Siapa sih yang enggak mainan YouTube dewasa ini? Sebagai platform berbagi video terbesar di dunia, YouTube menawarkan banyak konten menarik yang bisa menemani aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari video musik, berbagai macam review, video tutorial, sampai video receh buat lucu-lucuan sekalipun, bisa Kawan Muda akses melalui platform tersebut.

Well, sebagian besar dari kita mungkin lebih suka mencari konten-konten hiburan, ya, saat mengakses YouTube. Namun, rugi banget enggak sih kalau YouTube-an hanya buat haha-hihi doang?! Enggak salah sih sebenarnya, tapi akan lebih baik lagi kalau kita bisa dapat informasi berfaedah atau minimal dapat inspirasi lah dari kanal YouTube yang di-subscribe atau ditonton.

Nah, kali ini Kita Muda bakal bahas beberapa kanal YouTube Indonesia berfaedah yang harus banget kamu tonton atau subscribe. Oh ya, buat Kawan Muda yang pengin jadi YouTuber inspiratif, kamu wajib banget nonton kanal YouTube ini. Kali saja ada ide menarik yang bisa kamu gali dari sana dan akhirnya kepikiran deh buat bikin konten anti-mainstream yang padat informasi.

So, kanal YouTube apa sajakah itu?

1. Watchdoc Documentary


Kanal ini membahas tentang Indonesia dan permasalahan sosial yang ada di Indonesia seperti pembangunan, kemiskinan, kekayaan, dan lain sebagainya.

Kedengarannya mungkin ‘berat’, tapi dari film documenter yang disajikan di kanal ini, Kawan Muda bisa melihat sisi lain permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Yuk lah langsung meluncur biar lebih mengenal negara sendiri 😉

2. Daunnet Films


Nah, kalau kanal yang satu ini cocok banget buat kamu yang ada niatan untuk jadi YouTuber atau pengin belajar bikin film/edit video. Yup,  Daunnet Films punya Anjas Maradita ini banyak membahas tentang teknik-teknik dan tips untuk video editing.

Oh ya, penyajiannya yang praktis sesuai dengan kebutuhan sangat pas nih buat para pemula yang mau belajar edit video.


BACA JUGA:


3. Jakartanicus


Buat Kawan Muda yang tinggal di Jakarta atau pengin tahu seluk beluk ibu kota kita tercinta ini, langsung saja meluncur ke kanal Jakartanicus.

Ya, meskipun membicarakan tentang politik, HAM, atau permasalahan sosial lainnya, konten disajikan dengan menarik dan memiliki perspektif yang beda dengan media kebanyakan. Percaya deh, kamu bakalan betah nontonin semua video yang diunggah di sana 😉

4. Asumsico


Kanal YouTube Asumsi memfokuskan kontennya pada isu sosial politik terhangat. Intinya, apa pun yang lagi nge-tren, mulai dari isu politik sampai isu keseharian seperti romansa kids zaman now yang pelik, dibahas dalam kanal ini dengan cara yang fun dan anak muda banget.

Durasi videonya enggak panjang, rata-rata sekitar 3—7 menitan, tapi dijamin bikin otak segar seketika, hehe.

5. Bisnis Anak Muda


Kanal yang dimiliki oleh pengusaha muda Rico Huang ini membahas tentang seluk beluk bisnis, entrepreneurship, dan internet marketing. Whoa, pas banget nih buat kamu yang pengin tahu gimana cara menjadi pengusaha sukses.

Oh ya, tak hanya berbagi tips dan trik cara berbisnis atau internet marketing saja, Rico Huang juga mengundang pengusaha sukses dan inspiratif yang ilmunya bisa kamu contek 😉

6. Vice Indonesia


Yup, sejak November 2016 lalu, brand asal Kanada ini telah hadir di Indonesia.  Vice Indonesia berusaha mengungkap kehidupan yang pahit, cerita-cerita tersembunyi tentang keragaman Indonesia, dan tempat-tempat yang belum terjamah di Indonesia.

Kawan Muda pernah tahu enggak kalau di Indonesia ada sekte pembebasan utang? Nah lho, baru dengar kan? Kamu bakal menemukan banyak informasi semacam ini di kanal Vice Indonesia. Seru banget kan?

7. Kok Bisa?


Last but not least ada kanal Kok Bisa?. Hemm, dari namanya saja sudah kelihatan ya kalau kanal ini akan menjelaskan tentang sebab musabab terjadinya sesuatu. Yup, melalui kanal ini memuat info menarik yang mungkin jarang terlintas dipikiran kita. Atau mungkin pernah terlintas tapi jarang kita pikirkan secara mendalam.

Misalnya nih, kenapa kapal laut yang berat bisa terapung, kenapa luar angkasa gelap, kenapa kita merasa rindu, sampai kenapa kita bisa lupa juga dibahas di sini.  Tenang, penjelasannya enggak kaku dan animasinya benar-benar fun buat ditonton 😉

Yuhu, itulah kanal YouTube Indonesia berfaedah yang harus kamu subscribe mulai dari sekarang. Selain 7 kanal di atas, Kawan Muda tahu enggak kanal YouTube Indonesia lainnya yang memuat informasi padat berisi lainnya? Share dong di kolom komentar, biar kita bisa belajar bareng gitu 😉