

via: brightside.me

6. Aneh tapi nyata, bunga matahari ini beneran berwarna merah, lho!

via: brightside.me

7. Wadidaw, cicaknya kurus amat ya? Jangan-jangan ini rangka cicak kejepit? :”)

via: brightside.me

8. Gara-gara pesawat lewat, awannya seolah-olah jadi kotak begitu. Keren banget deh pemandangannya…

via: brightside.me

9. Penampakan gua es di Islandia. Brrr…kerasa enggak dinginnya? Hehe…

via: brightside.me

10. Hieey, ngeri! Kenapa ini ya? Tenang-tenang, ini bukan kulit beneran kok, tapi debu kayu yang nempel di tangan…

via: brightside.me

11. Coba tebak ini apa? Ternyata hitam-hitam yang ada di bawah itu adalah gerbong kereta!

via: brightside.me

12. Serpihannya mengandung magnet, jadi nempel deh ke ujung pisaunya. Berasa editan ya :”)

via: brightside.me

13. Ini hanyalah asap dupa, berasa diefek-efek begitu ya…

via: brightside.me

Photoshop memang luar biasa membantu dan memudahkan para fotografer, tapi terkadang sebuah foto unik sekalipun bisa dihasilkan tanpa bantuan Photoshop—yang penting tahu timing-nya dan jeli saat melihat momen.

Dari foto-foto di atas, mana nih yang masih bikin kamu enggak percaya kalau itu bukan editan?

Sumber: Brightside