Di era millenial seperti sekarang, kecantikan bukan lagi hanya terpatok pada kulit putih, rambut lurus, dan tubuh langsing. Saat ini beragam definisi kecantikan bertebaran dimana-mana. Mulai dari kulit hitam, berkulit langsat, hingga putih seperti salju. Hal ini juga berlaku pada model. Model-model internasional tidak lagi berfokus pada kulit putih pucat. Model berwarna seperti Jasmine Stookes dan Liu Wen, merupakan contoh nyata model populer yang berhasil “mendobrak” stigma model kulit putih dari barat.

Ada salah satu model yang sedang populer banget di Instagram. Shudu Gram merupakan salah satu cewek cantik yang sedang terkenal di instagram. Tapi ada cerita unik lho dibalik Shudu Gram yang mengandung pesan moral untuk kita semua. Penasaran nggak? Yuk, kita lihat ceritanya:

1. Shudu merupakan salah satu cewek cantik yang sedang populer di instagram beberapa hari terakhir.

via: boredpanda.com

2. Wajahnya yang fotogenik disertai dengan kulitnya yang flawless membuat orang terpana akan kecantikannya.

via: boredpanda.com

3. Tapi sebenarnya, Shudu bukanlah manusia, melainkan kreasi digital ciptaan sang fotografer, Cameron James Wilson.

via: boredpanda.com

4. Cameron menciptakan Shudu setelah sebelumnya mempelajari teknik 3D dari internet dan tutorial youtube. 

via: boredpanda.com

5. Cameron sendiri mengatakan ide membuat Shudu lahir dari keinginannya untuk melihat sesuatu yang menurut dia “cantik”, tapi dia jarang melihat hal tersebut saat ini. 

via: boredpanda.com

6. Cameron mengatakan bahwa dia ingin menyebarkan nilai empowerment sekaligus membantu kita untuk melihat kecantikan yang “sebenarnya”. 

via: boredpanda.com

7. Dia juga mengatakan bahwa selama ini, banyak cewek cantik yang terlihat less real,  dan lebih menggunakan filter dan makeup untuk menutupi dirinya yang sebenarnya. 

via: boredpanda.com

8. Banyak orang menyalahkan apa yang dia kerjakan ini, dan mengatakan dia rasis.

via: boredpanda.com

9. Tapi Cameron menyangkal dan mengatakan bahwa dia tidak memiliki niat buruk membuat Shudu, dan hanya untuk menyebarkan pesan empowerment semata. 

via: boredpanda.com

Apa yang dilakukan oleh Cameron memang membawa pro dan kontra bagi sebagian orang. Tapi cara yang dilakukan oleh Cameron untuk menyebarkan pesan empowerment dan real beauty bagi masyarakat patut diacungi jempol. Menurut kalian, setuju nggak dengan apa yang dilakukan oleh Cameron?

sumber: Boredpanda