Banyak yang bilang kalau bahagia itu sebenarnya simpel, sederhana banget. Namun anehnya, saat berada di situasi yang ‘terpuruk’, Kawan Muda sadar enggak sih kalau bikin diri sendiri bahagia itu rasanya penuh perjuangan? Kenapa ya kok bisa begitu?

Salah satu penyebabnya adalah kita seringkali membatasi kebahagiaan itu dengan syarat. Yup, Kawan Muda mungkin punya standar tertentu untuk bisa dikatakan bahagia. Misalnya, kamu bahagia setelah memiliki rekening tabungan yang menggiurkan, bahagia setelah membeli sepatu yang diidam-idamkan berbulan-bulan lamanya, atau bahagia setelah memiliki pasangan mungkin?

Nah, gara-gara standar itulah, saat semuanya belum kesampaian, kita merasa belum bahagia atau merasa jadi makhluk paling sengsara di dunia. Padahal, bikin diri sendiri bahagia itu enggak ribet dan enggak mahal, kok! Melalui hal-hal sederhana, jika kamu melakukannya 100 persen, kebahagiaan luar dalam pasti bisa kamu raih.

Kali ini Kita Muda dan Darlie bakal kasih tahu hal-hal sepele yang terbukti secara ilmiah bisa bikin hidup Kawan Muda lebih positif dan happy. Apa saja?

1. Olahraga 7 menit per harinya bisa meningkatkan mood.

olahraga-cukup
Foto : Daily Health

Tahu enggak sih,  kurang olahraga ternyata bisa bikin kita mudah stres dan mood jadi turun. Hemm, mungkin inilah alasan Kawan Muda enggak pernah bahagia atau puas dengan hidup yang kamu jalani. Nah, supaya mood kembali meningkat dan pikiran jadi fresh, coba deh rutin berolahraga minimal 7 menit saja setiap harinya.

Kalau enggak sempat pergi ke gym, kamu bisa kok olahraga jalan kaki, lari, berenang, atau bahkan lompat tali. Jenis olahraga ini ternyata bisa melepaskan serotonin sehingga kamu merasa senang dan positif.

2. Ketika menggosok gigi di pagi hari, pikirkan 3 hal yang membuatmu bahagia.

Mungkin kedengarannya aneh, tapi siapa sangka menggosok gigi di pagi hari sambil memikirkan tiga hal yang membuatmu bahagia ternyata bisa membuat mood-mu baik seharian! Mungkin selama ini kamu gosok gigi ya sekedar menggosok gigi saja bukan?

Mulai sekarang, coba deh pikirkan juga hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, apa pun itu. Selain memikirkan tiga hal yang membuatmu bahagia, jangan lupa gunakan pasta gigi yang bisa bikin mulutmu fresh seharian. Riset membuktikan bahwa kondisi mulut yang fresh bisa meningkatkan mood di pagi hari.

darlie
Via: Freshstarter.net

Nah, Darlie Double Action bisa jadi #FreshStarter yang menyegarkan pagimu. Solusi tepat buat kamu yang pengin memulai hari dengan fresh dan happy.

Kandungan double mint formula, spearmint dan peppermint alami,  akan memberikan sensasi dingin pada mulut dan membuat nafasmu segar seharian. Superfine cleaning agent yang ada dalam Darlie Double Action juga membantu membersihkan gigi secara menyeluruh.

Dengan mulut dan nafas yang segar, kamu bakal lebih semangat menjalani aktivitas dan semakin pede deh saat berinteraksi dengan orang lain.

3. Memberi pujian dan membantu orang lain bisa membuat hidup lebih berkualitas dan bahagia.

via: elitedaily.com

Energi positif bisa kamu dapatkan melalui kegiatan yang positif pula, salah satunya adalah berbuat baik kepada sesama. Enggak perlu muluk-muluk kok, cukup memberikan pujian pada orang di sekitarmu saja bisa membuatmu ikut merasa bahagia.

Mengikuti kegiatan sosial atau menyisihkan sebagian uangmu untuk kegiatan amal juga membuatmu lebih bahagia, lho, ketimbang menghabiskan uang untuk mencari kebahagiaan bagi diri sendiri (dengan membeli barang yang kamu sukai atau berbelanja misalnya).

4. Perbanyak beraktivitas di luar ruangan, riset menunjukkan ini bisa mengurangi stress.

jalan-di-taman
Foto : susanshain.com

Pikiran dan hati terasa sumpek? Coba deh keluar ruangan dan resapi kondisi di sekitarmu. Alam mampu memberikan dampak positif pada kesehatan jasmani dan menurut riset, menghabiskan waktu di luar rumah bisa membuka jalan menuju kebahagiaan.

Kalau kamu tinggal di perkotaan enggak perlu khawatir, coba deh cari ruang terbuka hijau yang banyak bunga atau tanaman segar. Berkelilinglah di sana, resapi perjalananmu, dan hirup aroma tumbuhan yang ada di sana. Kelihatannya memang sepele, tapi cara ini memberikan efek yang baik pada otak.

5. Percaya atau enggak, baru merencanakan atau membayangkan liburan saja bisa meningkatkan hormon bahagia!

via: wanderluluu.com

Yup, kamu enggak perlu berlibur, cukup merencanakan liburan saja bisa bikin kamu bahagia. Aneh bukan? Ini enggak mengada-ada, lho!

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Applied Research in Quality of Life menunjukkan bahwa seseorang berada di puncak kebahagiaannya saat merencanakan liburan, bukan saat ‘menjalani’ liburan tersebut (atau saat berada di tempat tujuan). Kok bisa?

Menanti liburan yang direncanakan ternyata bisa meningkatkan mood seseorang selama delapan minggu lamanya. Ketika liburan usai, sebagian besar orang umumnya mengalami penurunan tingkat kebahagiaan karena mereka akan memulai kembali aktivitasnya.

6. Telepon satu teman atau anggota keluarga setiap harinya dan ceritakan hal baik yang terjadi padamu hari itu.

via: theodysseyonline.com

Keluarga dan sahabat yang selalu sedia menyemangati adalah unsur kebahagiaan nomor satu yang bisa membuat hidupmu bermakna. Itulah sebabnya, untuk membuatmu lebih bahagia dan positif menjalani hari, coba deh hubungi salah satu anggota keluarga atau teman setiap harinya.

Dengan bertukar pikiran atau berbagi pengalaman yang menyenangkan dengan mereka, dijamin bikin pikiran lebih tenang dan hati terasa plong deh. Benar-benar sederhana bukan untuk bikin diri sendiri bahagia luar dalam?

Nah, itu tadi 6 hal yang kelihatannya sepele banget, tapi bisa bikin Kawan Muda merasakan kebahagiaan hakiki. Perlu diingat, kebahagiaan itu tak selamanya ditentukan pada apa yang kita miliki, tapi diperoleh dengan menjalani panggilan hidup kita.

Buat Kawan Muda yang mungkin sedang berusaha mencari kebahagiaan, buruan deh terapkan 6 hal di atas biar kamu bisa menjalani hidup dengan suka cita 😉