Sering Dianggap Makanan Khas Amerika, 9 Makanan Ini Ternyata Dibawa dari Negara Lain!

Burger, donat, dan kentang goreng, siapa yang  menolak jika disodori makanan atau jajanan ini? Kuliner khas ala Negeri Paman Sam tersebut memang jadi favorit semua kalangan. Eits tapi tunggu dulu, ada yang perlu diluruskan di sini. Percaya atau enggak, makanan yang Kita Muda sebutkan tadi aslinya enggak berasal atau enggak lahir di Amerika lho!

Yup, makanan favorit sejuta umat itu ternyata bukanlah kuliner khas Amerika yang lahir di Amerika, tetapi kuliner yang dibawa dari negara lain dan kemudian menjadi ‘identik’ dengan budaya Amerika. Bahkan mungkin, sebagian besar penduduk dunia mengira bahwa makanan tersebut berasal dari Amerika! Nah lho, Kawan Muda sudah tahu belum tentang hal ini?

Biar Kawan Muda tahu makanan apa saja yang identik dengan Amerika tapi  ternyata dari negara lain,  simak yuk ulasan Kita Muda di bawah ini.

1. Hamburger adalah makanan yang identik banget dengan Amerika, apalagi salah satu kedai fast food yang mempopulerkan makanan tersebut berasal dari sana. Namun, tahukah kamu kalau Hamburger ini diambil dari nama Kota Hamburg, Jerman? Yup, hamburger sebenarnya adalah makanan khas Jerman, frikadellen, yang kebetulan dibawa dan dikenalkan oleh para imigran Jerman di Amerika selama puncak abad ke-19.

via: thisisinsider.com

2. Kentang goreng atau French fries, dari namanya saja kamu pasti bingung kan? Makanan khas Amerika kok namanya pakai negara Perancis sih? Ya karena makanan ini aslinya memang berasal dari wilayah Perancis dan Belgia. Masyarakat Perancis dan Belgia terbiasa menggoreng kentang goreng yang diiris-iris kecil untuk camilan. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak akhir abad ke-18 dan dibawa ke Amerika oleh tentara yang bertugas selama Perang Dunia I.

via: thisisinsider.com

3. Percaya atau enggak, ide tentang saus tomat yang kelihatannya ‘Amerika banget’ ternyata berasal dari Tiongkok, lho. Masyarakat Tiongkok memiliki kebiasaan membuat pasta fermentasi yang kalau dalam bahasa Hokkian dijuluki kê-tsiap. Nah, teknik ini kemudian ditiru oleh Inggris pada abad ke-18, tapi enggak terbuat dari tomat melainkan jamur, tiram, atau teri. Barulah di tahun 1876,  ahli holtikultura H.J. Heinz bikin saus tomat alias ketchup yang kita kenal sekarang.

via: thisisinsider.com

4. Selanjutnya adalah pai apel, America’s all-time favorite dish. Bahkan kalau datang ke sebuah restoran atau toko kue yang menjual pai apel, mereka kadang menulisnya American apple pie. Padahal nih, pai apel sebenarnya diciptakan oleh orang Inggris sejak abad ke-14! Nah, imigran Inggris dan Belanda lah yang membawa pai apel ke Amerika.

via: thisisinsider.com

BACA JUGA:


5. Orang Amerika suka banget makan macaroni and cheese alias mac and cheese. Ya, makanan ini berasa gorengan lah kalau di sana, hehe. Gara-gara kebiasaan mereka makan mac and cheese, banyak yang beranggapan bahwa makanan ini berasal dari Amerika. Padahal, resep mac and cheese itu sudah tertulis di buku masak orang Italia sejak abad ke-14 M.

via: thisisinsider.com

6. Ternyata oh ternyata, selai kacang enggak lahir di Amerika! Kebiasaan sarapan dengan selai kacang pun sudah dilakukan sejak dulu orang-orang suku Aztec dan Inca. Kalau selai kacang modern sendiri pertama kali dipatenkan di Kanada tahun 1884 oleh Marcellus Gilmore Edson.

via: thisisinsider.com

7. Boleh saja Amerika punya produk mayonnaise unggulan, tapi mereka bukanlah negara pertama yang menciptakan makanan tersebut. Negara Perancis dan Spanyol lah yang pertama kali meracik mayonnaise.

via: thisisinsider.com

8. Donat menjadi salah satu menu sarapan yang populer di Amerika. Namun makanan berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini sebenarnya adalah makanan khas Negeri Kincir Angin. Di Belanda, makanan ini dikenal dengan nama olykoeks. Nah, olykoeks menjadi populer di Amerika sejak dibawa oleh imigran Belanda selama abad ke-19.

via: thisisinsider.com

9. Siapa sangka kalau ayam goreng tepung ternyata bukan asli Amerika! Metode menggoreng ayam yang telah dibalur dengan bumbu di dalam minyak goreng panas hingga renyah ternyata sudah diterapkan di Tiongkok, Timur Tengah, dan Afrika.

via: thisisinsider.com

Sekarang sudah tahu kan makanan khas Amerika apa saja yang ternyata enggak berasal dari Amerika? Fakta nomor berapa nih yang bikin kamu tercengang, Kawan Muda?

Sumber: INSIDER