Duh Tega Sekali, Pensiunan Prajurit di Filipina Ditelantarkan Keluarganya di Jalanan Setelah Uang Pensiunnya Diambil

Sungguh terlalu!

Mengurus orang yang sudah tua memang memerlukan kesabaran yang ekstra. Ya, kita tentunya sering mendengar bahwa orang yang sudah tua itu sifatnya kembali seperti anak-anak. Namun, bukan berarti kita boleh seenaknya lepas tangan karena tidak tahan menghadapi sikap mereka. Apakah orangtua kita pernah lepas tangan saat menghadapi kenakalan kita sewaktu kecil dulu? Tidak bukan?

Sayang, dewasa ini banyak sekali anak yang menelantarkan orangtua mereka karena dinilai tak berguna dan sangat menyusahkan. Seperti kejadian yang menimpa pensiunan prajurit di Filipina, Narciso Dela Cruz Alpas. Tatay Isok, sapaan akrabnya, dibuang oleh keluarganya di jalanan dan terpaksa hidup sebagai gelandangan—serta kelaparan—pasca dirinya pensiun menjadi prajurit.

Mirisnya, Tatay Isok tak pernah menerima seperser pun uang pensiunannya! Ya,  keluarganya telah mengambil semua uang pensiun miliknya dan dengan tega mengusirnya dari rumah. Tatay Isok pun harus menerima kenyataan pahit di hari tuanya, hidup tak terurus sendirian di emperan jalan Kota Sibalom.

via: viral4real.com

BACA JUGA:


Sebelum pensiun, Tatay Isok pernah menjadi bagian dari Angkatan Udara Filipina (PAF). Selama menjadi personil PAF, dia pernah ditugaskan sebagai anggota 710 Special Operation Wing (SPOW). Nah, SPOW adalah unit pasukan elit yang dimiliki PAF.

via: viral4real.com

Benar-benar miris bukan? Pengabdiannya pada Negara dan tentu saja keluarganya, seakan-akan tidak berarti setelah dirinya pensiun. Keluarganya sendiri, yang seharusnya menjadi pelindung dan memberikan rasa aman, malah terang-terangan menelantarkannya.

via: viral4real.com

Untung saja, masih ada pihak-pihak yang peduli dengan kondisi Tatay Isok. Ya, pihak PAF akhirnya mengambil tindakan tegas begitu melihat kondisi mantan personilnya yang memilukan. Tak hanya tidur di jalanan dan bahkan selokan, Tatay  tengah mengalami kesulitan berjalan pasca ditabrak  tricycle (kendaraan umum di Filipina serupa dengan becak motor).

“Kami benar-benar sedih melihat kondisi personil pensiunan kami. Ini adalah masalah serius yang tidak bisa diabaikan oleh pihak PAF.”

Pihak PAF sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh keluarga Tatay dan berencana membawa kasus ini ke ranah hokum. Kini, Tatay telah diserahkan ke Departemen Kesejahteraan Sosial untuk hak asuh hukum. Pesonil PAF juga tengah mengurus dokumen terkait dengan uang pensiunan Tatay. Hemm, semoga setelah ini, Tatay bisa menikmati hari tuanya dengan tenang ya.

via: viral4real.com

Sekali lagi, mengurus orangtua memang tidaklah mudah dan dibutuhkan kesabaran ekstra. Namun menelantarkannya karena kamu merasa disusahkan adalah tindakan yang tidak dibenarkan juga!

Ingat, perlakukanlah orangtua dengan baik dan penuh penghormatan agar kelak kamu akan mendapatkan perlakuan yang sama dari anak-anakmu. Sepakat?

Sumber: Viral4Real